Penjelasan Kabel HDMI Beserta Fungsi dan Jenis Kabel HDMI

Penjelasan Kabel HDMI Beserta Fungsi dan Jenis Kabel HDMI – HDMI (High Definition Multimedia Interface), saat ini menjadi salah satu fitur canggih yang disemat ke berbagai perangkat elektronik, yang membutuhkan kabel HDMI untuk menikmati kejernihan suara dan gambar.

Biasanya, orang awam menganggap HDMI sebagai port USB dan sering kebingungan ketika Flashdisk-nya tak bisa dihubungkan. Kadang-kadang mereka kembali membawa laptopnya ke toko tempat pembelian, alasan mereka karena kesalahan produk. Ini adalah salah satu contoh yang belum mengerti perkembangan teknologi multimedia saat ini, karena memang tak ada pemahaman dasar yang menjelaskan fungsi HDMI diperangkat Anda.

Sama seperti kebanyakan sales girl elektronik yang terkadang sering salah menunjukkan ‘yang mana port USB dan port HDMI’, padahal mereka sales yang menjadi ujung tombak penjualan produk. Tapi, kita tak membicarakan soal produk dan sales, ini hanya sekedar pengenalan port dan kabel HDMI.

Kabel HDMI Dan Fungsinya

High Definition Multimedia Interface (HDMI)

Beberap produsen elektronik terkemuka seperti Sony, Philips, Panasonic, dan produsen elektronik dalam negeri kini juga ikut menyediakan port HDMI pada produk mereka. Licensi HDMI ini telah dipegang sekitar 1200 perusahaan elektronik yang menggunakan fitur ini sebagai standar port multimedia mereka.

Dan kita tahu, bahwa teknologi HDMI memberikan gambar dan suara berkualitas sebening kristal dengan teknologi HD yang mendukung delapan channel (192 khz) digital audio terkompresi. HDMI memberikan kualitas gambar terbaik karena tak memerlukan lossy analog untuk kompresi digital seperti yang ada pada jenis S-Video. Dari sini jelas terasa, bahwa teknologi yang diusung HDMI jauh lebih tajam menghasilkan gambar hingga resolusi 1080p, mampu meminimalkan cahaya berlebih dibanding sistem analog.

Lebih hebatnya lagi,.. HDMI mendukung komunikasi dua arah antara sumber output video dan DTV, memungkinkan konfigurasi otomatis one touch play. Gadget biasanya memberikan format yang paling efektif sesuai dengan kualitas dan dukungan elektronik, berkisar 480p dan 720p.

Pilih Jenis Kabel HDMI Sesuai Kebutuhan

Nah, kenapa saya saya sarankan untuk tidak salah dalam membeli, baik membeli gadget ataupun kabel HDMI penghubungnya. Anda juga harus mengetahui, bahwa kabel HDMI memiliki head (kabel mengenal istilah Male/Female) yang berbeda-beda. Kabel HDMI yang digunakan dari laptop biasanya menggunakan Tipe Full Size, sementara dari videocam menggunakan kabel HDMI Tipe Mini ataupun Tipe Micro, dan output video ke layar LCD/LED TV lebih sering menggunakan kabel HDMI Tipe Full Size.

Kabel HDMI Tipe Full

Dengan kata lain, dari laptop ke layar keduanya menggunakan kabel HDMI Tipe Full. Dan dari videocam ke layar menggunakan kabel HDMI Mini/Full. Jadi, ada tiga jenis kabel HDMI yang diperdagangkan dan Anda jangan sampai salah membeli, pasalnya harga kabel HDMI lebih mahal dari kabel S-Video biasa.

Kabel HDMI Tipe Mini

Kabel HDMI Tipe Mini / Full

Ada tiga versi HDMI yang telah diproduksi dibeberapa perangkat elektronik, diantaranya HDMI 1.1 yang mendukung Audio DVD, HDMI 1.2 mendukung format One Bit Audio (Direct Streaming Digital), dan yang terakhir HDMI 1.3 yang mendukung Higher Speed HDMI dengan data transfer 10,2 Gbps dan resolusi tinggi. HDMI 1.3 saat ini telah mendukung format audio Doulby, DTS, TrueHD, dan DTS-HD.

Untuk menikmati konten 1080p (Blu-ray Disc) atau teknologi video canggih (3D, 4K, Deep Color, Refresh rate 120Hz) dianjurkan menggunakan kabel High Speed ​​HDMI. Dan untuk 1080i atau 720p (biasanya digunakan pada siaran dan sinyal HD satelit) dianjurkan menggunakan kabel HDMI Standar (HDMI 1.1 atau 1.2)

Dalam mode home theater seperti di ruangan tersendiri, komponen kabel HDMI bisa ditempatkan relatif jauh satu sama lain. Panjang kabel biasanya 25 hingga 100 meter dengan catatan, jika menginginkan kualitas 1080p dengan menggunakan kabel lebih dari 25 meter, Anda harus menyediakan penguat di mana sirkuit tersebut tertanam konektor tersendiri yang membutuhkan sumber daya eksternal.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …