Pengertian VGA Card Beserta Fungsi dan Komponen pada VGA Card

Pengertian VGA Card Beserta Fungsi dan Komponen pada VGA Card – Banyak para pengguna komputer ataupun laptop sering bertanya tentang pengertian dari VGA Card atau Kartu Grafis. Biasanya para gamer membutuhkan VGA Card atau Kartu Grafis yang bagus dan besar kapasitasnya. Dan postingan kali ini saya akan membahas tentang Pengertian VGA Card dan Fungsinya dan Jenis-jenis VGA.

Pengertian VGA Card dan Fungsinya

Pengertian VGA Card

VGA kepanjangan dari Video Graphics Acceleratoryang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory.

VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

Bagian-bagian VGA Card

VGA card terdiri dari sebuah papan sirkuit dengan berbagai macam komponen yang melekat diatasnya. Komponen-komponen tersebut diantaranya ialah:

1. Graphics Processing Unit

Graphics Processing Unit (GPU) atau biasa juga disebut Visual Processing Unit (VPU) adalah sebuah sirkuit yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. Singkatnya GPU ini mirip dengan CPU, namun GPU didesain hanya untuk menangani grafis saja.

2. Heat Sink

Pada jenis VGA card yang baru dilengkapi dengan heat sink yang berfungsi untuk meratakan suhu yang ada pada graphics processing unit (GPU). Biasanya heat sink juga dilengkapi dengan sebuah kipas yang membantu untuk mengeluarkan udara panas yang ada pada VGA card.

Namun pada beberapa jenis VGA card yang berkualitas rendah tidak dilengkapi dengan heat sink, tetapi hanya menggunakan cairan pendingin sebagai gantinya.

3. Memory

Memory adalah tempat dimana semua tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil data dari memori kemudian memprosesnya lalu disimpan kembali di memori untuk kemudian disalurkan ke RAMDAC sehingga dapat tampil dilayar monitor anda.

RAMDAC merupakan singkatan dari Random Access Memory Digital to Analog Converter. Yang mana berperan untuk mengontrol gambar digital untuk kemudian dikonversi menjadi signal analog sehingga gambar tersebut dapat tampil di monitor.

Jenis-jenis VGA Card

Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit

Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O

Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O

Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O

Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s

Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal.

Demikianlah artikel tentang Pengertian VGA Card dan Fungsinya, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …