Pengertian Transformator Daya, Fungsi dan Aplikasinya

Pengertian Transformator Daya, Fungsi dan Aplikasinya

Pengertian Transformator Daya, Fungsi dan Aplikasinya – Sebuah transformator adalah perangkat listrik yang digunakan untuk mentransfer daya dari satu rangkaian ke yang lain melalui transfer daya induksi elektromagnetik tanpa disertai perubahan frekuensi.

transformator daya

Dalam sistem elektronik, istilah transformator daya digunakan untuk menyediakan sejumlah supply AC dengan beberapa tegangan dan nilai arus yang sesuai dari supply listrik publik. Dan juga digunakan untuk menunjukkan kepada transformator dengan peringkat 500KVA atau lebih besar.

Pengertian Transformator Daya

Transformator daya adalah salah satu jenis transformator, yang digunakan untuk mentransfer energi listrik di bagian mana pun dari rangkaian listrik atau rangkaian elektronik antara generator dan rangkaian utama distribusi. Transformator daya digunakan dalam sistem distribusi untuk menghubungkan tegangan step up dan step down.

Jenis transformator daya yang umum adalah cairan yang direndam (liquid immersed) dan masa pakai transformator ini adalah sekitar 30 tahun. Transformator daya dapat diklasifikasikan ke dalam tiga jenis berdasarkan rentang. Mereka adalah transformator daya kecil, transformator daya sedang dan transformator daya besar.

Baca juga : Perbedaan Trafo Step Up dan Step Down

Pengertian Transformator Daya, Fungsi dan Aplikasinya
  • Kisaran transformator daya kecil mulai dari 500-7500kVA
  • Kisaran transformator daya menengah mulai dari -100MVA
  • Kisaran transformator daya besar mulai dari 100MVA & lebih

Kehidupan rata-rata transformator adalah sekitar 30 tahun

Transformator ini mengubah tegangan. Ini memegang tegangan rendah, rangkaian arus tinggi di satu sisi transformator dan di sisi lain transformator itu memegang rangkaian arus rendah tegangan tinggi.

Transformator daya tergantung pada prinsip induksi Faraday. Mereka menggambarkan sistem daya menjadi zona di mana setiap gigi yang terhubung ke sistem berukuran per peringkat yang ditetapkan oleh transformator daya.

Desain Transformator Daya

Kerangka transformator daya dirancang dengan logam yang dilaminasi oleh lembaran. Ditetapkan menjadi tipe inti atau tipe shell. Kerangka transformator wound dan dihubungkan menggunakan konduktor untuk membuat tiga transformator 1 fasa atau tiga transformator 3 fasa.

Tiga transformator 1 fasa mengharuskan setiap bank terisolasi dari tambahan dan karenanya menawarkan kesinambungan layanan ketika satu bank gagal. Satu trafo 3 fasa, baik tipe shell atau core, tidak akan berfungsi bahkan dengan satu bank yang tidak beroperasi. Transformator 3 fasa tidak mahal untuk dibuat dan memiliki tapak yang lebih kecil, dan fungsinya relatif dengan efisiensi yang lebih tinggi.

Desain transformator daya

Kerangka transformator diserap dalam minyak pelindung api di dalam tangki. Konservatori di atas tangki minyak memungkinkan untuk meningkatkan minyak jatuh ke dalamnya. Pengisi daya dari beban mengetuk sisi tangki mengubah tidak ada belokan pada belitan arus tegangan rendah-rendah untuk pengaturan tegangan superior.

Busing tangki memungkinkan konduktor masuk dan keluar dengan hati-hati tanpa merangsang kulit luar. Trafo daya dapat bekerja di luar peringkat kecilnya asalkan tetap dalam kenaikan suhu 65ºC. Untuk memungkinkan operasi nominal di atas, transformator terintegrasi dengan kipas yang mendinginkan inti transformator ke titik di bawah suhu yang ditunjukkan.

Baca juga : Pengertian Transformator Beserta Fungsi dan Jenis Transformator

Spesifikasi Transformator Daya

Transformator daya dapat dirancang sebagai konfigurasi 1 fasa atau 3 fasa. Ada banyak spesifikasi penting untuk diidentifikasi saat mencari transformator daya. Spesifikasi transformator daya mencakup peringkat daya maksimum, peringkat arus sekunder maksimum, peringkat tegangan maksimum, dan tipe o/p. Spesifikasi transformator daya terutama mencakup

  • Fasa adalah 3Ø
  • Frekuensi jika 60Hz, 50Hz
  • Tegangan Primer adalah 22,9 kV
  • Tegangan Sekunder adalah 6.6 / 3.3 kV
  • Tegangan Tap 23.9-R22.9-21.9-20.9-19.9kV
  • Vektor Dd0, Dyn11, dll.
Spesifikasi transformator daya

Aplikasi Transformator Daya

Transformator daya dapat berubah dari satu tegangan ke tegangan lainnya pada tingkat daya tinggi. Trafo ini digunakan di berbagai rangkaian elektronik dan juga tersedia dalam berbagai jenis dan aplikasi.

Aplikasi transformator daya termasuk transmisi dan distribusi daya listrik. Transformator ini banyak digunakan oleh pembangkit listrik, pabrik industri dan perusahaan utilitas listrik tradisional, Transformator daya digunakan dalam jaringan transmisi tegangan tinggi untuk meningkatkan dan menurunkan tegangan. Trafo ini umumnya digunakan untuk keperluan transmisi beban berat.

Baca juga : Audio Transformator dan Pencocokan Impedansi Transformator

Trafo ini berukuran besar dibandingkan dengan trafo distribusi, yang digunakan dalam memproduksi stasiun dan gardu transmisi. Transformator daya digunakan dalam transmisi n/w. Jadi mereka tidak terhubung langsung terhubung ke konsumen. Jadi fluktuasi beban transformator lebih sedikit.

Transformator daya ini digunakan sebagai perangkat penambah untuk transmisi, sehingga kehilangan I2r dapat dikurangi menjadi aliran daya yang ditentukan.

Transformator daya terutama dirancang untuk menggunakan bagian inti secara maksimal dan akan berfungsi sangat dekat dengan titik lutut kurva BH. Ini sangat mengurangi massa inti. Secara alami, transformator daya memiliki rugi-rugi tembaga dan kehilangan besi yang sesuai pada beban yang lebih tinggi.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …