Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contohnya - Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi klasifikasi hasil dari sebuah penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Teks laporan biasanya bersifat universal (umum) dengan beberapa kententuan dalam penyunannya.

Teks laporan observasi pada umumnya berkaitan dengan pengelompokan suatu hal yang diobservasi sesuai dengan ciri-ciri dan jenisnya. Teks yang satu ini juga menjembatani hubungan yang terjadi antara suatu kelas jenis dengan sub-kelasnya.

Para ahli menafsirkan bahwa pengertian teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisikan tentang sebuah rangkuman atau laporan dari hasil sebuah pengamatan atau observasi. Informasi yang didapatkan selanjutnya dikemas kedalam bahasa baku maupun tidak baku tergantung pada tingkat laporan itu sendiri. Oleh karenanya teks observasi ini sering dijadikan tugas kepada siswa yang berada di bangku SMP dan SMA.

Sama seperti teks pada umumnya, teks laporan hasil observasi tentunya memiliki pengertian, struktur teks, dan ciri-ciri yang dapat kita pelajari. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara dalam tentang pengertian teks laporan hasil observasi lengkap dengan struktur, ciri-ciri, dan contoh teks laporan hasil observasi.

Baca juga : Pengertian Observasi, Tujuan, Manfaat dan Jenis Observasi

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contohnya

Bagi sebagian siswa yang baru menduduki bangku smp atau sma dan langsung mendapatkan tugas observasi tentu akan merasa kebingungan tentang cara menyusun teks laporan hasil observasi ini. Didalam materi teks laporan hasil observasi kita dapat membaginya menjadi beberapa sub materi yakni pengertian teks laporan hasil observasi, struktur, dan ciri-ciri serta contohnya.

teks laporan hasil observasi

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai pembahasan jenis teks satu ini ketika menginjak bangku SMP hingga SMA. Guru biasanya akan menyampaikan materi secara intensif sebagai bentuk pembekalan untuk siswa. Di lain sisi, contoh teks laporan hasil observasi singkat sebenarnya pun dapat kita jumpai dengan mudah. Sebagai siswa kalian pasti juga sudah sangat familiar ketika diminta membuat laporan.

Murid-murid SMK biasanya mulai membuat laporan hasil observasi guna memenuhi tugas kunjungan industri. sedangkan murid SMA umumnya menyusun laporan hasil observasi untuk memenuhi tugas penelitian.

Meskipun sudah dibahas di berbagai kesempatan namun faktnya masih banyak siswa yang merasa kebingungan. Rata rata dari mereka mempertanyakan seperti apa struktur teks laporan hasil observasi singkat?

Tidak hanya itu saja, para siswa biasanya mencari contoh teks laporan hasil observasi guna dijadikan referensi untuk menulis laporan versinya sendiri. Hal ini memang tidak salah, namun alangkah baiknya kita juga mempelajari pengertian, struktur, serta kaidah kebahasaan teks laporan tersebut.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pernahkan anda beripikir tentang pengertian teks laporan observasi secara resmi? sedikit yang memikirkannya. Mayoritas siswa hanya menganggapnya sebagai bacaan biasa yang dibuat setelah melakukan penelitian atau pengamatan.

Padahal pendapat tersebut salah besar karena teks laporan hasil observasi memiliki pengertian yang dibukukan dalam kamus besar bahasa indonesia. Selain itu terdapat juga pendapat para ahli tentang pengertian dari teks tersebut.

Apa definisi teks laporan hasil observasi?

Inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Meski sebenarnya sudah banyak dibahas tapi ternyata masih ada beberapa yang bingung menentukan artinya. Secara garis besar, teks laporan observasi adalah jenis teks yang di dalamnya berisi hasil kegiatan pengamatan maupun penelitian yang sifatnya sementara.

Pernyataan tersebut juga sejalan dengan pendapat para ahli yang menafsirkan teks laporan sebagai bentuk akhir dari sebuah pengamatan. Informasi yang didapatkan akhirnya disusun menjadi sebuah teks laporan. Teks tersebut dibuat berdasarkan kaidah kebahasaan yang berlaku dan layak untuk dipublikasikan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Dalam membuat teks laporan kita memang tidak boleh sembarangan. Mengapa demikian? karena target pembacanya mayoritas adalah kalangan terdidik. Selain itu, kita juga harus memperhatikan fungsi sosial dari teks laporan hasil observasi. Yakni untuk memberikan informasi akhir sebuah pengamatan dan bukan untuk bahan lucu lucuan.

Maka dari itu teks laporan disusun menggunakan kerangka dan struktur yang sistematis. Kosa kata yang dipilih pun juga tidak boleh sembarangan karena menyesuaikan tingkatan dari laporan tersebut. Struktur teks laporan hasil obserasi memuat bagian-bagian yang digunakan sebagai acuan untuk membuat laporan hasil observasi.

  • Pernyataan umum: pernyataan umum merupakan pengantar dari laporan hasil obserasi yang berisi tentang klasifikasi dan pengertian dari apa yang akan diobservasi.
  • Penjelasan rinci: berisikan penjelasan secara rinci dari masing-masing paragraf.
  • Penjabaran manfaat: Berisi penjelasan manfaat dari observasi dan objek observasi.
  • Penutup: merupakan hasil konklusi atau kesimpulan dari hasil observasi.

Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Bagaimana cara kita mengenali teks laporan observasi yang baik dan benar?

Mudah saja, Dari struktur teks tersebut kita bisa menarik kesimpulan menjadi ciri ciri. Dengan demikian kita bisa mengenali sebuah teks laporan dalam sekilas baca saja. Nah, teks laporan hasil observasi memiliki tiga ciri-ciri khusus yakni:

Baca juga : Pengertian Hipotesis, Fungsi, Jenis dan Contoh Hipotesis

  1. Bersifat umum atau universal.
  2. Lebih menekankan pengelompokan dari berbagai hal kedalam sebuah jenis berdasarkan ciri dari setiap jenis pada umumnya.
  3. Menghubungkan antara kelas dengan sub-kelas dari objek observasi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Dalam konteks kehidupan sehari hari jenis teks yang satu ini memang jarang ditemukan. Karena bahasannya bersifat berat jadi hanya orang yang benar benar mencari informasi secara spesifik saja yang membaca teks laporan hasil observasi. Meskipun demikian jenis teks yang satu ini sangat sering ditemukan dalam lingkup akademik.

Sudah dipastikan kalau setiap siswa pernah membuat teks laporan observasi singkat. Contoh teks ini pun juga sudah tersebar luas di internet dengan berbagai tema bahasan mulai dari pendidikan, lingkungan, kesehatan, penelitian dan lain sebagainya. Untuk mencari referensi kita hanya perlu mencocokan tema laporan dengan tema tugas kita.

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan:

Lingkungan

Pernyataan Umum
Lingkungan merupakan kombinasi dari kondisi fisik (sumber daya alam yakni:tanah, energi, air, surya, beserta flora dan fauna yang hidup di atas permukaan tanah maupun dalam laut.

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang tinggal di dalam lingkungan, manusia memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat lingkungan beserta dengan isinya. namun tidak sedikit juga manusia yang tidak bisa menjaga lingkungan tempat tinggalnya.

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Pada tahun ini dilaporkan volume banjir semakin meningkat. karena manusia tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan akhirnya mereka membuang sampah di sungai. sampah yang menumpuk akhirnya membuat aliran sungai tersumbat dan menyebabkan pendangkalan sungai.”

Anggota / Aspek yang Dilaporkan
Sebagai seorang manusia hendaknya kita dapat mengemban kewajiban untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Dengan tetap menjaga lingkungan maka kita dapat terhindar dari bencana banjir.

Untuk bisa menguasai materi teks yang satu ini menurut saya tidaklah terlalu sulit. Mengapa saya begitu yakin? karena memang teks observasi memiliki level yang tergolong rendah dan mudah dipahami. Hanya saja kita harus benar benar memperhatikan penjelasan guru tentang materi ini. Menambah ilmu serta pemahaman teks laporan juga dapat membantu kita menguasainya.

Next Post Previous Post