Pengertian Teks Iklan, Contoh, Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Pengertian Teks Iklan, Contoh, Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan – Materi yang kita bahas kali ini adalah materi tentang iklan, pastinya kalian sudah familiar dengan yang namanya iklan entah itu iklan di tv, internet, majalah, koran, banner, selebaran, baliho dan sebagainya. 

Dalam pelajaran di sekolah pun iklan juga merupakan salah satu materi yang dipelajari. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai teks iklan. Hal-hal yang kita akan bahas dalam posting ini meliputi Pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan, serta contoh dari teks iklan.Untuk itu simak baik-baik yang dibawah ini.

Pengertian teks iklan menurut para ahli pada dasarnya mengarah pada pengertian umum yakni teks iklan adalah jenis teks yang bertujuan untuk mempromosikan suatu hal kepada orang lain.

Teks iklan sendiri memiliki ciri-ciri yakni menggunakan bahasa yang terkesan membujuk dan bersifat persuasi. Contoh teks iklan dapat kita temukan dalam berbagai media cetak seperti koran, majalah, dan sebagainya.

Struktur teks iklan umumnya terdiri dari tiga bagian yakni judul yang umumnya terletak di bagian atas teks iklan, nama produk yang tengah dipromosikan dan deskripsi produk itu sendiri yang pada dasarnya menjadi inti dari teks iklan ini.

Sedangkan ciri ciri teks iklan dan kaidah kebahasaan teks iklan dapat dibagi menjadi 4 yakni slogan, bahasa yang persuasif, kata ganti atau sudut pandang orang pertama dan gambar yang menarik.

Tanpa saya jelaskan tentunya anda telah mengetahui fungsi teks iklan bukan?

Yap, teks iklan berfungsi untuk mempromosikan sebuah produk berupa barang maupun jasa tertentu menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan yang terkesan menarik dan bersifat membujuk. Maka dari itu teks iklan biasanya menggunakan kata seperti, ayo gunakan, belilah, dan sebagainya.

Pada dasarnya contoh teks iklan telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh produsen makanan maupun minuman. Tidak hanya berbentuk teks saja, namun iklan juga dapat berbentuk gambar maupun suara yang disampaikan secara lisan oleh seseorang, seperti contoh iklan di televisi dan radio.

Pengertian Teks Iklan, Contoh, Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Jika membahas tentang iklan tentunya kita akan berfikir bentuk iklan yang berupa selebaran ataupun online. Iklan berbentuk selebaran ini dapat kita temukan di dunia nyata. Sedangkan iklan berbentuk online tersebut dapat ditemukan dalam dunia maya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidak hanya dalam bentuk cetak dan media saja. Namun penggunaan contoh teks iklan juga dapat kita temui dalam media periklanan online seperti iklan google seperti yang telah saya jelaskan di atas. Karena perkembangan jaman semakin maju dan kebutuhan akan informasi semakin meningkat akhirnya teks iklan online menjadi populer penggunaannya.

Baca juga : Unsur-Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Contohnya

Untuk dapat memahami apa itu teks iklan, maka anda harus mempelajari pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan dan melihat contoh teks iklan terlebih dahulu.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah suatu teks yang dibuat semenarik mungkin sebagai media promosi untuk mempromosikan suatu barang atau jasa guna menarik minat dari pembaca agar menggunakan barang atau jasa yang dipromosikan.

Dalam iklan pembuat akan berusaha membuat iklan tersebut semenarik mungkin agar pembacanya merasa tertarik dengan produk yang dipromosikan serta memberikan informasi-informasi mengenai keunggulan suatu produk atau jasa yang ditawarkan agar calon pembeli merasa yakin dengan produk atau jasa tersebut serta tertarik untuk membelinya.

Media yang dipakai untuk beriklan pun juga bermacam-macam dari menggunakan media elektronik seperti tv, radio, internet atau menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, banner dan lain-lain. Namun perbedaan media tersebut semuanya tidak lepas dari tujuan utama beriklan yaitu untuk menarik minat konsumen agar membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Struktur Teks Iklan

Teks iklan terdiri dari 3 struktur, yang pertama yaitu judul, yang kedua Nama produk, dan yang terakhir adalah penjelasan tentang produk. Untuk mengetahui lebih dalam setiap bagian dari struktur teks iklan di atas kalian bisa simak baik-baik di bawah ini.

Judul

Judul biasa nya terletak di bagian atas, tapi dalam teks iklan tak jarang kita tidak menemui judul melainkan nama produk yang ada di bagian atas teks iklan.

Nama produk

Bagian ini berisikan mengenai nama dari suatu produk barang atau jasa yang akan ditawarkan dalam iklan tersebut.

Penjelasan Tentang Produk

Bagian ini berisi tentang deskripsi dari produk yang ditawarkan meliputi keunggulan, spesifikasi, cara mendapatkan produk, lokasi penjualan, nomer telpon dan sebagainya yang intinya berkaitan dengan hal-hal pokok mengenai produk yang ditawarkan.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Setelah membahas pengertian teks iklan dan struktur teks iklan sebelumnya, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri teks iklan sebagai berikut.

Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupan kalimat yang berisi ajakan atau anjuran dengan tujuan membujuk pembaca agar mau menjalankan atau merima apa yang penulis katakan. Dalam teks iklan terdapat beberapa beberapa contoh kaliamt persuasif seperti “Murah, Berkualitas, Handal, Cepat dan sebagainya”.

Menggunakan Kalimat Slogan

Ciri ciri teks iklan selanjutnya ialah menggunakan kalimat slogan. Untuk membuat teks iklan yang menarik dan mencolok sehingga mudah diingat oleh pembaca kita perlu menggunakan kalimat slogan. Slogan sendiri biasanya terdiri dari 4 sampai 5 kata  yang simpel dan kreatif sehingga mudah diingat serta harus memiliki daya tarik agar dapat menarik minat pembaca. Slogan yang baik akan mudah dingat oleh pembaca sehingga akan menjadi ciri khas tersendiri untuk produk yang ditawarkan dengan begitu  mendengar slogan tersebut pembaca bisa langsung mengetahui produk yang menawarkan memakai slogan tersebut.

Menggunakan Subjek Orang Pertama

Pada Teks iklan untuk menggantikan pihak atau pelaku pemasang iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama jamak atau tunggal  menjadi kami, saya, atupun aku sebagai pengganti pihak atau pelaku yang memasang iklan.

Menggunakan Gambar yang Menarik

Selain menggunakan kalimat slogan serta persuasif untuk menarik minat pembeli biasanya pada iklan akan disertai gambar dari produk yang ditawarkan .

Contoh Teks Iklan

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks iklan, struktur teks iklan dan ciri ciri teks iklan di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh dari teks tersebut. Berikut di bawah ini terdapat beberapa contoh dari teks iklan. Tentunya masih banyak lagi contoh lain yang ada tetapi pastinya saya tidak bisa memberikan semua nya disini.

teks iklan

Selain teks iklan gambar di atas, saya juga akan memberikan teks iklan berupa tulisan yang umumnya terdapat pada pamflet, brosur, dan banner.

Contoh Teks Iklan Tentang Makanan

Crispy crackers adalah makanan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat kress ketika dimasukkan kemulut, Belilah cryspy cracker di supermarket terdekat.

Contoh Iklan Dialog

Resepsionis : Ada yang bisa saya bantu pak?
Tamu : ya, tolong saya mau cek kode booking.
Resepsionis : Baik, atas nama bapak siapa?
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: Maaf kode booking untuk bapak Rudy tidak ada.
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: maaf kode boking atas nama bapak Yadi tidak ada.
Tamu: Hmmm pakai bantuan traveloka aja deh.

Contoh Teks Iklan Tentang Jasa

Tambal ban kilat, anda telfon kami datang. Tidak sampai 15 menit ban motor anda yang bocor akan kami tambal. Hubungi 08123908982.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian teks iklan, struktur teks iklan, fungsi teks iklan, kaidah kebahasaan teks iklan dan contoh teks iklan .Perlu diingat kembali bahwa teks iklan memiliki contoh, pengertian, struktur, ciri-ciri dan kaidah kebahasaan yang dapat kita pelajari.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …