Pengertian Teks Cerita Fantasi, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Cerita Fantasi

Pengertian Teks Cerita Fantasi, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Cerita Fantasi – Cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, namun memiliki sifat imajinatif dan khayalan semata.

Umumnya unsur dan struktur cerita fantasi seperti setting, alur, penokohan, konflik akan dibuat berlebihan dan di luar nalar karena sifatnya yang imajinatif. Ketika kita membaca contoh cerita fantasi pun kita juga akan langsung menyadari bahwa plot story tersebut tidak akan pernah terjadi di dunia nyata maka dari itu disebut dengan fantasi.

Teks cerita fantasi ini pada dasarnya termasuk kedalam kategori teks narasi yang notabennya merupakan sebuah teks karangan fiksi semata yang alur atau rangkaian peristiwa umumnya menggunakan pola sebab akibat.

Meskipun teks ini termasuk dalam karangan fiksi dan bersifat khayalan namun cerita ini umumnya menceritakan perkembangan kejadian atau peristiwa yang berawal dari prologue hingga epilogue yang telah melalui beberapa tahapan seperti awal konfik, puncak permasalahan dan penyelesaian yang dirangkum menjadi struktur teks cerita fantasi.

cerita fantasi

Apa definisi cerita fantasi? Apa saja struktur cerita fantasi? Bagaimana contoh cerita fantasi? Sebenarnya, materi teks fantasi ini bisa dengan mudah kita jumpai di buku pedoman bahasa Indonesia. Guru pun pasti juga akan memberikan penjelasan lebih dalam terkait struktur teks cerita fantasi.

Mengapa demikian? Karena sedikit banyak semua unsur tersebut akan menjelma menjadi butir soal ketika ujian. Sehingga siswa pun perlu mempersiapkan diri dengan memperdalam pemahaman terkait materi teks fantasi.

Pengertian Cerita Fantasi

Apa itu teks cerita fantasi?

Inilah pertanyaan yang mungkin sering diajukan siswa. Meski materi lengkapnya telah tertulis rapi di buku pedoman bahasa Indonesia. Tapi faktanya tak semua siswa paham ketika diminta menjelaskan apa itu teks fantasi.

Sebelum menginjak ciri ciri dan struktur teks cerita fantasi, kita akan lebih dulu membahas tentang definisi cerita fantasi. Teks cerita fantasi adalah jenis karya tulis yang hampir sama seperti narasi jika dilihat dari ciri ciri dan strukturnya.

Yakni sebuah cerita karangan yang memiliki alur normal namun bersifat imajinatif. Umumnya teks ini dibuat dengan alur, unsur unsur dan struktur cerita yang terkesan dilebih lebihkan yang jika kita logika tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Misalnya novel dan film harry potter dimana seorang anak mampu menjadi penyihir. Memiliki kemampuan magis hingga mampu menyelamatkan akademi sihir. Contoh cerita fantasi lain yang menurut saya cukup bagus adalah trilogy lord of the rings. Kisah dimana seorang hobbit memiliki misi untuk menyelamatkan dunia. Sang tokoh pun bertemu dengan berbagai jenis makhluk mistis nan aneh yang tak akan kalian temui di dunia nyata.

Karena teks cerita fantasi hanya berbentuk karangan semata artinya cerita yang ada didalamnya bersifat fiktif. Maksudnya adalah palsu dan tidak mungkin terjadi dalam konteks kehidupan.

Lantas seperti apa ciri ciri teks cerita fantasi tersebut?

Ciri ciri Teks Cerita Fantasi

Apa saja karakteristik cerita fantasi?

Mungkin sebagian siswa masih belum menyadarinya. Sama seperti jenis karya sastra pada umumnya cerita fantasi dapat dikatakan baik dan benar apabila memenuhi beberapa unsur.  Ciri ciri cerita fantasi yang umum beredar adalah sebagai berikut:

Ide cerita yang terbuka

Ide cerita dalam cerita fantasi umumnya tidak memiliki batasan realita (kenyataan) dan dapat kembangkan sesuka pengarang. Tema dan ide yang diusung oleh cerita fantasi biasanya adalah mistis, supranatural, sci-fi, futuristik dan lain sebagainya.

Melalui karya fiksi ini, penulis dapat menuangkan seluruh imajinasinya. Sehingga alur ceritanya pun akan menjadi menegangkan untuk kita ikuti.

Terdapat keanehan, misterius, dan keajaiban

Jika anda mendapati sebuah teks cerita mengandung unsur keanehan, bersifat misterius seperti mengandung unsur mistis maupun terdapat keajaiban yang tidak dapat dilogika oleh pikiran maka itu dapat menjadi ciri ciri cerita fantasi. Umumnya segala keanehan dan keajaiban yang timbul dalam cerita bersifat berlebihan seperti anda sedang membayangkan manusia bersayap dan bisa terbang tinggi atau lain sebagainya.

Cerita fantasi adalah cerita yang dapat merubah apapun yang tidak mungkin menjadi mungkin dengan cara menghidupkannya dalam bentuk cerita. Hal ini disebabkan karena teks cerita fantasi merupakan sebuah teks karangan cerita yang bersifat imajinatif (imajinasi yang diciptakan oleh pengarang).

Latar cerita fantasi

Latar yang digunakan dalam cerita fantasi dapat menembus ruang dan waktu. Menembus ruang dan waktu disini dalam artian adalah terjadi di suatu tempat dan suatu waktu tertentu seperti contoh cerita guardian of the galaxy yang memiliki latar cerita di planet Jupiter di jaman masa depan. Padahal jika dilogika lebih cermat, di planet jupiter tidak terdapat udara sama sekali. Namun dengan cerita fantasi ini segala yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin.

Tokoh yang unik

Salah satu ciri ciri cerita fantasi adalah keberadaan tokoh yang unik dan memiliki skill diluar nalar manusia. Tokoh dalam teks cerita fantasi umumnya memiliki kelebihan tersendiri yang unik dan berbeda dari yang lain. Seperti dalam cerita superman yang tokoh utamanya yakni clark kent (superman) memiliki kekuatan super untuk terbang, mengangkat beban jutaan kilogram dan mengeluarkan laser dari matanya.

Fiksi atau khayalan

Ciri ciri teks cerita fantasi yang selanjutnya dapat dilihat dari sifatnya yang artinya fiksi. Kerena bersifat fiksi dan merupakan cerita khayalan semata, maka cerita fantasi ini tidak akan bisa dinalar oleh akal pikiran jika dibandingkan dengan kehidupan di dunia nyata.

Gaya bahasa teks cerita fantasi

Gaya bahasa yang digunakan dalam cerita ini umumnya tidak harus selalu terikat menggunakan bahasa yang formal. Melainkan menggunakan bahasa yang bervariasi. Penggunaan bahasa dalam cerita fantasi bertujuan untuk menarik minat pembaca agar pembaca lebih menghayati dan terlena dalam alur cerita yang ada.

Struktur Cerita Fantasi

Semua jenis teks dalam bahasa indonesia memiliki kerangka pembentuk, sama halnya dengan teks cerita fantasi. Struktur cerita fantasi umumnya hampir sama dengan struktur teks narasi yakni terdiri dari orientasi, konflik, resolusi dan ending.

Adapun penjelasan dari masing masing struktur adalah sebagai berikut:

  • Orientasi : Pengenalan atau orientasi merupakan sebuah bagian dimana pengarang memberikan pengenalan tentang penokohan, tema, dan sedikit alur cerita kepada pembacanya.
  • Konflik : Konflik sendiri merupakan bagian dimana terjadi permasalahan dimulai dari awal permasalahan hingga menuju ke puncak permasalahan.
  • Resolusi : Resolusi merupakan penyelesaian dari permasalahan atau konflik yang tejadi. Resolusi sendiri merupakan bagian penentu yang akan mengarah pada ending.
  • Ending : Ending merupakan penutup cerita fantasi. Ending sendiri dapat dibedakan menjadi dua yakni happy ending dimana tokoh utama menang dan hidup bahagia. Dan yang lain adalah sad ending dimana tokoh utama tewas setelah mencapai tujuan dan sebagainya.

Namun dalam beberapa kasus cerita fantasi diberikan ending yang menggantung. Tujuannya tidak lain adalah untuk menimbulkan rasa penasaran bagi pembacanya. Jika ending cerita menggantung otomatis akan ada lanjutan dari cerita tersebut. Mau tidak mau pembaca harus mengikutinya untuk mengetahui ending yang sebenarnya.

Itulah struktur teks cerita fantasi secara umum sama halnya seperti teks narasi. Setelah kita mengetahui ciri ciri dan struktur teks cerita fantasi lengkap dengan pengertiannya. Sekarang saatnya kita membaca contoh teks cerita fantasi dan mengaplikasikan ilmu yang sudah kita baca sebelumnya.

Contoh Cerita Fantasi

Pernahkan anda membaca buku harry potter yang edisinya sampai berjilid jilid. Atau mungkin ERAGON dimana sang tokoh utama ditakdirkan menjadi penunggang naga terakhir. Model cerita seperti inilah yang dimaksud dengan teks cerita fantasi menegangkan. Banyak film yang diangkat dari novel fantasi best seller seperti diatas.

Pada dasarnya contoh cerita fantasi dapat dibedakan menjadi cerita fantasi total dan cerita fantasi irisan. Materi cerita fantasi total dan irisan tersebut akan kita bahas secara mendalam di lain kesempatan. Kita bisa menemukan berbagai contoh teks cerita fantasi ini di berbagai sumber baik itu buku maupun media online. Berikut adalah contoh cerita fantasi yang dapat anda simak.

Contoh Cerita Fantasi Beserta Strukturnya

Nero adalah seorang pemburu monster muda yang tinggal di pulau terpencil Fortuna. Dia juga anggota Ordo ksatria pelindung yang menyembah Sparda Ksatria Kegelapan Legendaris sebagai Dewa. Dante tiba, dan menembak pemimpin Ordo, Imam Besar Sanctus, di depan seluruh jemaat. Pada saat yang sama, pasukan iblis menyerbu kota, menempatkan semua orang, termasuk kekasih Nero, Kyrie, dalam bahaya. Ditugaskan untuk menghentikan Dante oleh saudara laki-laki Kyrie, Credo Kapten Ksatria Suci.

Perjalanan Nero membawanya mengungkap fakta bahwa dante merupakan keturunan sparda sendiri, dan bukanlah musuhnya. Di bawah perintah dari Sanctus, Agnus, telah menyedot kekuatan dari Lengan Iblis Yamato yang telah lama hilang, pedang saudara Dante, Vergil, untuk menciptakan pasukan neraka dan memperkuat pasukan ordo. Yang mengejutkan Agnus, Yamato yang hancur pulih dengan sendirinya di hadapan Nero, dan terbang untuk membantu Nero. Dengan rencana Ordo terungkap maka Agnus melarikan diri untuk memberi tahu Sanctus yang baru dibangkitkan.

Saat Nero mengarahkan pandangannya pada The Order, dia menemukan dengan cemas bahwa Credo adalah bagian dari konspirasi, sampai dia akhirnya ditipu juga ketika mereka menyaksikan Kyrie diculik oleh Sanctus. Dia bermaksud menggunakan makhluk yang dikenal sebagai Juru Selamat untuk mengalahkan pasukan iblis yang dia ciptakan, sebagai sarana untuk memperkuat pemujaan orang-orang terhadap Sparda. Dengan Pedang Sparda yang sudah dimilikinya, dan membutuhkan darah keturunan Sparda bersama dengan Yamato, Sanctus menangkap Nero untuk memberi kekuatan pada inti Juru Selamat.

Dante tiba dengan Trish yang ditugaskan menjadi mata-mata dalam The Order. Mereka pun membuat janji kepada Credo yang sekarat untuk menyelamatkan Nero dan Kyrie. Trish mengevakuasi penduduk Fortuna, sementara Dante menghancurkan semua Gerbang Neraka yang tersebar di Fortuna. Setelah mengalahkan Agus dante pun merebut kembali pedang Yamato. Menghadapi Juruselamat dalam pertempuran langit di atas Fortuna, Dante mendorong Yamato melalui dada Juruselamat. Di mana Nero memulihkannya di dalam membebaskan dirinya dan Kyrie, dan mengalahkan Sanctus.

Nero mampu berdamai dengan kekuatan yang diberikan kepadanya untuk melindungi orang-orang yang dia sayangi. Sebelum Dante pergi, dia memutuskan untuk mempercayakan Nero dengan Yamato dan Kyrie dan Nero berbagi ciuman pertama mereka di reruntuhan Fortuna. Kembali di kantor Dante, Lady tiba. Seperti yang terungkap sebelumnya dalam game, Lady-lah yang mengirim Dante dan Trish ke Fortuna sejak awal karena The Order mulai terlibat dalam beberapa pekerjaannya. Itulah sebabnya Trish segera menyamar untuk mengungkap warna asli The Order. Saat Trish dan Lady bertengkar tentang hadiah kecil, Dante mendapat telepon dari pelanggan dan ketiganya pindah dari kantor untuk misi baru.

Contoh teks cerita fantasi ini saya ambil dari serial video game berjudul Devil My Cry 4. Permainan MMORPG satu ini cukup menegangkan karena menyuguhkan plot story yang menarik. Kalian akan dipaksa berpikir memecahkan puzzle sembari berspekulasi tentang event apa yang akan terjadi selanjutnya.

Contoh Cerita Fantasi Tentang Legenda Putri Bulan

Catur wulan adalah seorang gadis pedesaan yang sangat muskin berwajah suram karena menderita jenis penyakit kulit aneh diwajahnya. Masyarakat desa akan menghindari dia karena takut ketika berpapasan dengan wulan. Untuk menutupi kekurangannya, akhirnya wulan selalu menggunakan penutup wajah atau cadar.

Disuatu malam yang sunyi wulan bermimpi aneh yakni bertemu dengan seorang pangeran bernama rangga. Dia adalah seorang putra raja nan ramah dan tampan. Keinginan wulan untuk berkenalan dengan sang pangeran membuat wulan semakin sering memimpikannya.

“Sudah wulan sudah, singkirkan mimpi konyolmu itu!” kata ibu kepada wulan ketika tengah melihat anak perempuannya melamun di jendela kamarnya. “Aku tidak ingin menyakiti hati kecilmu itu. Kamu bebas ingin menikahi siapa, tapi ibu hanya tidak mau kamu akhirnya kecewa nanti” lanjut ibu wulan dengan sangat lembut.

Sebenarnya yang ada dalam pikiran wulan sama dengan ibunya. Mimpi wulan memang terlalu tinggi. Orang orang daerah pedesaan saja takut ketika berpapasan dengan wulan, apalagi ketika pangeran rangga bertemu dengannya.

Disuatu malam, wulan termenung memandangi langit nan cerah tanpa awan. Bulan dapat bersinar dengan terang dan memancarkan cahaya keemasan. Di sekitar bulan nampak sekerumunan bintang yang berkelip.

“Sungguh cantik malam ini” ujar wulan yang tengah takjub melihat fenomena alam tersebut. Tiba tiba wulan terpikir akan sebuah cerita tentang dewi bulan. Ia adalah dewi yang tinggal dan menghuni bulan. Dewi bulan memiliki paras cantik dan hati yang sangat baik. Dia sering turun ke bumi hanya untuk membantu orang orang yang tengah dilanda kesusahan. Setiap ibu tentunya ingin anak perempuannya seperti dewi bulan. Sewaktu masih kecil, wajah wulan juga tidak kalah cantik dengan dewi bulan tutur ibunya.

“Aku ingin sekali meminta pada dewi bulan agar wajah yang aku miliki bisa secantik dulu lagi. hmmm tapi tidak mungkin karena itu cuma dongeng saja.” wulan segera membuang harapannya jauh jauh. Setelah cukup puas menatap langit malam akhirnya wulan menutup jendela kamar dan beranjak tidur dengan perasaan sedih.

Wulan adalah gadis baik berhati sangat lembut yang gemar menolong sesama. Pada suatu sore, wulan tengah bersiap siap untuk menjenguk seorang nenek tua yang sedang sakit dan sekaligus mengantarkan makanan padanya. Sepulang dari rumah nenek tua wulan merasa kebingungan karena ia pulang kemalaman dan keadaan begitu gelap. Tiba tiba munculah ratusan kunang kunang yang dari tubuhnya memancarkan cahaya yang begitu terang.

“Terimakasih, kalian semua telah menerangi jalanku untuk pulang” ujar wulan dengan perasaan lega. Akhirnya wulan berjalan dan terus berjalan namun wulan menyadari bahwa ia telah cukup jauh berjalan namun tidak sampai-sampai kerumahnya.

“sepertinya aku tersesat masuk kedalam hutan” Gumam wulan dengan panik. ternyata ratusan kunang kunang tadi telah membawa wulan masuk jauh kedalam hutan. “Jangan takut pada kami wulan, kami semua membawamu kesini supaya wajahmu yang sekarang dapat disembuhkan seperti dulu lagi” ujar kunang kunang.

“hah? kamu?? kamu bisa bicara?” tanya wulan sembari menatap salah seekor kunang kunang. “kami semua adalah utasan dewi bulan” Tegas kunang kunang yang paling besar dan paling bersinar. Akhirnya wulan tiba disebuah danau ditengah hutan. Para kunang kunang pun akhirnya beterbangan ke langit. Perlahan bersamaan dengan hilangnya kunang kunang, awan yang ada dilangit akhirnya juga ikut menyibab dan keluarlah cahaya bulan purnama berwarna keemasan.

“Indah sekali sinar bulan malam ini” Sekali lagi wulan takjub melihat fenomena alam tersebut. Wulan mengamati pantulan bulan di permukaan air di tepi danau. Bayangan bulan tersebut sangat sempurna dan memantulkan sinar keemasan. Tiba tiba dari bayangan bulan tersebut munculah perempuan berparas sangat cantik.

“Si….siapa kamu? tanya wulan dengan perasaan takut. “Aku adalah dewi bulan. Aku ada disini untuk membantu menyembuhkanmu” ucap dewi bulan dengan sangat lembut. “selama ini kamu telah mendapatkan banyak sekali ujian. Karena kebaikan yang ada di hatimu. Kamu akan aku berikan air sakti yang dapat membuat wajahmu cantik kembali. Terimalah air kecantikan ini dan basuhlah wajahmu!” lanjut dewi bulan.

Dengan gemetar wulan menerima sebuah botol berisi air. Secara perlahan dewi bulan kembali masuk kedalam bayangan pantulan bulan di permukaan air di tepi danau dan menghilang. Akhirnya wulan segera membasuh wajahnya dengan air kecantikan pemberian dewi bulan. Tanpa disadari wulan tertidur di sana.

Sungguh ajaib air yang diberika dewi bulan. Ketika bangun tidur wulan mendapati dirinya terbangun di ranjang tempat tidurnya dirumah. Dan ketika bercermin begitu kagetnya wulan melihat wajahnya cantik dan lembut seperti dulu lagi. Ibu wulan pun ikut gembira bercampur heran.

Akhirnya kecantikan wulan menyebar seiring berjalanya waktu hingga terdengar di telinga pangeran rangga. Karena penasaran dengan rumor dan cerita yang beredar akhirnya sang pangeran pergi untuk mencari tau kebenarannya. Akhirnya wulan dan pangeran rangga dapat bertemu dan berkenalan.

Itulah artikel tentang Pengertian cerita fantasi, Ciri ciri cerita fantasi, Struktur cerita fantasi dan Contoh Cerita Fantasi yang dapat anda simak sebagai bahan materi. Selalu ingat bahwa struktur cerita fantasi memiliki persamaan dengan cerita narasi.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …