Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi

Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi – Allah telah menurunkan suhuf kepada lima nabi. Selain itu Allah juga telah menurunkan kitab yang ditujukan untuk manusia. Banyak orang yang mengartikan suhuf dengan kitab itu sama. Hakikatnya suhuf dan kitab memang hampir sama tetapi terdapat beberapa perbedaan yang terdapat didalamnya. Kitab Allah tersebut telah dibukukan sedangkan suhuf belum dibukukan. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang definisi suhuf beserta banyaknya suhuf yang diturunkan kepada lima nabi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ketika dibangku sekolah tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi suhuf. Materi ini berisi beberapa pembahasan mengenai pengertian suhuf dan jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi. Lantas apa yang dimaksud suhuf itu?

Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi

Sebenarnya baik materi pengertian suhuf serta jumlah suhuf yang diturunkan kepada Nabi sudah banyak sekali dibahas dalam pembelajaran Agama Islam di sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan rasa iman kepada Nabi dan Rasul Allah. Namun tidak ada salahnya kalau kita membahas materi tentang suhuf ini secara lebih mendalam.

Pengertian Suhuf Beserta Jumlah Suhuf yang Diturunkan Kepada Lima Nabi

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian suhuf. Definisi dari suhuf yang pertama ialah tulisan wahyu yang disebarkan dalam beberapa media, contohnya batu dan pelepah. Adapula yang mengartikan suhuf sebagai tulisan satu surah kitab kitab dari para nabi. Dalam kitab Allah seperti Al Qur’an terdapat suhuf yang jumlahnya 114. Selain itu adapula beberapa jumlah dari suhuf yang diturunkan kepada lima nabi. Suhuf tersebut ada dan tercantum dalam Surah Al A’la Ayat 18-19 yaitu:

إِنَّ هَٰذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَىٰ . صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ

Artinya:
“Sesungguhnya ini terdapat dalam suhuf suhuf yang dahulu, yaitu suhuf Ibrahim dan suhuf Musa.”

Berdasarkan pengertian suhuf di atas terdapat penjelasan bahwa suhuf ini berupa tulisan satu surah dari kitab nabi. Didalam suhuf ini terdapat ajaran Allah SWT bagi kaum kaum nabi. Maka dari itu suhuf memilii kedudukan yang sama dengan kitab suci yang perlu kita imani. Dibawah ini terdapat beberapa jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi yaitu diantaranya:

  1. Sepuluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Adam A.S.
  2. Sepuluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Musa A.S.
  3. Tiga puluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim A.S.
  4. Tiga puluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Idris A.S.
  5. Enam puluh Suhuf yang diturunkan kepada Nabi Syis A.S.

Selain definisi dan banyak suhuf yang diturunkan kepada lima nabi di atas. Adapula perbedaan dari suhuf dan kitab. Berikut beberapa perbedaannya yaitu:

  • Kitab berupa pedoman dan petunjuk Allah untuk diajarkan kepada manusia dan diturunkan kepada para Rasul-Nya. Sedangkan Suhuf berupa wahyu Allah yang tidak wajib diajarkan kepada manusia dan diberikan kepada para Rasul-Nya.
  • Kitab memiliki isi yang lebih sempurna dan lengkap dibandingkan dengan isi Suhuf.
  • Kitab dibukukan menjadi satu bentuk utuh yang berupa sekumpulan hafalan ataupun tulisan. Sedangkan suhuf tercatat dalam bentuk lembaran ketika diturunkan sehingga tidak dibukukan.
  • Kitab ialah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul dalam bentuk mukjizat berisi muamalah, akidah, syariah dan ibadah. Contohnya kitab Al Qur’an (Nabi Muhammad SAW), kitab Taurat (Nabi Musa A.S.), kitab Injil (Nabi Isa A.S.) dan kitab Zabur (Nabi Daud A.S.). Sedangkan suhuf ialah lembaran wahyu Allah berupa nasihat, pujian dan zikir yang diturunkan kepada para Nabi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian suhuf beserta jumlah suhuf yang diturunkan kepada lima nabi. Materi suhuf tersebut pada umumnya penting untuk dipelajari sebagai bentuk pengenalan kita kepada pra Nabi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …