Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerja Printer Laserjet

Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerja Printer Laserjet – Printer Laserjet adalah proses pencetakan digital elektrostatik. Ini menghasilkan teks berkualitas tinggi dan grafis (dan foto-kualitas moderat) dengan berulang kali melewati sinar laser bolak-balik atas silinder bermuatan negatif disebut “drum” untuk menentukan gambar dikenakan biaya berbeda-beda dari Printer Inkjet untuk Komputer.

Drum kemudian secara selektif Globe mengumpulkan bermuatan listrik tinta bubuk (toner), dan transfer gambar ke kertas, yang kemudian dipanaskan untuk secara permanen sekering teks dan atau gambar. Seperti mesin fotokopi digital dan multifungsi atau all-in-one printer inkjet, printer laser menggunakan proses pencetakan xerographic.

Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerjanya

Cara kerja Printer laser berbeda dari mesin fotokopi analog dalam gambar dihasilkan oleh pemindaian langsung dari media di fotoreseptor printer. Hal ini memungkinkan pencetakan laser untuk menyalin gambar lebih cepat daripada kebanyakan mesin fotokopi. Ditemukan di Xerox PARC pada tahun 1970, printer laser diperkenalkan untuk kantor dan kemudian pasar rumah di tahun-tahun berikutnya oleh IBM, Canon, Xerox, Apple, Hewlett-Packard dan banyak lainnya. Selama beberapa dekade, kualitas dan kecepatan telah meningkat karena harga telah jatuh, dan perangkat pencetakan sekali mutakhir sekarang di mana-mana.

Baca juga : Printer InkJet : Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Printer InkJet

Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerjanya

Sebuah sinar laser (biasanya, aluminium gallium arsenide (AlGaAs) semikonduktor laser) memproyeksikan gambar halaman yang akan dicetak ke sebuah bermuatan listrik, selenium berlapis, berputar, gendang silinder (atau, lebih umum di versi berikutnya, drum disebut fotokonduktor organik yang terbuat dari N-vinylcarbazole, monomer organik).

Fotokonduktivitas memungkinkan elektron bermuatan jatuh jauh dari daerah terkena cahaya. tinta (toner) partikel bubuk kemudian elektrostatis tertarik ke daerah bermuatan drum yang belum laser berseri-seri. drum kemudian transfer gambar ke kertas (yang dilewatkan melalui mesin) melalui kontak langsung. Akhirnya kertas dilewatkan ke sebuah finisher, yang menggunakan panas yang hebat untuk langsung sekering toner / gambar ke kertas.

Pengertian Printer Laserjet

Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah.

Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

Baca juga : Pengertian Printer, Sejarah, Fungsi, Jenis-jenis dan Cara Kerja Printer

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laserjet

Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan dari printer Lasejet.

Kelebihan Printer Laserjet

Adapun kelebihan pada printer Laserjet adalah :

  1. Kualitas cetak text yang tinggi.
  2. Kecepatan cetak tinggi.
  3. Dapat mencetak berbagai ukuran kertas.
  4. Memiliki beragam pilihan termasuk collator dan stapler.
  5. Biaya keseluruhan lebih rendah karena kebutuhan tinta kecil.

Kekurangan Printer Laserjet

Adapun kekurangan pada printer Laserjet adalah :

  1. Output foto lebih buruk.
  2. Harga printer laser warna lebih mahal daripada ink jet warna.
  3. Kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur.
  4. Output printer tinta padat bisa membuat paper jam mesin fotokopi atau scanner dengan auto feeder.
  5. Sekian penjelasan dari Penulis tentang Printer Laser Jet Semoga apa yang sudah Penulis tulis ini dapat bermanfaat untuk teman-teman dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Demikianlah Pengertian Printer Laserjet dan Cara Kerjanya, semoga bermanfaat.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …