Pengertian Mouse Beserta Fungsi dan Jenis-jenis Mouse

Pengertian Mouse Beserta Fungsi dan Jenis-jenis Mouse - Mouse merupakan perangkat keras komputer yang tidak kalah penting keberadaanya. Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk menggerakkan pointer atau di sebut juga kursor di dalam komputer. Nah, mouse inilah yang selalu kita pegang untuk mengarahkan pointer kemanapun kita mau pada saat menggunakan komputer.

Mouse sendiri tidak hanya berfungsi untuk mengarahkan pointer atau kursor, fungsi penting lainnya dari mouse adalah untuk melakukan klik, double klik dan scrool yang lebih biasa kita panggil dengan penggulung.

Pengertian Mouse

Mouse adalah Perangkat Keras Input yang dihubungkan ke komputer baik itu secara wire (kabel) atau wireless (tanpa kabel). Perangkat ini dinamakan mouse karena piranti ini berbentuk seperti tikus. Tidak hanya itu, kabel yang tersambung dengan mouse juga mirip ekor tikus.

Pada era sekarang perangkat keras mouse sudah banyak digantikan dengan touchpad yang mengambil alih semua fungsi dari perangkat mouse sudah bisa dilakukan oleh touchpad, namun kebanyakan para pengguna komputer masih tetap memilih mouse sebagai penggerak dari kursornya.

Baca juga : Pengertian Motherboard Beserta Fungsi dan Jenis-jenis Motherboard

Pengertian Mouse dan Fungsinya

Fungsi Mouse

Selanjutnya untuk fungsi mouse Ada beberapa fungsi, diantaranya :

  • Menginput perintah untuk komputer dimana cara kerja mouse adalah dengan cara mouse digeserkan pada permukaan data yang datar.
  • Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor tertentu.
  • Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser ,klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
  • Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  • Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.
  • Membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan,mudah dan cepat. khususnya untuk kita yang mempunyai aktifitas seperti mengedit foto dan lain lain.
  • Digunakan untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
  • Mengaktifkan tombol perintah dan melakukan suatu ekskusi tertentu pada aplikasi
  • Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
  • Mouse juga digunakan sebagai pengaturan & perbesaran tampilan sebuah objek
  • Mouse juga digunakan untuk melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer

Jenis-jenis mouse ada beragam jenis, dan inilah yang akan kita ulas pada postingan kali ini. Dan adapun jenis-jenis mouse komputer akan di tuliskan berikut di bawah ini.

Baca juga : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Jenis Jenis Mouse dan Fungsinya

Jika dilihat secara fisik ada 2 macam mouse, yaitu:

  • Mouse Optic

    Mouse Optic
    Mouse Optic yaitu mouse yang menggunakan optic untuk menggerakkan pointer yang ada dilayar monitor, optic terletak dibagian bawah mouse.
  • Track Ball

    Mouse Track Ball
    Mouse Track Ball yaitu mouse yang menggunakan bola untuk menggerakkan pointer pada layar.

Berdasarkan Portnya Mouse dibedakan menjadi:

  • Mouse Serial

    Mouse Serial
    Mouse ini menggunakan port serial dan mouse jenis digunakan pada komputer jenis AT.
  • Mouse PS2

    Mouse PS2
    Mouse jenis menggunakan port PS2 dan dan digunakan pada komputer jenis ATX. Biasanya port mouse berwarna hijau untuk membedakan antara port untuk keyboard dan port untuk mouse.
  • Mouse USB

    Mouse USB
    Port jenis ini mulai banyak disukai oleh para pengguna komputer, karena selain lebih efisien mouse yang menggunakan port USB mempunyai kecepatan akses lebih tinggi dibanding mouse yang menggunakan port yang lain
  • Mouse Wireless

    Mouse Wireless
    Sesuai dengan namanya mouse ini menggunakan jaringan wifi sebagai media perantaranya. Mouse jenis ini lebih mahal dibanding mouse jenis yang lain sehingga tidak banyak orang yang menggunakan mouse jenis ini.

Demikianlah postingan Jenis Jenis Mouse dan Fungsinya semoga bermanfaat untuk anda.

Next Post Previous Post