Pengertian LAN Card Beserta Fungsi dan Cara Kerja LAN Card

Pengertian LAN Card Beserta Fungsi dan Cara Kerja LAN Card - LAN Card adalah, sering disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), Ethernet Card, Kartu Jaringan yaitu suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer dalam sebuah jaringan komputer khususnya jaringan LAN. Definisi LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah yang tidak luas misalnya jaringan komputer di dalam suatu gedung, satu ruangan/rumah. jaringank omputer jenis LAN sering sekali di gunakan di kantor, bandara, hotel, warnet, dan sebagainya.

Pengertian LAN Card dan Fungsinya

2 Jenis NIC

Di pasaran umumnya terdapat 2 (dua) jenis NIC (Network Interfac Card), antara lain NIC yang bersifat Fisik adalah Token Ring, NIC Ethernet, dan sebagainya. Pada umumnya kartu jaringan berupa kartu yang dapat ditancapkan atau dipasangkan ke dalam sebuah slot pada Motherboard atau mainboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan Bus PCI, MCA ataupun PCIE. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan pada motherboard, NIC fisik juga dapat berupa suatu kartu eksternal yang dimana kartu dengan BUS USB, PARAREL, PCMCIA, SERIAL, EXPRESS CARD sehingga dapat meningkatkan mobilitas (bagi pengguna mobile).Kartu Network Interfac Card fisik, terbagi menjadi 2 (dua) jenis, meliputi :

Baca juga : Pengertian Router, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Router

  1. Kartu NIC (Network Interfac Card) dengan Media jaringan yang spesifik (Media-Spesifik NIC) yaitu yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang dipakai. Misalnya NIC Ethernet yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet atau Thicknet ataupun bahkan tanpa kabel yang disebut Wireless Ethernet.
  2. NIC (Network Interfac Card) dengan arsitektur jaringan yang spesifik (Architecture-Specific NIC) yaitu yang membedakan Kartu Jaringan menjadi beberapa janis, sesuai denga arsitektur jaringan yang dipakai. Misalnya Token Ring, Ethernet, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface) yang semuanya menggunakan NIC yang berbeda-beda. NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/Detik, 100 Megabit/Detik, 1 Gigabit/ Detik ataupun 10 Gigabit.

NIC yang bersifat logis adalah LoopBack adapter juga DialUp adapter, sering disebut sebagai Network Adapter. Pada setiap jenis NIC diberikan nomor alamat yang disebut dengan MAC Address, yang dapat bersifat statis ataupun dapat diubah oleh penggunanya.

Fungsi dari LAN card

Fungsi LAN card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN (Local Area Network), melalui LAN ini setiap komputer dapat saling tukar-menukar data maupun seperti mengakses perangkat keras misalnya printer, tentu saja fungsinya untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer yang satu dengan yang lainnya. Pada saat ini banyak sekali jenis-jenis serta merek dari Kartu jarinagan yang tersedia di pasaran, untuk dapat menggunakannya tentunya harus kompatible atau cocok dengan motherboard dan menginstal drivernya.

Baca juga : NFC (Near Field Communication) : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Jenisnya

Cara Kerja LAN Card

Dua atau lebih komputer tidak akan dapat terhubung satu sama lain jika tidak menggunakan perangkat jaringan, semisal LAN Card. Perangkat keras ini menghubungkan tiap komputer ke jaringan dengan menggunakan alamat MAC. Kinerja LAN Card tidak lepas pengaruhnya dari OSI (Open System Interconnectioons). OSI ini merupakan model teoretis di sebuah jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.

Dua lapisan pertama OSI merupakan lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan lapisan lain untuk tetap independen. Upaya meng-upgrade atau mengganti satu layer tidak akan mempengaruhi independensi lapisan lain. Hal ini berarti bahwa jika ada perangkat yang menggantikan LAN card, elemen komputer lainnya, seperti protokol, tidak akan berubah.

Fungsi data link dari LAN Card lah yang menyediakan fasilitas penerimaan data biner dari jaringan pada tataran perangkat keras. LAN Card dapat mengenali aliran ini dan bahkan mampu memeriksa kesalahan yang ada.

Ketika seorang pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan menyalakan komputernya, maka akan terlihat 2 (dua) buah lampu: Satu berwarna hijau, dan satunya lagi berwarna jingga. Lampu jingga akan terus menyala ketika lapisan data link dihubungkan. Hal ini mengindikasikan bahwa kabel tersebut bekerja, ada jaringan dan terdapat aliran data. Adapun lampu kedua, yakni lampu hijau, akan muncul begitu lapisan berikutnya diaktifkan.

Itulah artikel atau materi mengenai pengertian LAN card dan fungsinya, terimaksih banyak telah membaca postingan ini dan semoga dapat bermanfaat banyak.

Next Post Previous Post