Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Klasifikasi dan Contoh Klausa

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Klasifikasi dan Contoh Klausa - Klausa adalah salah satu materi dasar yang harus dipelajari siswa ketika masih berada di bangku sekolah. Dalam prakteknya klausa banyak digunakan untuk membangun sebuah kalimat. Namun sayangnya kalimat dengan klausa aktif tersebut sering kali tidak kita sadari.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam Bahasa Indonesia banyak hal yang terdapat di dalamnya. Misalnya frasa, klausa, kata, kalimat dan sebagainya. Masing masing istilah ini memiliki definisinya sendiri. Seperti halnya klausa yang berisi tentang pengertian, ciri ciri, maupun contoh di dalamnya.

Lantas apa itu klausa?

Klausa adalah satuan gramatikal yang terdapat dalam sebuah tata bahasa. baik itu bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Klausa sendiri dalam bahasa inggris disebut dengan clause, dan memiliki pengertian, ciri-ciri, dan contoh yang tidak berbeda dengan klausa bahasa indonesia.

Pengertian Klausa, Ciri-ciri dan Contoh Lengkapnya

Materi klausa sangat mudah untuk dikuasai karena tingkat kesulitnya yang rendah. Namun faktanya banyak siswa yang masih belum bisa membedakan apa itu klausa, frasa dan kalimat. Akhirnya masalah ini menjadi polemik berkepanjangan di dunia pendidikan.

Baca juga : 7 Contoh Teks Editorial (Opini) Singkat Lengkap Dengan Strukturnya

Untuk mengatasi kebingungan tersebut saya membuat artikel yang bersikan materi klausa dengan pembagian materi pengertian, ciri ciri, struktur dan contoh klausa.

klausa

Meskipun materi klausa sudah dibahas di berbagai kesempatan namun tidak ada salahnya jika saya memberikan sedikit penegasan. Dengan demikian kita bisa menambah wawasan tentang pengertian klausa, ciri ciri, bentuk, jenis klausa dan contoh klausa.

Baikah langsung saja kita menuju pembahasan yakni pengertian klausa, ciri-ciri kalusa dan contoh klausa yang bertujuan agar kita dapat lebih memahami apa itu klausa lengkap dengan strukturnya.

Pengertian Klausa

Seperti yang saya terangkan di atas bahwa Klausa adalah sebuah satuan grammatikal yang terdapat dalam tata bahasa, Klausa memiliki susunan kata melebihi frasa namun kurang lengkap untuk menjadi sebuah kalimat. Klausa memiliki bentuk berupa kelompok kata yang setidaknya terdiri dari sebuah subjek dan sebuah predikat (S & P), Dan memiliki potensi untuk menjadi suatu kalimat.

Mengapa klausa memiliki potensi untuk menjadi sebuah kalimat?

Karena sebenarnya klausa tidak jauh berbeda dengan sebuah kalimat, Hanya saja klausa tidak memiliki intonasi akhir yang menjadi ciri khusus sebuah kalimat.

Dalam konstruksinya yang terdiri atas S dan P klausa dapat disertai dengan O, Pel, dan Ket, ataupun tidak. Dalam hal ini, unsur inti klausa adalah S dan P. tetapi, dalam praktiknya unsur S sering dihilangkan. Misalnya dalam kalimat majemuk (atau lebih tepatnya kalimat plural) dan dalam kalimat yang merupakan jawaban. (Ramlan 1987:89).

Struktur Klausa

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa klausa adalah kalimat yang tidak sempurna yang disusun dan memiliki setidaknya satu subjek dan satu predikat. Sebenarnya Klausa juga dapat memiliki Objek pelengkap dan kata keterangan. Namun dalam penggunaanya penggunaan subjek dalam klausa sering tidak digunakan. misalkan dalam sebuah kalimat majemuk (kalimat plural).

Meskipun demikian banyak orang yang menganggap klausa hanyalah soal pemilihan kata semata. Padahal terdapat ilmu yang mempelajari struktur klausa yang dapat kita pelajari. Dari struktur inilah akhirnya muncul ciri ciri khusus yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi penggunaan klausa.

Ciri-ciri Klausa

Setelah menjelaskan tentang pengertian klausa dan struktur klausa di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang ciri ciri pada klausa tersebut. Sama seperti frasa, tentunya klausa juga memiliki ciri-ciri yang berfungsi untuk membantu kita mengidentfikasinya.

Baca juga : Jenis-Jenis Konjungsi Temporal Lengkap Dengan Contohnya

Ciri-ciri klausa adalah sebagai berikut :

  • Dalam sebuah klausa hanya terdapat satu predikat saja dan tidak lebih.
  • Klausa dapat berubah menjadi sebuah kalimat jika diimbuhi intonasi akhir.
  • Klausa merupakan bagian dari sebuah kalimat jika kalimat itu adalah kalimat plural.
  • Klausa bersifat meluas jika ditambahkan dengan atribut-atribut khusus yang belum terdapat pada klausa tersebut.

Jenis Jenis Klausa

Jika digolongkan berdasarkan jenisnya klausa dapat dibagi menjadi 4. Informasi ini didapat berdasarkan pendapat para ahli yang sudah dibukukan dalam pelajaran bahasa.

Berdasarkan jenisnya klausa dapat dibagi menjadi 4 jenis yakni :

  1. Berdasarkan kelengkapan unsurnya : Klausa tidak lengkap dan klausa lengkap
  2. Berdasarkan sifat predikat : Klausa positif dan klausa negatif
  3. Berdasarkan kategori predikat : Klausa verbal dan klausa non-verbal
  4. Berdasarkan kemapanannya : Klausa mandiri dan Klausa Tergabung

Contoh Klausa

Selain pengertian klausa, struktur klausa, ciri ciri klausa dan jenis jenis klausa di atas. Adapula beberapa contoh terkait materi klausa ini. Pada dasarnya banyak sekali contoh klausa yang diucapkan secara lisan dalam kehidupan sehari hari. Hanya saja kita masih kurang peka dan tidak bisa mengidentifikasi penggunaan klausa tersebut.

Setelah kita memahami pengertian klausa ciri-ciri klausa dan jenis klausa sekarang saatnya kita membaca dan menyimak contoh klausa dibawah ini :

  1. Kondisinya sudah membaik.
  2. Rumah itu sangat mewah.
  3. Mobil itu sangat baru.
  4. Sudah baik keadaanya.
  5. Sangat mewah rumah itu.
  6. lapar sekali hari ini.
  7. keadaan akan baik-baik saja.
  8. bekerja sambil berjalan-jalan.
  9. berlibur itu sangat menyenangkan.
  10. makan makanan mewah.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian klausa, ciri-ciri klausa, dan contoh klausa. Setelah membaca materi klausa diatas diaharapkan siswa mampu menganalisa penggunaan klausa dalam konteks kehidupan sehari hari. Selain itu materi klausa diatas juga dibuat untuk menambah pengetahuan kita tentang pembelajaran bahasa indonesia.

Next Post Previous Post