Pengertian Keyboard, Fungsi dan Jenis-jenis Keyboard

Pengertian Keyboard, Fungsi dan Jenis-jenis Keyboard - Keyboard adalah alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempunyai macam-macam tombol serta memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada penekanan tombol yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan keinginan kita.

Nah, kita sudah mengetahui Pengertian Keyboard di atas. Berdasarkan pengertiannya kita dapat mengetahui fungsi daripada keyboard yaitu untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melaksanakan pengolahan data menggunakan perangkat lunak.


Pengertian Keyboard dan Fungsinya

Fungsi Keyboard

Selanjutnya, kita bahas fungsi daripada keyboard berdasarkan tombol-tombolnya. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Pengertian Monitor Beserta Fungsi dan Jenis-jenis Monitor

  • Keyboard berdasarkan tombol ketiknya dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di Monitor Komputer kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf yang ada di dalam komputer.
  • Keyboard berdasarkan tombol kontrolnya dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol WINDOWS+E maka dapat membuka jendela explorer.
  • Keyboard berdasarkan tombol fungsinya pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan F2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
  • Keyboard berdasarkan tombol alternatenya memiliki tombol seperti ENTER, ESC, TAB dan ALT fungsi dari tombol-tombol itu sangat berguna pada dokumen dan pengoperasian komputer.
  • Keyboard berdasarkan tombol navigasinya terdapat tombol PAGE UP dan PAGE DOWN yang fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan layar ke bawah dan tombol. Ada juga tombol HOME dan END yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal atau akhir kalimat.
  • Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi Keyboard yang perlu kita ketahui, namun Saya hanya mendefinisikan Keyboard ini sebagian. Untuk tombol yang lain Anda bisa mencobanya dengan cara trial, nanti juga Anda bisa mengetahui fungsi tombol keyboard tersebut.

Susunan Tombol Keyword

Dalam suatu papan keyboard terdapat huruf beberapa tombol dan lampu indikator yang menandakan keyboard berfungsi dengan benar. Susunan tombol tersebut meliputi :

1. Main Typing keypad

Merupakan papan ketik utama yang berisi huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1 – 0 yang digunakan untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer misalnya saat mengetik pada Microsoft Office atau pada browser internet.

2. Directional Keys

Empat tombol ini ditandai dengan karakter anak panah yang mengarah pada keempat sisi. Tombol ini berfungsi untuk menggeser kursor dan layar ke arah yang diinginkan.

3. Numeric/ Directional Keypad

Merupakan tombol yang berisi angka dan tombol pemindah kursor yang biasanya terletak pada sisi kanan main typing board. Tombol ini hanya akan berfungsi jika tombol fungsi Numeric key dinyalakan. Tombol ini akan memudahkan seseorang dalam mengetik dan memasukkan angka ke dalam sistem.

4. Function Keys

Tombol-tombol ini berada diatas tombol main typing keypad dan dapat dikenali dari tanda F1 hingga F12. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur beberapa perintah seperti menyimpan dokumen, memunculkan menu help saat mengetik di Microsoft word dan lain sebagainya.

Baca juga : Perbedaan Hardisk SATA dan ATA

5. Special Keys

Tombol ini ada dibagian atas tombol directional keys dan terdiri dari tombol Home, Delete, Page up, Page Down, Insert, Print screen, pause break dan End.

6. Modifier Keys

Yang termasuk dalam golongan keypad ini adalah tombol Ctrl, Alt dan Shift. Sesuai dengan namanya, ketiga tombol ini akan merubah atau memodifikasi fungsi suatu tombol lain dalam keypad dan bisa ditekan bersamaan tombol lain tersebut untuk memunculkan suatu perintah.

Misalnya tombol Ctrl yang ditekan bersamaan dengan huruf C akan secara otomatis menyalin data yang sudah dipilih pada monitor. Kombinasi tombol-tombol tersebut juga sering disebut sebagai shortcut keys.

8. Status light (Lock Keys)

Adalah indikator cahaya yang menandakan bahwa suatu tombol sedang digunakan untuk mengatur suatu fungsi misalnya tombol Caps lock yang memungkinkan data diketik dengan huruf kapital dan numeric lock yang digunakan untuk mengaktifkan tombol numeric key.

9. Windows keys

Biasanya pada keyboard pada komputer windows memiliki tombol yang bergambar logo Microsoft windows itu sendiri. Tombol ini berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows pada komputer.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Keyboard dan Fungsinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam bidang Komputer. Terima kasih.

Next Post Previous Post