Pengertian Kabel USB OTG Beserta Fungsi Kabel USB OTG

Pengertian Kabel USB OTG Beserta Fungsi Kabel USB OTG – USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak sebagai host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru . Singkat kata, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone atau tablet Anda bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop.

Baca juga : Pengertian USB (Universal Serial Bus) dan Sejarah Perkembangan USB

Pengertian Kabel USB OTG Beserta Fungsinya

Pengertian kabel USB OTG

Dari segi kata kabel USB OTG dapat diartikan menjadi Universal Serial Bus On The Go. Kabel USB OTG ini pada awalnya memang memiliki fungsi utama sebagai media penghubung namun pada perkembangan selanjutnya juga dapat digunakan untuk melakukan transfer data dari Flashdisk ke handphone ataupun sebaliknya.

Pada awalnya USB untuk Flashdisk memang hanya ditemui pada perangkat komputer seperti PC ataupun laptop, namun seiring kemajuan teknologi banyak pengguna handphone yang juga merasa ingin menghubungkan Flashdisk ke perangkat handphonenya. Dari realitas seperti itu maka akhirnya muncul inovasi terbaru dalam bentuk aksesoris handphone yang bernama kabel USB OTG.

Namun sangat disayangkan tidak semua perangkat handphone bahkan yang memiliki OS Android sekalipun dapat mensupport penggunaan kabel USB OTG ini. Selain ketidakcocokan slot pada handphone, ketidakcocokan kernel pada Android juga menjadi salah satu penyebabnya. Terkadang juga pada handphone tertentu memerlukan rooting atau software tambahan terlebih dahulu agar fungsi kabel USB OTG dapat dijalankan optimal.

Baca juga : Pengertian Kabel Data beserta Fungsi dan Jenis-jenis Kabel Data

Fungsi kabel USB OTG

Bagi kebanyakan orang fungsi dari kabel USB OTG memang untuk menghubungkan handphone dengan Flashdisk. Kegiatan yang biasa anda lakukan pada komputer seperti membaca data di Flashdisk ataupun melakukan transfer data kini bisa dilakukan juga pada perangkat handphone anda. Namun dibalik itu anda juga dapat menemukan fungsi lain dari kabel USB OTG yang masih tetap melibatkan handphone namun dengan perangkat – perangkat lain seperti di bawah ini :

  1. Memberi tambahan memori baik pada internal maupun eksternal pada handphone anda. Hal ini dikarenakan ketika terhubung dengan Flashdisk atau Card Reader maka secara otomatis ruang yang ada juga menjadi milik handphone anda.
  2. Tidak hanya Flashdisk, namun beberapa komponen pendukung komputer lainnya seperti Mouse dan Keyboard (wireless) ataupun Joystick juga dapat digunakan pada handphone anda dengan memakai USB OTG.
  3. Membaca data pada memori Kamera DSLR ataupun yang jenis lainnya kini juga bisa dilakukan pada handphone anda ketika kondisi mungkin lupa tidak membawa laptop.
  4. Bisa juga dimanfaatkan sebagai daya untuk lampu darurat yang saat ini tersedia dalam bentuk USB dan dikoneksikan dengan adaptor mirip pada handphone. Dengan ini maka ketika kondisi rumah mati lampu maka lampu hanya perlu dikoneksikan ke handphone anda menggunakan USB OTG.

Selain beberapa fungsi diatas sebenarnya masih banyak fungsi lain yang bisa dieksplor sesuai dengan kemampuan handphone anda, seperti untuk Portable CD, dihubungkan ke kabel LAN, untuk membaca memori harddisk eksternal atau bahkan membaca media handphone lain. Seiring dengan perkembangan zaman maka fungsi dari setiap perangkat komputer juga pasti akan ditingkatkan juga, termasuk pada kabel USB OTG.

Pengertian Kabel USB OTG Beserta Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan kabel USB OTG

Dari sekian banyak fungsi serta kinerja yang dimiliki oleh kabel USB OTG maka akan memunculkan banyak keuntungan atau kelebihan yang tentu saja dirasakan oleh para penggunanya. Namun juga bisa memunculkan suatu kekurangan dengan catatan penggunaan yang tidak sesuai dengan aturannya. Hal ini tentu harus diketahui oleh anda yang memang sering menggunakan kabel USB OTG atau yang baru ingin membelinya.

Baca juga : Penjelasan Kabel HDMI Beserta Fungsi dan Jenis Kabel HDMI

A. Kelebihan Kabel USB OTG

Untuk kelebihan dari kabel USB OTG tentu sudah terlihat jelas setelah membaca definisi atau pengertian serta fungsi – fungsinya diatas. Kegiatan copy paste atau transfer data antara handphone dan Flashdisk dapat lebih dimudahkan mengingat kedua alat ini paling sering dibawa karena ukurannya yang kecil dan simpel untuk digunakan. Anda tidak memerlukan bantuan dari komputer ataupun laptop jika sudah membawa kabel USB OTG. Urusan pekerjaan juga akan lebih efisien serta lebih mudah jika menggunakan kabel USB OTG.

B. Kekurangan Kabel USB OTG

Akan tetapi selain menyimpan banyak kelebihan patut dipahami juga bahwa kabel USB OTG ini masih memiliki banyak kekurangan. Salah satunya adalah ketidak cocokan pada beberapa perangkat handphone sehingga penggunaan kabel USB OTG ini dinilai masih kurang fleksibel. Bagi handphone yang dapat menggunakannya namun memiliki RAM yang kecil juga menyimpan resiko tersendiri, karena ketika dihubungkan dengan Flashdisk maka otomatis kinerja handphone juga berkurang.

Dan ketika dihubungkan dengan Flashdisk kapasitas 64 GB atau bahkan Memory Eksternal bisa jadi selain semakin lambat maka juga akan timbul kerusakan jangka panjang. Penggunaan yang benar dan bijaksana selain dapat mengoptimalkan kinerja dari Flashdisk juga dapat merawat semua komponen yang terlibat.

Sumber : https://www.nesabamedia.com/

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …