Iklan Baris : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Iklan Baris

Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya - Siapa yang tidak kenal dengan namanya iklan. Contohnya bisa kita temukan dalam koran, majalah, televisi, dan media lainnya.

Menurut bentuknya kita bisa membaginya menjadi dua jenis yakni iklan kolom dan baris. Keduanya tentu memiliki perbedaan signifikan jika melihat ciri-ciri, definisi, dan manfaatnya. Nah, dalam artikel kali ini kita akan memfokuskan pembahasan hanya pada jenis iklan baris saja.

Biasanya penerbit koran akan menampikan iklan baris secara penuh dalam satu halaman. Ketika dibangku sekolah, materi iklan baris ini pernah diajarkan dengan pembahasan lengkap mengenai pengertian iklan baris, ciri ciri iklan baris, jenis jenis iklan baris, dan contoh iklan baris.

Baca juga : Pengertian Teks Berita, Struktur, Contoh dan Ciri-Ciri Teks Berita

Dalam bahasa Indonesia terdapat iklan atau pariwara secara formal yang dapat diartikan sebagai berbagai bentuk pesan promosi sebuah benda melalui media yang disampaikan kepada masyarakat dengan biaya sponsor.

bentuk iklan barus

Benda yang disampaikan kepada sebagian besar masyarakat dapat berbentuk jasa, ide, barang ataupun produk jadi. Dalam bahasa Inggris terdapat istilah iklan baris yang berarti Classcified Advertising dengan makna cara mempromosikan jasa atau barang dalam koran. 

Jenis iklan tersebut merupakan promosi iklan yang dikembangkan untuk menunjukkan daya tarik informasi dan gambat dalam bentuk teks secara detail atau lengkap.Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian iklan baris, ciri ciri iklan baris, jenis jenis iklan baris dan contoh iklan baris. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh Iklan Baris

Hampir setiap hari kita selalu berinteraksi dengan apa itu iklan baik saat menonton tv, membaca surat kabar, atau bahkan mengakses sosial media. Secara garis besar iklan memang sudah melekat dalam keseharian masyarakat sebagai media promosi masif.

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi yang membahas jenis iklan baris ketika berada di bangku sekolah menengah. Cakupan materi yang sedikit harusnya tak membuat siswa kewalahan karena semua itu sudah tertulis rapi di buku pedoman bahasa. Di lain sisi, guru pun akan menyampaikan setiap aspek mulai dari definisi iklan baris, jenis, ciri-ciri, dan contoh iklan baris ketika mengajar.

Tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa ternyata masih ada beberapa siswa yang kesulitan menguasai materi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya frekuensi pertanyaan menyangkut setiap aspek di atas. Padahal dalam beberapa kesempatan sering kali kita diminta untuk membuat contoh iklan baris singkat.

Baca juga : Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Lengkap Dengan Contohnya

Apa Itu Iklan baris?

Apa yang dimaksud iklan baris itu?

Apa saja ciri cirinya?

pertanyaan ini sering terdengar keluar dari mulut siswa. Secara garis besar jenis iklan satu ini sering muncul di surat kabar karena dinilai menghemat biaya berkat penggunaan kata yang terbatas. Jadi saat membuat iklan baris memang harus singkat dan tak boleh panjang.

Pengertian iklan baris adalah penawaran jasa atau barang yang mengarah pada khalayak ramai agar tertarik dan terbujuk untuk membelinya. Bentuk iklan ini memang sangat terbatas karena hanya beberapa baris dalam kolom saja serja penulisannya menggunakan singkatan agar biaya dan tempatnya lebih hemat. Letak iklan ini hanya terdapat dilembar khusus dengan baris dan kolom sangat terbatas sehingga lebih murah dibandingkan iklan lainnya.

Informasi yang terkandung dalam iklan baris biasanya hanya membutuhkan beberapa baris saja. Syarat iklan baris dalam koran biasanya hanya memiliki minimal 2 – 3 baris saja, kemudian disertai dengan alamat, nomor telepon dan hal hal lain. Tempat iklan baris ini disesuaikan dengan isinya sehingga tergolong berkelompok.

Selain itu dalam iklan tersebut tidak mengandung gambar di dalamnya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai ciri ciri iklan baris, jenis jenis iklan baris dan contoh iklan baris yaitu sebagai berikut:

Ciri-Ciri Iklan Baris

Dari pengertian di atas harusnya kita sudah bisa menebak apa saja karakteristik dari jenis iklan satu ini. Bahkan ciri-ciri iklan baris sebenarnya sudah tercantum di buku pedoman bahasa indonesia. Hanya saja siswa malas membaca dan lebih memilih untuk mencarinya langsung di internet.

Pada dasarnya mempelajari contoh iklan baris secara langsung merupakan metode terbaik untuk menganalisa karakteristiknya. Tapi pada sesi ini saya akan langsung membagikan ciri-ciri iklan itu sendiri agar kalian memiliki gambaran sebagai pengenalan awal.

Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa ciri khas di bawah:

  • Hanya terdiri dari informasi penting sehingga minimal memiliki 2 – 3 baris secara singkat dalam penulisannya.
  • Dikategorikan dalam segi kelompok karena disesuaikan dengan jenis jasa atau barang yang ditawarkan seperti rumah, jasa, mobil, tanah.
  • Tidak membutuhkan ilustrasi grafis.
  • Memiliki opini dan fakta iklan.
  • Pemasangan iklan biasanya murah karena tempat pada surat kabar yang dibutuhkan cukup kecil.
  • Menggunakan singkatan dalam bentuk kalimat pendek, namun terkadang juga disertai dengan gambar yang tidak berwarna dan sangat kecil ukurannya.
  • Terkadang disertai dengan nomor telepon sehingga dapat dihubungi.

Jenis Iklan Baris

Tanpa kita sadari sebenarnya iklan baris bisa kita bagi menjadi beberapa kategori berdasarkan tujuannya. Aspek inilah yang terkadang kalian lewatkan sehingga saat guru meminta membuat contoh iklan baris maka terasa sangat sulit.

Memahami berbagai jenis iklan baris bisa membantu kalian menentukan tujuan penulisan. Apakah promosi ditulis untuk mencari barang, menawarkan, bersifat menjual, ataukah memberi lowongan pekerjaan.

Baca juga : Pengertian Teks Iklan, Contoh, Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Jika kalian masih bingung maka simaklah beberapa macam iklan baris di bawah:

  • Iklan penawaran (barang/jasa) ialah iklan yang berisi penawaran barang atau jasa.
  • Iklan pencarian ialah iklan yang berisi informasi terkait pencarian.
  • Iklan penjualan ialah iklan yang mengandung informasi barang untuk dijual.
  • Iklan lowongan ialah iklan yang berisi informasi lowongan kerja bagi para pekerja.

Contoh Iklan Baris

Secara garis besat kita dapat menjumpai contoh iklan baris singkat di berbagai media cetak khususnya koran. Penerbit pun biasanya akan menempatkannya pada halaman khusus yang memang berisi promosi barang, jasa, dan lowongan.

Dalam beberapa kesempatan guru pun juga akan meminta siswa membuat contoh iklan baris dengan tema berbeda. Misalnya iklan promosi jual barang, mencari barang, ataupun iklan lowongan kerja yang notabenya memiliki format berbeda.

Maka dari itu, sebagai bentuk pembekalan saya ingin memberikan beberapa contoh singkat yang dapat kalian pakai sebagai referensi di bawah:

  • Cari calon guru B. Indonesia Llsn S1/S2 syrt : ikut CPNS hub. Gina 087678272234
  • Dijual cepat, Mio Honda Beat 125 cc, barang mls, pajak hidup harga nego 12 jt. Hp : 081271677156
  • Btg Sgr Sales Pria Pny motor B’sedia kluar daerah Max 35 Th Lmr ke CV Doni Indah Perkasa .Smg Pondok Indah Blok A6 No.4
  • Dcri ART cewek, max 30 thn, min 18 thn, gaji besar, krj enak, minat hub : 0892 2788 1234

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian iklan baris, ciri ciri iklan baris, jenis jenis iklan baris dan contoh iklan baris. Iklan baris merupakan penawaran jasa atau barang yang mengarah pada khalayak ramai agar tertarik dan terbujuk untuk membelinya.

Semoga Bermanfaat!

Next Post Previous Post