Pengertian Flashdisk, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan FlashDisk

Pengertian Flashdisk, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan FlashDisk - Flashdisk yang biasanya sering disebut dengan USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk merupakan sebuah perangkat keras dengan bentuk yang berbeda-beda. Biasanya Flashdisk digunakan untuk alat penyimpanan data atau juga untuk menginstal sistem operasi.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang Pengertian Flashdisk dan Fungsinya.

Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian Flashdisk

Flashdisk adalah alat penyimpan data atau file yang berupa nand. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen Flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk. Hal ini disebabkan karena Flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik.

Baca juga : Pengertian Modem Beserta Fungsi dan Jenis-jenis Modem

Umur Flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal). Tips buat anda penggunaan Flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan Flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke Flashdisk. Pencabutan Flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur Flashdisk karena hubungan baca atau tulis antara komputer dan Flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen Flashdisk) dapat dicegah.

Fungsi Flashdisk

Flashdisk berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tapi sebenarnya ada manfaat flash disk lain yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna. Berikut adalah 10 cara Anda bisa memperoleh manfaat flashdisk drive USB untuk melakukan hal lain lebih dari sekedar hanya menyimpan dan memindahkan data.

Selain menyimpan data, Anda dapat menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel. Anda dapat mengunjungi alamat ini; PortableApps.com untuk melihat program apa saja yang bisa dijalankan lewat flash disk drive. Anda bahkan bisa menginstal seluruh aplikasi yang mencakup hal-hal seperti pemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari Flashdisk ini.

Baca juga : USB (Universal Serial Bus) : Pengertian, Fungsi, dan Karakteristik USB

Kelebihan dan kekurangan Flashdisk

Kelebihan Flashdisk

Berikut beberapa kelebihan dari flashdisk antara lain :

1.   Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.
2.   Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang simple.
Sebuah flashdisk dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaanya tepat. Cara penggunaan yang saya maksud disini ialah menghindari pencabutan flashdisk secara paksa karena dapat menyebabkan data yang disimpan dan ditulis flashdisk menjadi rusak, sehingga data pada flashdisk tidak dapat dibuka lagi.
Pengguna flashdisk disarankan melakukan pencabutan flashdisk dengan cara aman, dan ini akan sangat berpengaruh pada umur flashdisk karena hubungan baca/tulis yang terjadi antara komputer dan flashdisk sudah diamankan terlebih dahulu dan arus pendek listrik yang dapat merusak komponen – komponen flashdisk dapat dicegah. 
3.   Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun.

Kekurangan flashdisk

Berikut beberapa kekurangan dari flashdisk antara lain :

1.   Mudah hilang karena ukurannya yang kecil
2.   Saat terletak di dalam kantong pada baju atau celana ada kemungkinan terendam air saat anda lupa mengeluarkannya dari saku tersebut.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Flashdisk dan Fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Next Post Previous Post