Pengertian Ferrite Bead (Batang Ferit) Beserta Fungsinya

ferrite bead

Pengertian dan Fungsi Ferrite Bead pada Kabel – Ferritte Bead merupakan salah satu jenis komponen elektronika pasif yang memiliki bentuk silinder dan umumnya dipasangkan mengelilingi kabel USB, kabel pengisi baterai/laptop, kabel monitor dan kabel printer. Fungsi ferrite bead pada kabel-kabel tersebut adalah untuk meredamkan noise frekuensi tinggi dalam suatu rangkaian atau perangkat elektronik. Yang dimaksud dengan noise adalah sinyal-sinyal yang tidak diinginkan atau sinyal gangguan yang terjadi dalam suatu rangkaian elektronik.

Sesuai dengan namanya, ferrite bead terbuat dari bahan yang dinamakan dengan Ferrite (ferit) yaitu senyawa campuran yang dibuat padat dengan bahan dasarnya yaitu bubuk besi oksida (iron oxide). Ada juga ferit yang dicampur dengan bubuk lain seperti nikel, seng (zinc), manganase dan magnesium. Bubuk besi oksida dan bubuk campuran lainnya diproses melalui pemanasan suhu tinggi dan tekanan tinggi sehingga menjadi padat dan berbentuk batangan maupun silinder seperti ferrite bead yang sedang kita bahas kali ini. Ada juga yang menyebut ferrite bead sebagai ferrite choke.

Seperti yang kita ketahui, ketika arus listrik melewati suatu konduktor (Kabel Listrik) akan menghasilkan Electromotive Force (EMF) atau energi radio. Konduktor atau Kabel listrik tersebut akan mengalihkan  energi radio ini keluar dalam bentuk Noise yang dapat menganggu perangkat elektronik lain yang berada dekat dengannya.

Contoh gangguan tersebut dapat berupa suara radio yang bising ataupun tidak dapat menyetel dengan tepat saluran frekuensi yang diinginkan. Selain menyebabkan gangguan pada perangkat lainnya, energi listrik akan terbuang dalam bentuk radiasi dan menyebabkan berkurangnya pasokan listrik ke baterai atau perangkat yang terhubung pada kabel tersebut sehingga meningkatkan waktu pengisian listrik pada Baterai.

Ferrite Bead memiliki kemampuan untuk menghentikan dan memblokir emisi gelombang radio yang terjadi pada kabel listrik sehingga tidak terjadi pengurangan pasokan listrik pada pengisian listrik pada baterai ataupun menganggu perangkat lainnya di sekitarnya.

Ferrite Bead yang kita lihat pada kabel listrik dengan ukuran yang agak besar sebenarnya hanya salah satu jenisnya, ada juga Ferrite Bead yang berukuran kecil yang terpasang pada internal rangkaian atau internal perangkat elektronik

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …