Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi – Paragraf argumentasi ialah suatu jenis paragraf yang bersifat mengemukakan pendapat dengan disertai alasan yang berpengaruh berdasarkan data atau fakta yang ada. Pengertian paragraf argumentasi intinya berbeda-beda berdasarkan para ahli, sebagian menyampaikan bahwa paragaraf argumentasi ialah sebuah paragraf yang bersifat meyakinkan pembaca dan mempengaruhi pembaca dengan gosip yang ada dalam paragraf, sebagian lagi beranggapan bahwa paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf yang berisikan pendapat yang didasari oleh fakta dan data yang ada tanpa tujuan mempengaruhi pembaca.

Contoh paragraf argumentasi umumnya sanggup kita temui dengan gampang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk cetak atau tulisan. Ketika kita saling berbincang beropini antar sesama dengan memakai bahasa yag terkesan argumentatif maka perbincangan tersebut sudah termasuk dalam referensi paragraf argumentasi secara lisan.

Dalam dunia pendidikan, paragraf argumentasi sanggup kita temukan dengan gampang di jenjang sekolah menengah bawah hingga atas. Pengertian dan referensi paragraf argumentasi menjadi materi yang harus dikuasai oleh siswa siswa sekolah lantaran materi ini kerap kali dijadikan sebagai materi untuk ujian.

Paragraf argumentasi ialah suatu jenis paragraf yang bersifat mengemukakan pendapat deng Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Namun sesungguhnya apa pengertian paragraf argumentasi? apa referensi paragraf argumentasi dalam kehidupan sehari-hari? Untuk menjawab pertanyaan tersebut marilah kita simak artikel dibawah ini. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam ihwal pengertian, ciri dan referensi paragraf argumentasi secara lengkap.

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pada dasarnya paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf biasa ibarat pada umumnya yang mengandung pendapat dan disampaikan dengan bahasa argumentatif. Sebenarnya tanpa melihat klarifikasi pun anda sanggup mencicipi secara pribadi ibarat apa paragraf argumentasi saat anda sedang beropini atau berargumen.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Pengertian paragraf argumentasi ialah paragraf yang mempunyai gagasan utama berupa pendapat dan dikembangkan berdasarkan penjabaran, bahasan, ulasan maupun wangsit pribadi dari sang penulis. Umumnya paragraf ini bertujuan untuk meyakinkan dan mempengaruhi pembacanya semoga mempunyai argumen atau pendapat yang sama dengan penulis.

Umumnya pragraf ini disampaikan dengan memperlihatkan fakta nyata dan akurat ibarat data, hasil dari penelitian, teori pakar dan ahli, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menguatkan pendapat atau argumen pada paragraf tersebut sehingga tidak terkesan ibarat omong kosong belaka. Ketika pembaca sudah mengetahui fakta dan data maka secara perlahan mereka akan merasa yakin dan satu aliran dengan apa yang telah disampaikan pada paragraf tersebut.

Kerap kali orang salah mengartikan antara paragraf eksposisi dan paragraf argumentasi. Memang sekilas kedua paragraf tersebut mempunyai kesamaan yakni sama sama mempunyai data yang nyata berdasarkan fakta yang ada. Namun secara penggunaan dan fungsi keduanya jauh berbeda. Paragraf eksposisi bertujuan untuk memaparkan atau memperlihatkan klarifikasi saja, sedangkan paragraf argumentasi memakai klarifikasi tersebut untuk mempengaruhi pendapat pembaca semoga sejalan dengan argumentasi kita.

Jika anda masih merasa gundah mengenai perbedaan paragraf eksposisi dan paragraf argumentasi maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Sebuah paragraf sanggup dikatakan sebagai paragaraf argumentasi kalau mempunyai ciri-ciri dibawah ini:

  1. Berisi argumen, pandangan, pendapat dan keyakinan ihwal suatu permasalahan.
  2. Menggunakan data yang bersifat faktual atau fakta.
  3. Mengedepankan analisa dan kebijaksanaan dalam melaksanakan penjabaran.
  4. Memiliki kalimat epilog atau kesimpulan sebagai kalimat penegas. 

Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Berdasarkan topiknya paragraf argumentasi sanggup dibedakan menjadi dua jenis yakni paragraf argumentasi alasannya ialah akhir dan paragraf argumentasi akhir sebab.

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Seperti judulnya paragraf ini selalu diawali dengan pendapat berupa penyebab dari sebuah permasalahan. Penyebab ini akhirnya akan menghasilkan sebuah akibat, akhir inilah yang nantinya akan menjadi kesimpulan.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Berbeda dengan sebelumnya, paragaraf ini mempunyai susunan terbalik yakni dimuali dengan pendapat berupa akhir suatu permasalahan. Dari akhir ini akan dianalisa dan menghasilkan alasannya ialah sebab.

Contoh Paragraf Argumentasi

Dikarenakan paragraf ini terbagi dalam dua jenis maka saya akan memperlihatkan referensi dari masing-masing jenis tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat

Tingkat pendidikan di Indonesia masih snagat tertinggal jauh kalau dibandingkan dengan Negara lain. Tidak perlu mencari referensi jauh-jauh, Bahkan dengan Negara tetangga ibarat Singapura dan Malaysia, Negara kita masih tertinggal jauh dalam bidang pendidikan. Hal ini sanggup kita lihat dari jumlah lulusan akademi tinggi yang terdapat di Negara tetangga sedangkan di Indonesia sendiri tingkat lulusan akademi tinggi masih sangatlah rendah. Umumnya lulusan akademi tinggi berasal dari tempat perkotaan dan megapolitan ibarat jakarta, semarang, dan yogyakarta. Sedangkan sangat jarang ditemui lulusan yang berasal dari tempat tertinggal ibarat NTB, NTT, Papua, dan kalimantan. Peristiwa ini disebabkan lantaran kurang meratanya pendidikan di indonesia. Selain pendidikan yang tidak merata, faktor ekonomi dan kesadaran rakyat akan pentingnya pendidikan bagi masa depan juga belum tumbuh. Terbatasnya pengajar profesional juga menjadi hambatan pendidikan di Negeri ini, selain itu pemerintah sendiri juga kurang memperhatikan fenomena ini. Jika kejadian ini terus berlangsung dari generasi kegenerasi maka akhirnya indonesia akan mengalami keterpurukan dan kalah bersaing dengan SDM dari luar negeri.

Contoh Kedua

Musim penghujan merupakan momok bagi sebagian warga yang tinggal di kota megapolitan ibarat jakarta. Betapa tidak, setiap demam isu penghujan tiba debit air di beberapa sungai selalu meningkat, kalau peningkatan ini terjadi setiap hari maka usang kelamaan air akan meluap. Ditambah dengan tumpukan sampah di sungai menyebabkan pendangkalan sungai semakin cepat terjadi. Jika pemerintah tetap tutup mata dengan kejadian ini maka air sungai yang meluap sanggup menyebabkan banjir. Tidak hanya itu, sampah yang ikut terbawa banjir juga sanggup menyebabkan penyakit pada warga sekita.

Contoh Paragraf Argumentasi Akibat Sebab

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam, Mulai dari tambang kerikil bara, hutan hujan hingga sektor maritim pada umumnya sanggup dimaksimalkan untuk mendongkrak pendapatan negara. Namun pada kenyataannya hampir setengah dari suber daya alam yang kita miliki telah dikuasai oleh investor asing. Peristiwa ini disebabkan lantaran kurangnya kemampuan Negara Indonesia untuk mengolah sumberdaya tersebut. Disamping itu faktor pengetahuan dan keterampilan pemerintah indonesia juga masih sangat kurang kalau dibandingkan dengan investor dari luar negeri.

Sekian artikel kali ini yang menjelaskan Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi yang sanggup saya sampaikan. Kesimpulan dari materi ini ialah paragraf argumentasi merupakan sebuah paragaraf yang bersifat memberikan pendapat dan mempengaruhi pembaca semoga satu pendapat dengan kita. Sedangkan referensi paragraf argumentasi intinya sanggup anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …