Niat Sholat Sunah Muthlak dan Tata Cara Mengerjakannya

Niat sholat sunnah muthlak

Niat Sholat Sunah Muthlak dan Tata Cara Mengerjakannya – Pada kesempataan kali ini kami akan berbagi mengenai lafadz niat shalat muthlak dan tata cara mengerjakannya, apa yang dimaksud dengan shalat Muthlak ?. Shalat sunnah Muthlak (Muthlaq) adalah salat sunah yang boleh dikerjakan pada waktu kapan aja dan tanpa harus ada sebab tertentu, kecuali pada waktu yang dilarang untuk mengerjakan shalat sunnah.

Misalnya seperti shalat dhuha yang hanya boleh dikerjakan pada waktu dhuha atau shalat sunah hajat yang dikerjakan apabila seseorang memiliki sebuah hajat tertentu atau keinginan agar dapat terkabul.

Shalat sunah mutlak yaitu shalat sunah yang tidak bersebab, bukan karena masuk kedalam masjid, bukan karena shalat Qabliyah atau Ba’diyah shalat fardhu dan lain sebagainnya. Shalat ini semata-mata shalat sunhah muthlak, kapan dan dimana saja dapat mengerjakan shalat ini asal jangan di waktu haram.

Baca juga : Niat Sholat Rawatib Qabliyah dan Ba’diyah

Waktu Yang Diharamkan Untuk Mengerjakan Shalat Sunnah

Berikut ini adalah waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan shalat sunnah, yaitu:

  • Waktu saat matahari sedang terbit, sehingga naik satu tombak atau lembing.
  • Ketika matahari sedang tepat di puncak ketinggiannya hingga tergelincir. kecuali pada hari Jum’at ketika orang masuk masjid untuk mengerjakan shalat Tahiyyatul Masjid.
  • Sesudah shalat Ashar sampai tergelincirnya matahari.
  • Sesudah shalat Subuh hingga terbit matahari agak tinggi.
  • Ketika matahari sedang terbenam sampai sempurna terbenamnya.

Niat dan Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Muthlak

Lafadz Niat Shalat Sunnah Muthlak

اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالٰى. اَللهُ اَكْبَرْ

Ushalli sunnatar rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar

Artinya : “Aku niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allaahu akbar.”

Mengenai tata cara mengerjakan shalat sunnah muthlak caranya sama seperti mengerjakan shalat sunnah pada umumnya. untuk lafadz niatnya seperti yang sudah disampaikan diatas. Mengenai banyaknya jumlah rakaat shalat sunnah muthlak tidak terbatas, berapa saja boleh asalkan sanggup mengerjakannya. dan untuk tiap-tiap dua rakaat diakhiri dengan satu salam.

Baca juga : Niat Sholat Hajat Lengkap dengan Terjemahnya

Demikianlah mengenai niat shalat sunnah muthlak dan tata cara mengerjakannya, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel tentang doa-doa lainnya dari doaharianislami.com, trimakasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …