Niat Sholat Hajat Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

niat sholat hajat

Niat Sholat Hajat Lengkap Beserta Latin Dan Artinya – Sholat Hajat adalah sholat sunah yang dikerjakan oleh seseorang karena orang tersebut mempunyai maksud, keinginan atau keperluan khusus dan berharap kepada Allah Swt supaya keinginan tersebut dapat dikabulkan oleh Allah Swt.

Kita sebagai manusia pasti memiliki keinginan, impian dalam menjalani kehidupan didunia ini. Bahkan seringkali keinginan yang kita miliki tidak hanya satu atau dua saja bahkan tidak bisa kita hitung dikarenakan keinginannya lain selalu muncul pada diri kita. Keinginan tersebut dari hal yang terkecil yaitu yang bersifat khusus pribadi sampai hal yang bersifat umum.

Namun terkadang keinginan yang kita raih tidak sesuai harapan kita, dan mempunyai banyak rintangan untuk menggapainya. Kita sebagai umat islam seharusnya tidak hanya berusaha dalam menggapai impian tersebut, tetapi juga harus berdoa kepada Allah Swt, supaya impian atau keinginan kita cepat dikabulkan oleh-Nya. Selain itu kita juga di disunahkan untuk mengerjakan sholat hajat supaya impian atau keinginan kita segera di kabulkan oleh Allah Swt.

Baca juga : Niat sholat witir beserta latin dan artinya

Untuk jumlah rakaat sholat hajat itu paling sedikt 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas. waktu mengerjakan sholat hajat bisa dikerjakan malam hari maupun siang hari, tapi lebih utama dikerjakan pada malam hari di waktu sepertiga malam. Cara mengerjakan sholat Hajat sama seperti sholat-sholat lainya, yang membedakan itu hanya niatnya ditujukan untuk mengerjakan sholat hajat.

Berikut ini adalah niat sholat sunnah hajat beserta latin dan terjemahnya.

Niat Sholat Hajat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Untuk suratan yang dibaca Afdhalnya pada rakaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.

Setelah selasai sholat hajat kemudian membaca dzikir dan wirid dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat Hajat. berikut ini adalah doa setelah sholat hajat.

Doa Setelah Sholat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: “Tiada Tuhan yang berak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan  rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.”

Baca juga : Niat sholat tahajud lengkap dengan latin dan artinya

Demikianlah mengenai bacaan niat sholat hajat dan doa setelah mengerjakan sholat hajat serta sedikit pembahasannya. sebaiknya kita tidak hanya sholat hajat satu kali saja, alangkah baiknya dilakukan setiap malam agar Allah Swt segera mengabulkan apa yang menjadi hajat atau keinginan kita. Aamiin

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …