Membaca Intensif dan Ekstensif - Pengertian, Karakteristik, Perbedaan dan Contohnya

Membaca Intensif dan Ekstensif - Bahasa Indonesia memiliki segudang materi dengan cakupan begitu luas. Metode cara membaca intensif dan ekstensif menjadi salah satu materi yang wajib dikuasai siswa. Skill tersebut selanjutnya akan menjadi modal awal yang dapat membantu kita menguasai seluruh pembelajaran dalam ilmu bahasa.

Berdasarkan KBBI, membaca dapat diartikan sebagai memahami dan melihat isi mengenai tulisan tertentu. Membaca adalah salah satu kemampuan berbahasa disamping menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Dalam bahasa indonesia kita mengenal dua metode baca yakni ekstensif reading, dan intensif reading. Tanpa kalian sadari, ternyata guru sudah mengajarkan materi tersebut bahkan semenjak masih di bangku SMP.

Baca juga : 28 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya

Tapi sebenarnya apa itu membaca intensif dan ekstensif?

membaca intensif dan ekstensif

Membaca memang bisa diartikan sebagai proses yang digunakan atau dilakukan pembaca untuk mendapatkan pesan dari media bahasa tulis yang ingin disampaikan penulis. Kemudian adapula pengertian membaca lainnya yaitu sebuah cara atau kegiatan untuk membina daya nalar.

Membaca bertujuan untuk memahami aspek kebahasaan dalam teks seperti frasa, paragraf, kata, wacana dan kalimat. Selain itu cara membaca juga dapat dibagi menjadi beberapa metode seperti metode intensif dan ekstensif.

Apa perbedaan metode membaca intensif dan ekstensif dalam bahasa indonesia?

Membaca Intensif dan Ekstensif

Umumnya membaca bertujuan untuk memahami pesan dalam teks, memperoleh petunjuk dari tugas atau pekerjaan, menentukan informasi penting, maupun menikmati bacaan secara kontekstual dan tekstual. Kita bisa membagi kegiatan ini menjadi dua jenis berdasar penuturan ahli yakni membaca intensif dan ekstensif.

Apa perbedaan antara keduanya?

inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa.

Sebenarnya materi yang membahas apa itu membaca intensif dan membaca estensif sudah mulai diberikan kepada siswa semenjak berada di bangku SMP. Berdasarkan Sulistianingsih dan Harras, metode tersebut dapat dikategorikan sebagai membaca pemahaman yaitu metode membaca yang memiliki tujuan untuk memahami norma atau standar kesastraan, drama tulis, pola fiksi dan resensi kritis.

Kedua jenis metode membaca ini pada umumnya berbeda satu sama lain. Perbedaan membaca intensif dan ekstensif tersebut dapat terletak pada pengertian ataupun tujuan di dalamnya.

Apa pengertian membaca intensif itu?

Apa pengertian membaca ekstensif?

Apa perbedaan metode membaca intensif dan ekstensif itu?

Baca juga : Pengertian Berpikir Kritis, Manfaat, Dan Cara Berpikir Kritis

Di bawah ini terdapat perbedaan membaca intensif dan ekstensif yaitu sebagai berikut:

Apa Itu Metode Membaca Intensif

Pengertian metode membaca intensif ialah cara membaca yang dilaksanakan dengan seksama. Teknik membaca ini dilakukan dengan cara membaca satu atau beberapa bahan bacaan yang tersedia.

Dengan teknik membaca ini, kemampuan membaca yang dimiliki dapat diasah atau ditumbuhkan menjadi lebih kritis. Untuk itulah teknik membaca ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian di dalamnya. Dengan ketelitian ini diharapkan isi bacaannya dapat dipahami dengan benar.

Membaca intensif bertujuan untuk memahami berbagai hal dalam bacaan yang disajikan. Maka dari itu cara membaca intensif ini dapat dilakukan dengan metode seperti berikut:

  1. Membaca masing masing kalimat dengan cermat, mulai dari awal sampai akhir bacaan.
  2. Mencatat permasalahan dan hal hal penting dalam bacaan.
  3. Merumuskan masalah yang didapatkan sebagai bahan diskusi. 

Apa itu Metode Membaca Ekstensif

Seperti yang telah kita ketahui bahwa perbedaan metode membaca intensif dan ekstensif tersebut dapat diperoleh dari segi pengertian serta tujuan di dalamnya. Membaca ekstensif dapat diartikan sebagai membaca yang dilakukan secara luas seperti membaca sekilas, membaca dangkal dan membaca survei. Membaca ekstensif bertujuan untuk memahami isi penting dalam bacaan dengan cepat.

Adapun cara melakukan metode membaca ekstensif yaitu:

  1. Menentukan topik dari berbagai media yang sama.
  2. Mengumpulkan beberapa bacaan yang sama topiknya.
  3. Membaca judul bacaan dengan sekilas.
  4. Membaca paragraf pertama dan terakhirnya. Biasanya masalah utama terletak di kedua paragraf tadi.
  5. Meneliti informasi yang disampaikan dalam bacaan melalui petunjuk lain secara sekilas.

Dari penjelasan mengenai pengertian membaca ekstensif ini dapat kita ketahui bahwa teknik membaca tersebut cukup luas. Setelah bacaan dibaca secara ekstensif, kemudian masalah yang akan dibahas tersebut akan ditemukan.

Langkah berikutnya yaitu menyimpulkan masalah yang sama dengan beberapa cara seperti berikut:

  • Masing masing masalah dalam berita di data sehingga masalah utamanya dapat ditemukan.
  • Masalah masalah tadi dibandingkan dan disimpulkan agar memperoleh persamaannya.

Dalam membaca ekstensif tersebut sebenarnya ada beberapa hal yang dicari seperti perbedaan dan persamaan informasi dengan topik sama dari beberapa teks serta memecahkan masalah menurut satu atau lebih bahan yang tersedia.

Baca juga : 23 Contoh Kata Serapan dan Penggunaan Dalam Kalimat

Perbedaan Metode Membaca Intensif dan Ekstensif

Setelah menjelaskan tentang pengertian membaca intensif dan pengertian membaca ekstensif di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan membaca intensif dan ekstensif seperti di bawah ini:

  • Berdasarkan pengertiannya yaitu intensif merupakan cara membaca yang dilaksanakan dengan seksama, sedangkan ekstensif merupakan membaca yang dilakukan secara luas.
  • Berdasarkan tujuannya yaitu intensif bertujuan untuk memahami berbagai hal dalam bacaan yang disajikan, sedangkan ekstensif bertujuan untuk memahami isi penting dalam bacaan dengan cepat.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan metode membaca intensif dan ekstensif lengkap. Selain perbedaan tersebut adapula penjelasan mengenai pengertian membaca intensif dan pengertian membaca ekstensif.

Next Post Previous Post