Keutamaan-Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan-Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia dan bulan yang selalu dirindukan oleh seluruh umat Islam diseluruh dunia. Bulan ramadhan juga sering disebut sebagai bulan seribu bulan.

Sesungguhnya Allah Swt mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak. berikut ini merupakan keutamaan-keutamaan yang terdapat pada bulan Ramadhan.

Keutamaan-Keutamaan Di Bulan Ramadhan

1. Bulan diturunkannya (permulaan) Al-Qur’an.

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al- Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu barang siapa diantara kamu hadir (dinegeri tempat tinggalnya) pada bulan ini. Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. (QS. Al-Baqarah : 185)

Baca juga : Sunah-sunah dalam puasa ramadhan

2. Pada bulan Ramadhan ditutup pintu neraka, dibuka pintu surga dan dibelenggunya setan.

Rasulullah saw bersabda yang artinya: “Dari Abu Hurairah ra Rasulullah saw bersabda: Pada bulan Ramadhan ditutup pintu-pintu neraka , dibuka pintu-pintu surga dan dibelenggu para setan. Selanjutnya Rasulullah bersabda: dan seorang malaikat akan berseru: Hai pecinta kebaikan, bergembiralah dan wahai pecinta kejahatan berhentilah. Demikian itu sampai Ramadhan berakhir. “(HR Ahmad dan Nasai dan sanadnya baik)

3. Dari bulan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya dapat menghapuskan kesalahan yang terdapat diantara keduanya.

Rasulullah saw bersabda yang artinya: Dari Abu Hurairah ra rasulullah saw bersabda: Shalat yang lima waktu, Jum’at ke Jum’at, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan kesalahan-kesalahan yang terdapat diantara masing-masing selama kesalahan besar dijauhi. (HR. Muslim)

4. Puasa pada bulan Ramadhan dapat menghapuskan dosa-dosanya yang telah lalu.

Rasulullah saw bersabda yang artinya: “Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra bahwa Nabi saw bersabda: Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengetahui batas batasnya dan ia menjaga diri dari segala apa yang patut dijaga, maka akan dihapuskan dosanya yang sebelumnya.” (HR Ahmad dan Baihaqi)

5. Orang yang berpuasa Ramadhan akan diampuni dosa-dosanya.

Rasulullah saw bersabda yang artinya: “Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan benar-benar mengharapkan pahala dari Allah maka diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan.

Rasulullah saw bersabda yang artinya: “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi)

7. Terdapat Malam Lailatul Qadar.

Kemuliaan bulan Ramadhan salah satunya dengan hadirnya malam lailatul Qadar malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam-malam terakhir dan ganjil pada bulan Ramadhan. Malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Allah Swt berfirman yang artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadr:1-3).

Baca juga : Niat Puasa Ramadhan lengkap dengan doa saat berbuka

Dengan mengetahui beberapa keutamaan yang terdapat pada bulan Ramadhan diatas tentunya dapat menambah semangat kita untuk menjalankan ibadah puasa dan memaksimalkan amalan-amalan ibadah lainnya sehingga serta lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sangat disayangkan jika bulan Ramadhan kita melewatinya begitu saja tanpa melakukan berbagai macam ibadah dan amal sholeh lainnya.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …