Keutamaan Hari Jum’at Lengkap Beserta Hadistnya

Keutamaan Hari Jum'at Lengkap Beserta Hadistnya

Hari jum’at merupakan hari yang paling mulia dan utama dari 7 jumlah hari yang kita kenal. Hari Jum’at juga merupakan satu-satunya hari yang tertera sebagai nama sebuah surat dalam Al-Qur’an yaitu surat Al-Jumu’ah yang merupakan surat ke-62 dalam Al-Qur’an.

Pada hari jum’at Allah Swt mengagungkan dan menghiasi islam di hari jumat pula Allah SWT memuliakan umat Nabi Muhammad Saw dengan hari Jum’at yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. berbagai keutamaan dalam hari jum’at seperti hari yang mustajab untuk berdoa, hari diampuni dosa-dosa, untuk mengetahui lebih banyak tentang keutamaan hari jum’at, berikut ini merupakan keutamaan hari Jum’at beserta hadistnya.

Keutamaan hari Jum’at beserta hadistnya

1. Hari Jum’at merupakan hari yang paling utama. Karena banyak peristiwa yang terjadi pada hari tersebut diantaranya adalah:

  • Allah Swt menciptakan Nabi Adam as dan mewafatkannya
  • Hari Nabi Adam as dimasukkan ke dalam surga
  • Hari Nabi Adam as diturunkan dari surga ke bumi
  • Hari akan terjadinya kiamat

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sebaik-baiknya hari yang terbit matahari padanya adalah hari jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu pula ia dimasukan kedalam surga dan pada waktu itu juga ia dikeluarkan dari padanya. Kiamat pun tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (H.R Muslim, Abu Dawud, An-Nasai dan Tirmidzi dan ia mensahkannya)

Dari Aus bin Aus ra ia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Hari yang paling utama ialah hari jum’at. Pada hari itulah adam diciptakan dan pada hari itu pula dicabut ruhnya, serta pada saat itu pula ditiup sangka-kala dan dimatikan semua manusia. Karena itu perbanyaklah membaca shalawat atasku, dan bacaanmu itu akan disampaikan kepadaku. Para sahabat bertanya: wahai Rasulullah bagaimana caranya bacaan shalawat itu disampaikan kepada Anda, padahal jazad Anda telah hancur luluh, Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah Azza Wajalla telah melarang bumi untuk memakan jazad para Nabi.”(H.R Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Nasai)

Baca juga : Kumpulan doa sehari-hari lengkap dengan artinya

2. Hari Jum’at adalah hari yang paling mulia dan merupakan penghulu dari semua hari

Dari abu Lubanah Al-Badri ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Penghulu sekalian hari adalah hari jum’at dan ia merupakan hari terbesar di sisi Allah swt, bahkan bagiNya ia lebih besar dari hari-hari Idul Fitri dan hari raya Idul Adha.” (H.R Ahmad dan Ibnu Majah dan menurut Iqari isnad disini adalah hasan)

3. Hari Jum’at adalah hari bagi kaum Muslimin.

Hari jum’at adalah hari berkumpulnya kaum muslimin didalam masjid-masjid untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta doa.

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

4. Orang yang membaca surat Al-kahfi di hari Jum’at maka ia akan diberikan cahaya diantara kedua Jum’at

Dari Abu said Al-Hudri bahwa Nabi saw bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka ia akan diberikan cahaya yang dapat meneranginya diantara kedua Jum’at (H.R Nasai, Baihaqi dan Hakim)

5. Dosa-dosanya diampuni antara Jum’at tersebut dengan Jum’at sebelumnya

Dari Salman Al-Farisi ra mengatakan bahwa Nabi saw bersabda: “Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari)

6. Hari Jum’at merupakan hari yang mustajab untuk berdoa

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw menyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah saw bersabda: Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

Dari Abu Said dan Abu Hurairah ra bahwa Nabi saw bersabda. Pada hari Jum’at ada suatu saat yang tidak ada seorang muslimpun memohon suatu kebaikan kepada Allah swt dan waktunya bertepatan dengan saat itu, melainkan pasti Allah akan mengabulkan permohonannya. Dan saat itu ialah sesudah Ashar. (H.R Ahmad)

Baca juga : Niat sholat jum’at lengkap beserta latin dan terjemahnya

Itulah beberapa keutamaan yang terdapat pada hari jum’at lengkap beserta haditsnya. oleh karena itu dengan mengetahui keutamaan-keutamaan yang terdapat pada hari jum’at kita sebagai kaum muslimin harus memanfaatkan hari jum’at dengan sebaik-baiknya seperti dengan memperbanyak ibadah.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …