6 Jenis Pantun, Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya yang Perlu Diketahui

Jenis Pantun Beserta Pengertian dan Contoh Pantun – Dalam Bahasa Indonesia pasti kita sering mendengar tentang karya sastra prosa dimana salah satunya ialah pantun.

Apa pengertian pantun itu?

Apa saja macam macam pantun?

Bagaimana contoh pantun itu?

Bagaimana ciri ciri pantun?

Pada dasarnya pantun memang tergolong dalam kategori puisi lama. Namun pantun tersebut berbeda dengan jenis puisi pada umumnya. Hal ini dikarenakan dari segi bentuk sendiri sudah berbeda. Apalagi dari segi isi dan unsur lainnya.

Jenis jenis pantun pada umumnya memang beraneka ragam. Untuk itulah contoh pantun tersebut juga banyak. Apa pengertian pantun itu? Pantun merupakan jenis puisi lama yang sampai sekarang masih terkenal. Bahkan ketika di bangku sekolah para siswa juga telah diajarkan mengenai materi pantun dalam ilmu Bahasa Indonesia.

Baca juga : Contoh Frasa Nomina Dan Frasa Verba yang Bisa Dipelajari dan Dipahami

Selain itu pantun tidak hanya dijadikan sebagai media pendidikan saja. Namun di stasiun televisi, pantun juga dijadikan sebagai program hiburan komedi maupun hiburan adat di masyarakat setempat. Untuk itulah macam macam pantun memang perlu kita pelajari.

pantun

Pada umumnya pantun dapat dibagi menjadi beraneka ragam tergantung bentuknya seperti pantun anak anak, dewasa, jenaka, teka teki dan sebagainya. Meskipun macam macam pantun tersebut banyak, namun ciri ciri pantun tersebut sama.

Pembelajaran mengenai materi pantun dapat menambah kreatifitas siswa untuk lebih berkembang saat melakukan interaksi dengan orang lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis pantun, pengertian pantun dan contoh pantun. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Pantun Beserta Jenis dan Contohnya

Sekarang ini pantun memang sangat terkenal sebagai puisi lama yang sering berguna untuk membuat acara semakin meriah. Kita sering menjumpai contoh pantun dalam acara lenong antara dua jawara.

Sebenarnya apa yang dimaksud pantun itu? Pengertian pantun ialah jenis puisi lama yang terdiri dari isi dan sampiran serta mempunyai empat bait. 

Materi yang sedikit banyak membahas tentang pantun pun bisa kita jumpai hampir di semua jenjang sekolah. Mulai dari sekolah dasar, SMP, hingga SMA sekalipun dengan tingkat kesulitan berbeda. Sayangnya beberapa siswa masih mengeluh tak bisa membedakan jenis pantun bahasa indonesia.

Ciri-Ciri dan Unsur Pantun

Pantun berdasarkan asal usulnya memang berasal dari bahasa Minangkabau yaitu kata “Patuntun” yang maknanya Penuntun. Selain itu pantun juga sering dinamakan dengan umpasa, parikan atau paparikan di masing masing daerah tertentu.

Baca juga : Jenis-jenis Prosa Lama dan Prosa Baru

Dalam pantun terdapat empat baris, dimana baris pertama dan kedua ialah sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat ialah isi. Sebelum membagikan jenis jenis pantun tersebut, saya akan menjelaskan beberapa ciri ciri pantun ini. Pantun memiliki beberapa ciri seperti di bawah ini:

  • Pantun memiliki empat baris.
  • Masing masing baris mempunyai 8 – 12 suku kata.
  • Pantun memiliki sampiran (dua baris pertama) dan isi (dua baris terakhir).
  • Mempunyai rima a – a – a – a atau a – b – a – b.

Jenis Pantun

Setelah menjelaskan tentang definisi pantun dan ciri ciri pantun di atas. Selanjutnya saya akan membagikan macam macam pantun beserta contoh pantun yaitu sebagai berikut:

Pantun Jenaka

Apa itu pantun jenaka?

Kita bisa mengartikannya sebagai jenis pantun yang mempunyai isi berupa lelucon atau jenaka menarik pada setiap lariknya. Tujuan pantun jenaka tak lain adalah untuk menghibur para pembaca dan pendengarnya.

Contoh Pantun Jenaka

Di bawah ini terdapat contoh dari pantun jenaka yaitu sebagai berikut:

Mangga muda tidak dibeli
karena rasanya asam sekali
Tidak ku sangka dia sendiri
Ternyata sudah ada 6 istri

Pergi berkebun petik alpukat
Alpukat dimakan sambil jalan
Tuan datang kian memikat 
Memikat dengan wajah rupawan

Pantun Percintaan

Jenis jenis pantun selanjutnya ialah pantun percintaan. Pengertian pantun percintaan ialah pantun yang berguna untuk menyatakan isi hati sendiri kepada orang lain. Pantun ini biasanya terkenal di kalangan remaja yang sedang kasmaran atau jatuh cinta.

Adapun contoh pantun percintaan yaitu meliputi:

Pergi kerja memakai batik
Kerjanya dengan hati bahagia
Kemarilah wahai adik cantik
Bersama abang ke KUA

Pantun Adat

Macam macam pantun selanjutnya ialah pantun adat. Pantun adat ialah pantun yang isinya tentang adat atau kebudayaan masyarakat.

Adapun contoh dari pantun adat yaitu:

Mangga madu manis rasanya
Mangga dimakan hati bahagia
Seribu pulau seribu budaya
Menjadi kebanggaan Indonesia

Pantun Peribahasa

Jenis jenis pantun selanjutnya ialah pantun peribahasa. Pengertian pantun peribahasa ialah pantun yang digunakan untuk petuah. Hal ini dikarenakan pantun sering bersanding dalam penyampaian peribahasa.

Adapun contoh pantun peribahasa yaitu:

Langit gelap semakin malam
Dengan selimut untuk menghangatkan
Air beriak tanda tak dalam
Air tenang menghanyutkan

Pantun Agama

Macam macam pantun selanjutnya ialah pantun agama. Definisi pantun agama ialah pantun yang berisi nasihat tentang keagamaan.

Adapun contoh dari pantun agama yaitu:

Pohon beringin daunnya rimbun
Lebat buah dan bunganya
Meskipun hidup seribu tahun
Jika tidak sembahyang apa gunanya

Pantun Teka Teki

Jenis jenis pantun selanjutnya ialah pantun teka teki. Pengertian pantun teka teki ialah pantun yang berisi pertanyaan agar jawabannya dapat ditebak oleh pembaca atau pendengarnya. 

Berikut contoh pantun teka teki yaitu:

Makan enak pakai rebung
Minum madu dari lebah
10 orang pakai satu payung
Mengapa satupun tak ada yang basah?

Demikianlah penjelasan mengenai jenis jenis pantun, pengertian pantun dan contoh pantun. Pantun merupakan jenis puisi lama yang mempunyai unsur sampiran dan isi di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi pantun di atas.

Next Post Previous Post