Jenis Jenis Teks Negosiasi Beserta Penjelasannya

Jenis-jenis Teks Negosiasi - Apa yang dimaksud dengan teks negosiasi? Apa saja ciri-ciri teks negosiasi? Apa saja unsur-unsur teks negosiasi? Apa tujuan teks negosiasi? Apa saja macam-macam teks negosiasi? semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kita bahas pada artikel ini.

Kegiatan tawar menawar tentunya pernah dilakukan oleh masing-masing manusia dengan manusia lainnya dalam aktivitas jual beli. Misalnya seperti pihak bank dengan pengusaha dan sebagainya.

Kegiatan tawar menawar tersebut dapat dinamakan dengan negosiasi. Teks negosiasi biasanya memiliki ciri utama yaitu menghasilkan keputusan dan mencari penyelesaian yang saling menguntungkan. Kemudian negosiasi dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh kata sepakat.

Ketika masih duduk di bangku sekolah tentu kita para siswa pernah diajarkan mengenai materi teks negosiasi. Dalam materi tersebut berisi berbagai pembahasan mulai dari pengertian teks negosiasi, unsur-unsur teks negosiasi, ciri-ciri teks negosiasi, jenis-jenis teks negosiasi dan tujuan teks negosiasi.

Baca juga : Contoh Teks Negosiasi Singkat Lengkap Dengan Strukturnya

Teks negosiasi sendiri merupakan sebuah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk memperoleh penyelesaian bersama dalam perbedaan kepentingan atar pihak yang bersangkutan. Penyelesaian ini diupayakan oleh pihak-pihak tadi dengan menggunakan dialog tanpa harus merugikan pihak lain.

teks negosiasi

Teks negosiasi bertujuan untuk menentukan butir-butir yang sama dan mengurangi perbedaan posisi antar pihak demi kesepakatan bersama untuk disetujuinya. Kegiatan ini dilakukan dengan cara masing-masing pihak memiliki wakilnya sendiri sebelum melaksanakan negosiasi.

Jenis-jenis Teks Negosiasi Beserta Penjelasannya

Apa itu teks negosiasi?

Teks negosiasi merupakan sebuah bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak dengan kepentingan berbeda untuk memperoleh kesepakatan bersama.

Berdasarkan KBBI, negosiasi dapat didefinisikan sebagai proses tawar menawar untuk menerima dan memberi perundingan antar satu sama lain demi kesepakatan bersama.

Negosiasi dilakukan oleh kedua belah pihak dengan masing-masing hak atas hasil kesepakatan yang ada. Pelaksanaan negosiasi ini memiliki hasil akhir yang disetujui oleh semua pihak yang terlibat.

Apa tujuan teks negosiasi?

Teks negosiasi bertujuan untuk memperoleh kesepakatan menggunakan persamaan persetujuan, persepsi dan pengertian. Selain itu juga bertujuan untuk menyelesaikan masalah bersama yang dihadapi dan menggapai keadaan yang saling menguntungkan (win win solution).

Baca juga : Pengertian Kalimat Imperatif, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh kalimat Imperatif

Dalam pelaksanaan teks negosiasi memang harus memperoleh persetujuan bersama demi hasil akhir yang berbentuk kesepakatan bersama. Setelah memahami apa itu negosiasi dan tujuan negosiasi, selanjutnya akan kita bahas mengenai ciri-ciri teks negosiasi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Ciri-ciri Teks Negosiasi

Berikut beberapa ciri-ciri teks negosiasi yang perlu anda ketahui :

  • Memberikan hasil kesepakatan yang saling menguntungkan
  • Ditujukan untuk tujuan yang praktis
  • Lebih memfokuskan pada kepentingan bersama
  • Sebagai sarana memperoleh penyelesaian

Tujuan Teks Negosiasi

Tujuan dari teks negosiasi yaitu untuk mencari jalan tengah dari suatu permasalahan dengan cara mencari kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Dengan begitu pihak satu dan pihak lainnya tidak saling merugikan. Pelaksanaan negosiasi tersebut yang paling utama adalah tidak mementingkan kepentingan diri sendiri sehingga harus mengutamakan kepentingan bersama.

Unsur-unsur Teks Negosiasi

Berikut unsur-unsur teks negosiasi yang harus anda ketahui sebelum membuat teks negosiasi.

  • Terdapat penawaran dan pengajuan
  • Terdapat partisipan
  • Tidak ada negosiasi apabila tidak ada kesepakatan
  • Kedua pihak memiliki perbedaan kepentingan
  • Terdapat kesepakatan atau persetujuan

Macam-macam Teks Negosiasi

Teks negosiasi sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya :

Berdasarkan Untung Rugi

Yang pertama ada teks negosiasi berdasarkan pada untung rugi. Menurut untung rugi tersebut teks negosiasi dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Negosiasi menghindari konflik yang artinya kedua belah pihak tidak melakukan kesepakatan dalam penyelesaian masalah karena menghindari konflik yang mungkin akan terjadi.
  • Negosiasi kolaborasi yang artinya negosiasi dilakukan dengan menggabungkan masing-masing kepentingan demi berupaya memperoleh sebuah kesepakatan.
  • Negosiasi akomodasi yang artinya negosiasi memberikan keuntunga bagi pihak lawan yang sangat besar, namun keuntungan bagi negosiator sangat sedikit dan bahkan dapat menjadi rugi.
  • Negosiasi dominasi yang artinya pemeroleh kesepakatan dapat memberikan keuntungan yang sangat besar, namun keuntungan bagi pihak lawan lebih sedikit.

Berdasarkan Situasi

Yang kedua ada teks negosiasi yang didasarkan pada situasinya. Menurut situasi, teks negosiasi dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Baca juga : Teks Tantangan : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan

  • Negosiasi formal dengan perjanjian sah secara hukum dalam pelaksanaan negosiasi.
  • Negosiasi informal atau non formal dimana perjanjian khusus tidak diperlukan untuk melakukan negosiasi sehingga dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Berdasarkan Jumlah Negosiator

Selanjutnya ada teks negosiasi yang didasarkan pada jumlah negosiatornya. Menurut jumlah negosiator, teks negosiasi dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Negosiasi dengan pihak penengah yang artinya negosiasi ini dilakukan oleh pihak penengah dengan dua atau lebih negosiator.
  • Negosiasi tanpa pihak menengah yang artinya negosiasi hanya dilakukan oleh dua atau lebih negosiator.

Next Post Previous Post