Jenis-jenis Prosa Lama dan Prosa Baru

Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru – Hasil karya sastra Indonesia memiliki beragam variasi. Karya tersebut dapat berupa imajinasi ataupun fakta yang berasal dari pengarang seperti prosa, pantun histori, puisi dan sebagainya.

Salah satu karya sastra Indonesia ialah prosa. Prosa dapat dibagi menjadi dua bentuk yaitu prosa lama dan prosa baru. Setiap bentuk prosa dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

Apa itu prosa lama?

Apa itu prosa baru?

Untuk jenis jenis prosa lama dengan jenis jenis prosa baru memiliki perbedaan. Pengertian prosa menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah sebuah karangan yang bersifat bebas serta tidak ada kaitannya dengan kaidah tertentu. Untuk jenis karangan dalam bentuk prosa memiliki sifat berkebalikan dengan puisi dalam hal pembuatannya.

Baca juga : Pengertian Majas Pleonasme Beserta Contohnya

Kata prosa berasal dari kata serapan bahasa Inggris yang berarti prose. Kata inilah yang memiliki makna yang cukup luas yaitu sekelompok tulisan non fiksi maupun karya sastra seperti artikel, esai, laporan dan lain lain.

prosa lama dan prosa baru

Penjelasan mengenai prosa dapat dilihat dari sudut sastranya yang memiliki makna lain yaitu wacana naratif atau narrative discourse, teks naratif atau narrative text, dan cerita fiksi atau fiction. Untuk pengertian prosa yang setingkat dengan arti rekaannya ialah sebuah karangan naratif yang memiliki sifat rekaan dan tidak betul betul terjadi.

Untuk karangan yang bersifat fiksi memiliki tokoh, latar dan peristiwa yang bersifat imajinatif. Hal inilah yang membedakannya dengan karangan non fiksi. Karena pada karangan non fiksi memiliki tokoh, latar dan peristiwa yang bersifat faktual dan empiris.

Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru

Seperti yang telah kita ketahui bahwa karya sastra Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah karya sastra prosa.

Apa yang dimaksud prosa itu?

Sudah saya jelaskan diatas bahwa prosa merupakan sebuah karya sastra yang berwujud tulisan bebas tanpa adanya ikatan dengan aturan pembuatan karyanya, misalnya diksi, rima, irama dan sebagainya.

Karya sastra prosa ini dapat dibagi menjadi dua bentuk yaitu prosa lama dan prosa baru. Kedua bentuk prosa tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis jenis prosa lama dan jenis jenis prosa baru beserta penjelasannya yaitu:

Prosa Lama

Bentuk prosa yang pertama ialah prosa lama. Prosa lama ialah suatu karya sastra yang pembuatannya belum ada pengaruh dari budaya barat. Dahulunya bentuk prosa lama ini berupa tulisan karena jaman dahulu belum ditemukan alat tulis menulis. Namun seiring berkembangnya jaman, karya prosa lama dapat berupa tulisan juga.

Baca juga : Contoh Kritik Sastra Beserta Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Pendekatannya

Dibawah ini terdapat jenis jenis prosa lama beserta penjelasannya.

Hikayat

Bentuk prosa lama yang pertama ialah hikayat. Hikayat ialah sebuah cerita yang berupa kehidupam para dewa, pangeran, raja, dewi dan sebagainya. Untuk cerita yang terdapat dalam hikayat ini memiliki sifat tidak masuk akal ataupun fiksi. Misalnya Hikayat Raja Bijak, Hikayat Hang Jebat, Hikayat Nabi Sulaiman, dan sebagainya. 

Tambo atau Sejarah

Jenis prosa lama selanjutnya ialah tambo atau sejarah. Sejarah ialah sebuah karangan prosa lama yang berupa kejadian kejadian tertentu. Untuk sejarah yang bersifat lama memiliki perbedaan dengan tulisan sejarah yang dibuat dimasa sekarang. Biasanya sejarah karya lama memiliki tambahan tambahan cerita yang membuat karangan menjadi lebih menarik. Sedangkan sejarah karya sastra sekarang lebih berisi kejadian kejadian yang sebenarnya dan dapat dibuktikan dengan fakta. Contoh sejarah prosa lama yaitu Sejarah Melayu yang dibuat pada tahun 1612 oleh Tun Sri Lanang.

Kisah

Bentuk prosa lama selanjutnya ialah kisah. Kisah ialah kategori prosa lama yang berupa cerita pendek. Pada umumnya kisah ini berisi tentang pengalaman, petualangan, ataupun perjalanan orang orang dulu. Contoh kisah prosa lama yaitu kisah perjalanan Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.

Dongeng

Macam prosa lama selanjutnya ialah dongeng. Dongeng ialah jenis prosa lama yang menceritakan tentang khayalan zaman dahulu. Prosa lama yang satu ini lebih populer dibandingkan jenis prosa lainnya. Untuk jenis jenis cerita dongengpun berbeda beda tergantung isi ceritanya. Berikut jenis dongeng:

Mitos

Mitos ialah cerita dongeng yang berisis tentang kepercayaan pada hal hal magis maupun alam ghaib. Misalnya : dongeng asal mula Kuntilanak, dongeng batu menangis, Ratu Pantai Selatan dan sebagainya.

Legenda

Legenda termasuk kedalam macam prosa lama kategori cerita dongeng. Legenda merupakan cerita dongeng yang berupa asal mula maupun riwayat mengenai sesuatu hal yang terjadi. Misalnya : Legenda Pulau Jawa, Legenda Candi Prambanan, dan sebagainya.

Fabel

Fabel termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Fabel ialah cerita dongeng yang berupa kisah kisah yang tokohnya berupa binatang. Dongeng fabel ini banyak digunakan oleh orang tua sebagai alat pendidikan anaknya. Misalnya : Kancil Yang Bijak, Kura Kura dan Kelinci, dan sebagainya.

Sage

Sage merupakan jenis dongeng yang berisi kisah keberanian, kesaktiaan seseorang ataupun kepahlawanan. Misalnya : calon arang, ciung wanara, Patih Gadjah Mada, dan sebagainya.

Pandir atau Jenaka

Jenaka merupakan cerita dongeng yang berupa kisah orang bodoh dengan nasib yang sial. Biasanya cerita jenaka ini bersifat lucu sehingga dapat menghibur para pendengar pendengarnya. Misalnya dongeng si pandir, dongeng abunawas, dan sebagainya.

Prosa Baru

Setelah menjelaskan tentang jenis jenis prosa lama di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang bentuk bentuk baru. Prosa baru ialah suatu karya sastra yang pembuatannya terdapat pengaruh dari budaya barat atau budaya asing. Awal mula munculnya prosa baru ketika prosa lama telah dianggap kuno.

Baca juga : Pengertian Cerita Rakyat, Ciri Ciri, Jenis, dan Unsur Cerita Rakyat

Dibawah ini terdapat jenis jenis prosa baru beserta penjelasannya:

Roman

Roman ialah prosa baru yang ceritanya berupa kisah seseorang dari lahir sampai meninggal. Jenis prosa ini menyuguhkan pembelajaran kehidupan secara menyeluruh dengan alur bercabang. Misalnya layar terkembang hasil karya dari Sultan Takdir Ali Syahbana.

Novel

Novel ialah jenis prosa yang ceritanya panjang. Novel tersebut berisi tentang kehidupan seseorang secara sebagian dengan berbagai bentuk konflik yang terjadi. Konflik inilah yang dapat merubah sikap dari tokoh ceritanya. Misalnya Novel Sang Pemimpi, Novel Ave Maria, Novel Ayat Ayat Cinta, dan sebagainya.

Cerpen

Jenis prosa baru selanjutnya ialah cerpen. Cerpen ialah jenis prosa yang banyak disukai, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Cerpen ini bercerita tentang pengalaman maupun kisal sebagian dari tokoh utamanya. Untuk jenis cerita cerpen dan novel memiliki perbedaan dalam hal konfliknya. Untuk konflik cerpen hanya satu saja dan ridak mengakibatkan perubahan sikap pada pemeran utama. Misalnya cerpen keluarga gerilya yang dibuat oleh Pramoedya Ananta, cerpen robohnya surau kami yang dibuat oleh A.A. Navis, dan sebagainya.

Riwayat

Macam prosa baru selanjutnya ialah riwayat. Riwayat ialah karangan prosa baru yang menceritakan pengalaman hidup seseorang dari lahir sampai meninggal yang berasal dari kisah nyata. Untuk riwayat ini biasanya berisi tentang kisah tokoh yang menginspirasi banyak orang maupun terkenal. Riwayat ini dapat dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu otobiografi dan biografi. Otobiografi merupakan sebuah kisah yang dibuat oleh tokoh yang memiliki kaitannya, sedangkan biografi ialah sebuah kisah yang dibuat serta ditulis oleh orang lain.

Kritik

Jenis prosa baru selanjutnya ialah kritik. Kritik ialah sebuah ulasan mengenai pandangan seseorag tentang karya maupun hasil kerja orang lain. Untuk kritik berupa asalan yang bersifat objektif, tertentu dan menghakimi.

Resensi

Resensi ialau prosa baru yang berupa ulasan sebuah karya seperti film, lagu, buku maupaun karya lainnya. Resensi ini memberikan penilaian mengenai tokoh, alur, tema, ataupun unsur lain yang menjadi pertimbangan pembaca maupun pendengranya.

Esai

Jenis prosa baru yaang terakhir ialah esai. Esai merupakan sebuah tulisan yang berisi pendapat penulis mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi dalam masyarakat.

Itulah jenis jenis prosa lama dan jenis jenis prosa baru yang dapat saya jelaskan. Prosa dapat diartikan sebagai salah sau bentuk karya sastra Indonesia yang terdiri dari prosa lama dan prosa baru.

Next Post Previous Post