Hukum Bacaan Izhar Syafawi dan Contohnya

Hukum Bacaan Izhar Syafawi – Mempelajari tajwid memang sangat asik, terlebih lagi ini akan membuat kita lebih terhindar lagi dari kesalahan dalam membaca Al-Qur’an. Dan yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah hukum dan contoh bacaan izhar syafawi. Izhar syafawi sendiri merupakan salah satu contoh bacaan mim sukun (mati) yang bertemu dengan huruf tertentu.

Dalam ilmu tajwid pada umumnya terdapat beberapa jenis hukum bacaan di dalamnya. Contohnya saja izhar syafawi, idgom bigunnah dan lain lain. Masing masing jenis bacaan tajwid tersebut tentunya berbeda karena karakteristik di dalamnya tidak sama.` Maka dari itu kita harus mengenal terlebih dahulu tentang beberapa jenis tanda baca dan hukum bacaannya.

Dalam artikel ini, sub kategori yang akan saya bahas adalah mengenai pengertian izhar syafawi, huruf-huruf izhar syafawi, dan contoh bacaan izhar syafawi berupa contoh singkat dan juga contoh yang ada dalam  ayat Al-Qur’an. Untuk yang belum paham banget dengan hukum bacaan izhar syafawi ini bisa disimak artikel ini sampai sekesai. Semoga saja bisa menambah pengetahuan Anda mengenai izhar syafawi.

Hukum Bacaan Izhar Syafawi dan Contohnya

Pengertian Izhar Syafawi adalah suatu hukum bacaan tajwid mim sukun yang cara membacanya harus dengan tegas dan jelas. Jadi, ketika menemui bacaan ini dalam Al-Qur’an, kita tidak boleh membacanya dengan berdengung atau samar-samar, melainkan harus dengan tegas.

Izhar berarti tegas atau jelas, sedangkan Syafawi berarti bibir. Jadi, arti dari Izhar Syafawi adalah membaca atau mengeluarkan huruf mim dari bibir harus dengan jelas.

Lalu, kapan kita akan bertemu dengan bacaan izhar syafawi?

Apabila ada mim sukun bertemu dengan semua huruf hijaiyah kecuali mim dan ba. Jadi, huruf bacaan izhar syafawi ini ada banyak sekali, karena hanya mim dan ba saja yang tidak termasuk.

Lihat huruf-huruf hijaiyah di bawah ini, yang tidak termasuk huruf izhar syafawi hanya mim dan ba. Lihat tandanya.

izhar syafawi

Sekarang sudah jelas kan mengenai pengertian dan macam-macam huruf izhar syafawi? Kalau masih belum, mungkin bisa ditanyakan melalui kolom komentar. Kalau sudah paham ya alhamdulillah.

Contoh Bacaan Izhar Syafawi

Setelah menjelaskan tentang hukum bacaan izhar syafawi di atas. Sekarang masuk ke contoh. Sekali lagi saya ingatkan, pokoknya kalau ada mim sukun bertemu dengan seluruh huruf hijaiyah kecuali mim dan ba maka dibaca jelas di bibir.

Contoh Izhar Syafawi

Untuk bentuk contohnya akan saya berikan yang versi singkatnya dan contoh yang ada dalam ayat Al-Qur’an.

contoh izhar syafawi

Dari contoh diatas bisa diperhatikan pada bagian yang ditandai merah. Pada contoh tersebut terdapat huruf mim sukun yang bertemu dengan huruf kaf dan dal, maka dibaca jelas.

Contoh Izhar Syafawi dalam Al-Qur’an

Sekarang adalah contoh yang ada dalam Al-Qur’an. Saya akan memberikan satu contoh saja yaitu pada Surah Al-Fatihah ayat 2, silahkan lihat di bawah ini.

contoh izhar syafawi

Dari contoh di atas yang diberi tanda merah berarti cara membacanya adalah dengan tegas dan jelas dalam bibir.

Mungkin hanya ini saja penjelasan mengenai hukum bacaan izhar syafawi, tepatnya pengertian izhar syafawi, huruf izhar syafawi, dan juga contoh izhar syafawi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …