Doa Ketika Bersin Dan Doa Ketika Mendengar Orang Lain Bersin Lengkap Artinya

doa ketika bersin

Doa Ketika Bersin dan Mendengar Orang Bersin – Pada kesempatan kali ini akan berbagi doa ketika bersin dan mendengar orang lain bersin. Bersin merupakan keluarnya udara dari dalam hidung dan mulut. bersin merupakan nikmat kesehatan karena dengan bersin berarti mengeluarkan bibit penyakit.

Beberapa penyebab bersin diantaranya karena alergi dan sedang sakit flu atau pilek. Bersin pada saat pilek tentunya sangat mengganggu, baik itu diri sendiri maupun orang lain karena terlalu sering bersin. meskipun bersin merupakan nikmat, tapi jika terlalu sering bisa mengganggu aktivitas.

Baca juga : Lafadz Niat Wudhu dan Doa Setelah Wudhu

Pada saat kita bersin juga mempunyai etika yang harus kita lakukan pada saat hendak bersin

1. Mengarahkan tangan kanan ke depan lubang hidung serta mengalihkan pandangan kita dengan membelakangi orang lain (jika keadaan ramai atau banyak orang).

Hal ini dilakukan agar ingus yang keluar tidak menyebar kemana-mana dan tidak terkena orang lain. alangkah baiknya jika menyediakan tisu atau sapu tangan pada saat bepergian.

2. Membaca doa. Sebagai seorang muslim pada saat bersin kita anjurkan untuk mengucap syukur kepada Allah Swt dengan berdoa, berikut ini adalah doa ketika sedang bersin dan  doa ketika mendengar orang lain bersin beserta artinya.

Doa Ketika Bersin

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Alhamdulillaah

Artinya : “Segala Puji Bagi Allah”

Doa diatas di baca jika diri sendiri yang bersin, kemudian jika kita mendengar orang lain bersin maka doanya adalah sebagai berikut.

Doa Ketika Mendengar Orang Lain Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ

Yarhamukalloh

Artinya: “Semoga Allah memberi rahmat kepadamu”

Lalu jika orang lain mengucapkan doa diatas (“yarhamukalloh”) kemudian kita membalas dengan doa dibawah ini, doa ini merupakan doa kedua atau doa sebagai jawaban kepada orang yang mendoakan kita.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum

Artinya : “Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu”

Maksud dari doa diatas adalah ketika kita bersin membaca “Alhamdulillah”, kemudian jika kita atau orang lain mendengar bersin membaca ” yarhamukalloh” (mendoakan orang yang bersin), lalu kita membalas/menjawab doa orang tersebut dengan membaca ” yahdikumulloh wa yashilu balakum” (sebagai balasan/jawaban doa untuk orang yang mendoakan kita).

Baca juga : Niat Tayamum dan Tata Cara Bertayamum yang Baik dan Benar

Semoga Doa ketika bersin dan mendengar orang lain bersin diatas bisa bermanfaat. dengan membaca doa diatas semoga Allah Swt, memberikan kesehatan bagi orang yang sedang sakit maupun orang yang mendoakan, selain itu dengan membaca doa tersebut kita juga mendapatkan pahala.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …