Doa Hari Asyura (10 Muharram) Lengkap Beserta Artinya

Doa Hari Asyura (10 Muharram)

Doa Hari Asyura (10 Muharram) – hari asyura merupakan hari ke 10 dalam bulan muharram yang merupakan bulan pertama dalam tahun Hijriyah (Kalender dalam Islam), arti kata Asyura sendiri ialah kesepuluh. Hari Asyura adalah hari yang mulia dan mempunyai banyak keutamaan didalamnya. Pada hari Asyura kita diajurkan untuk menambah amal ibadah dan disunnahkan untuk mengerjakan puasa Asyura.

Selain memperbanyak amal ibadah dan menjalankan puasa sunnah asyura kita juga perintahkan untuk memperbanyak sedekah, menyantuni anak yatim, memuliakan fakir miskin melebihi pada hari-hari biasanya dan kemulian, kita dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan berdoa.

Baca juga : Bacaan doa tolak bala lengkap beserta artinya

Doa Hari Asyura (10 Muharram)

اَللّٰهُمَّ يَامُفَرِّجَ كُلِّ كَرْبٍ وَيَامُخْرِجَ ذِى النُّوْنِ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاجَامِعَ شَمْلِ يَعْقُوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاغَافِرَذَنْبِ دَاوُدَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَا كَاشِفَ ضُرِّ اَيُّوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاسَامِعَ دَعْوَةِ مُوْسٰى وَهَارُوْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاخَالِقَ رُوْحِ 

مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ

وَيَارَحْمٰنَ الدُّنْيَاوَاْلاٰخِرَةِ وَاَطِلْ عُمْرِيْ فِيْ طَاعِتِكَ وَمُحَبَّتِكَ وَرِضَاكَ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَاَحْيِنِيْ حَيَاةً طَيِّبَةً وَّتَوَفَّنِيْ عَلَى اْلاِسْلَامِ وَاْلاِيْمَانِ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Allaaamumma yaa mufarrija kulli karbin, wa yaa mukhrija zhi-nuuni yauma ‘asyuuraa’, wa yaa jaami’a syamsil Ya’quuba yauma ‘asyuuraa’, wa yaa gafiira zhambi Daawuuda yauma ‘asyuuraa’, wa yaa kaasyifa dzhurri Ayyuuba yauma ‘asyuuraa’, wa yaa saami’a da’wati Muusaa wa Haaruuna yauma ‘asyuuraa’, wa yaa khaaliqa ruuhi Muhammadin shallallaahu ‘alaihi wa sallama yauma ‘asyuuraa’.

Yaa rahmaanad -dun-yaa wal-aakhirah, wa atil ‘umrii fii taa’atika wa mahabbatika wa ridhaka ya arhamar-raahimiin, wa ahyinii hayaatan tayyibataw wa tawaffanii ‘alal-islaami wal-iimaani yaa arhamar-raahimiin.

Wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadiw wa ‘alaa aalihii wa sahbihii wa sallam, wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

Artinya:”Ya Allah, wahai yang memberikan jalan keluar dari segala kesusahan, wahai yang mengeluarkan zun nun pada hari Asyura, wahai yang menghimpun semua keturunan Ya’qub pada hari Asyura, wahai yng mengampuni dosa Daud pada hari Asyura, wahai yang melengkapkan penyakit Ayub pada hari Asyura, wahai yang mendengar seruan Musa dan Harun pada hari Asyura, wahai yang menciptakan ruh Muhammad SAW pada hari Asyura.

Wahai Yang Maha Pemurah di dunia dan diakhirat, panjangkanlah usiaku dalam taat kepadamu, mencintaimu dan mendapat ridhamu wahai yang maha penyayang di antara pada penyayang. Hidupkanlah pula aku dalam kehidupan yang baik dan wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan Iman. Wahai yang maha penyayang di antara para penyanyang.

Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Baca juga : Kumpulan Doa Sehari-hari lengkap dengan artinya

Pada hari Asyura juga memiliki banyak peristiwa bersejarah diantaranya adalah Hari diciptakannya Nabi Adam dan hari tobatnya Nabi Adam, Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Judi, Nabi Idris diangkat ke surga, Nabi Ibrahim selamat dari apinya raja namrudz, Nabi Sulaiman diberikan kerajaan besar dan menguasai bumi, Nabi Musa selamat dari pasukan raja Fir’aun saat menyeberangi laut merah, Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus. dan tentunya masih banyak lagi peristiwa bersejarah lainnya di hari Asyura.

Semoga doa di atas sangat bermanfaat bagi kita semua.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …