Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Lengkap Dengan Strukturnya

Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Lengkap Dengan Strukturnya - Teks ulasan adalah sebuah teks yang didalamnya memuat tentang ulasan, resensi, review terhadap suatu karya seperti film, novel, buku, cerita, dan drama.

Dalam beberapa kasus teks ulasan juga sering digunakan untuk menilai berbagai jenis produk berupa barang. Teks ulasan sendiri memiliki tolak ukur baik dari segi kuantitas atau kualitas, kelebihan dan kekurangan, kebaikan dan keburukan dari hal yang diulas tersebut.

Pada dasarnya contoh teks ulasan film, novel, buku dan sebagainya sering kita temukan dengan mudah. Seperti halnya ulasan film laskar pelangi tahun 2008 silam atau habibie dan ainun.

Di dalamnya kita bisa menjumpai ulasan yang didasarkan atas pendapat pribadi tentang cerita di dalam film/buku tersebut. Review juga bisa muncul dalam bentuk trailer saja yang notabenya hanya memerikan sedikit cuplikan atau adegan dalam cerita.

teks ulasan

Jika hanya membaca pasti kita akan beranggapan bahwa menyusun contoh teks ulasan singkat sangalah mudah. Tapi anggapan ini tak sepenuhnya benar karena jenis teks satu ini memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang cukup kompleks.

Sama seperti jenis jenis teks dalam bahasa indonesia lainnya. Kalian akan dihadapkan dengan struktur, ciri-ciri, dan kaidah kebahasaan sebagai standar penulisan.

Baca juga : Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Lengkap Dengan Penjelasannya

Unsur-unsur semacam itulah yang terkadang membuat siswa kesulitan membuat review. Terlebih kita betul-betul harus memahami kandungan plot ataupun alur cerita secara keseluruhan. Karena tak mungkin kita hanya memberikan nilai baik buruknya tanpa menyebutkan unsur internal dan eksternal dari film, novel, ataupun buku.

Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Lengkap Dengan Strukturnya

Pernahkah anda membaca review suatu film sebelum menontonnya?

Pasti pernah, Review tersebut berisikan spoiler singkat tentang plot serta alur cerita dari film tersebut. Selain itu teks ulasan juga dibuat untuk memberikan nilai kualitas baik film, buku, maupun novel.

Dalam konteks pendidikan, materi teks ulasan sudah mulai diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku SMP. Pembahasan terkait struktur, kaidah kebahasaan, dan ciri-cirinya pun bisa kalian baca sendiri dari buku pedoman bahasa.

Pada beberapa kesempatan guru biasanya akan memberikan tugas untuk membuat ulasan tentang buku, novel, maupun karya lain. Inilah yang terkadang menjadi masalah karena tak semua siswa mampu menulis ulasan karena berbagai faktor.

Sebenarnya contoh teks ulasan singkat bisa kita jumpai bertebaran di internet. Situs IMDB, rotten tomatoes, dan the sinopsis misalnya yang memang dikhususkan untuk mereview kualitas film.

Apakah kalian sedang mendapat tugas untuk menyusun jenis teks satu ini? Jika iya maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Struktur Teks Ulasan

Penjabaran tentang struktur teks review ini sebenarnya sudah banyak sekali dibahas pada berbagai kesempatan. Bahkan dalam artikel sebelumnya pun saya sudah menjelaskannya secara detil. Namun saya akan memberikan penegasan ulang tentang struktur teks ulasan mengingat kita akan mempelajari setiap contohnya.

Langsung saja simak struktur teks review di bawah ini:

  • Orientasi: Orientasi merupakan struktur pertama teks ulasan yang berisi tentang pengenalan hal yang akan kita ulas.
  • Penafsiran: Penafsiran merupakan bagian dimana sang penulis mencoba berargumen dan mengemukakan pandangannya berdasarkan fakta fakta yang ada dan umumnya dilakukan dengan metode “comparison” atau perbandingan.
  • Evaluasi: Evaluasi merupakan bagian dimana penulis mengungkapkan hasil dari penafsiran yang dikemukakan berdasarkan perbandingan sebelumnya. Pada bagian ini penulis teks ulasan juga akan mencantumkan poin poin utama dan terkesan menonjol dari hal yang di ulas.
  • Kesimpulan: Kesimpulan merupakan rangkuman yang diperoles setelah melakukan ulasan. Umumnya penulis juga akan memberikan opininya pada bagian ini.

Kaidah kebahasaan teks ulasan

Menulis contoh teks ulasan singkat tidaklah semudah membalik telapak tangan. Kalian harus memperhatikan beberapa aspek penulisan untuk menyusun kalimat yang kohesif. Tak sedikit siswa yang gagal paham hingga akhirnya membuat review secara acak.

Meski bersifat subjektif dan gagasan pokok tiap kalimatnya berasal dari pemikiran pribadi. Tapi teks ulasan film atau novel harus kita tulis menggunakan bahasa baku yang sopan dan santun.

Sebelum mulai menyusun, alangkah baiknya kalian simak kaidah kebahasaan teks ulasan di bawah sebagai tambahan referensi:

  • Menggunakan sinonim dan antonim.
  • Istilah.
  • Memakai kata benda, kata kerja, dan preposisi, konjungsi.
  • Kalimat simpleks dan kompleks.
  • Memakai ungkapan perbandingan.

Untuk memahami kaidah kebahasaan dan struktur jenis teks satu ini maka siswa harus belajar dengan cara praktek. Kita bisa menganalisa beberapa contoh teks review di bawah ini sebagai permulaan.

Contoh Teks Ulasan Singkat Beserta Strukturnya

Banyak orang yang merasa kesulitan membedakan antara teks ulasan dan teks eksposisi. Hal ini disebabkan karena secara tidak langsung kedua teks tersebut memang memberikan informasi berupa review dan ulasan.

Namun pada dasarnya kedua teks ini sangat jauh berbeda. Teks eksposisi hanya bersifat memaparkan informasi secara umum saja. Jika anda masih merasa kesulitan membedakan kedua teks ini maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi.

Pada bagian di atas kita telah mempelajari setiap unsur teks ulasan. Unsur tersebut terdiri dari pengertian, sturktur, dan kaidah kebahasaan. Setelah kita memahaminya maka saatnya mengaplikasikan ilmu tersebut dalam konteks yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa contoh teks ulasan film, buku, novel dan sejenisnya yang dapat anda simak.

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan salah satu film yang dinobatkan menjadi film terbaik di Indonesia. Film ini diangkat dari sebuah novel karya Andrea Hirata yang merupakan cuplikan kehidupan nyata yang dialaminya ketika masih kecil. Awal kemunculan film ini pada tahun 2008 silam disambut penuh antusias oleh penggemarnya. Meskipun sebelumnya sebelumnya telah membaca novel dengan judul yang sama tersebut. Film besutan sutradara kondang Riri Riza dan produsen muda berbakat Mira Lesmana ini berhasil memikat mata Indonesia dengan kisah inspiratif yang terdapat dalam alur film ini.

Yang unik dalam film laskar pelangi ini adalah para pemeran utamanya dipilih langsung dari Belitong. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan kesan endemik dan tanpa menghilangkan citra asli dari film tersebut. Tokoh utamanya mencakup ikal, lintang, mahar, flo, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aktor asli dari daerah tersebut diharapkan mampu menambah kesan film terlihat natural. karena para pemain sudah terbiasa dengan logat bahasa dan gaya bicara di Belitong.

Baca juga : Contoh Resensi Novel Lengkap Dengan Unsur-Unsurnya

Film inspiratif ini menceritakan tentang sebuah persahabatan yang dijalin 10 orang siswa di sekolah dasar yang terisolir (SD Muhammadiah) yang terdapat di pulau Belitong. Pada mulanya memang sekolah tersebut terancam akan ditutup oleh pemerintah karena sudah tidak memiliki peminat lagi.

Namun berkat keinginan dan semangat kuat yang dimiliki kesepuluh siswa tersebut. Ditambah dengan perjuangan seorang guru yakni Bu Mus (Bu Muslimah) yang diperankan Cut mini sekolah tersebut tidak jadi ditutup. Selain menceritakan tentang persahabatan, laskar pelangi juga menceritakan kisah haru yang harus dialami oleh salah seorang murid tersebut yakni lintang. Ia merupakan bocah nelayan miskin namun memiliki kecerdasan yang tidak tertandingi. Sayangnya prestasi lintang terhalang oleh tanggung jawab dan kerja keras untuk menghidupi adiknya setelah bapaknya wafat di lautan.

Meskipun pemilihan dan latar film ini mayoritas bersifat outdoor atau di luar ruangan yang mengakibatkan kualitas suara dan gambarnya kurang jelas. Namun jika dinilai secara keseluruhan film laskar pelangi ini sangat bagus. Film ini memberikan dampak dan pengaruh besar pada penikmat film di Indonesia pasca pemutaran perdananya. Betapa tidak, masyarakat Indonesia yang notabennya tengah tergila gila dengan film horror, dan action ini langsung berbalik haluan dan memilih untuk meneyaksikan film reality ini. Disamping itu alur cerita yang terkesan unik, inspiratif, emosional dan menarik dikemas dengan finishing yang sangat baik oleh pemeran pemarannya. Ditambah dengan pemandangan keindahan alam pulau belitung pada era 90an silam menjadikan daya tarik tersendiri untuk menonton film ini.

Maka dari itu film ini sangat layak untuk dinobatkan menjadi salah satu film terbaik karya Indonesia yang akan dikenang sepanjang masa. Walaupun dirilis pada tahun 2008 silam, namun laskar pelangi merupakan sebuah film yang layak untuk ditonton secara berulang dan tidak lekang oleh waktu. Di tahun 2017 ini banyak yang masih menantikan kelanjutan maupun versi lain dari film laskar pelangi. Hal ini karena didalam film ini benar benar murni mempertontonkan cerita yang inspiratif tanpa ada unsur kekerasan, sara, dan parnografi. Dengan munculnya film ini diharapkan industri perfileman di tanah air dapat semakin maju dan tidak kalah dalam bersaing di kancah Internasional.

Struktur Ulasan Laskar Pelangi:

  • Orientasi: Terdapat pada paragraf pertama.
  • Tafsiran: Terdapat pada paragraf ke-2 hingga 3.
  • Evaluasi: Terdapat pada paragraf ke-4.
  • Kesimpulan: Terdapat pada paragraf ke-5.

Contoh Teks Ulasan Novel

Laskar pelangi merupakan novel best seller karya Andrea hirata yang diterbitkan oleh penerbit Bentang pustaka sekitar pertengahan tahun 2005 silam. Novel ini menceritakan kisah perjuangan dan persahabatan 10 orang siswa SD Muhammadiyah di belitong untuk tetap bersekolah dengan segala keterbatasan yang ada.

Kesepuluh anak ini bersekolah hingga kelas 3 SMP dan ditengah cerita dari novel ini, mereka mendapatkan teman baru bernama Flo yang merupakan murid pindahan dari sekolah tetangga. Keterbatasan yang mereka alami lantas tidak membuat mereka menjadi putus asa, malah segala keterbatasan yang ada tersebut berubah menjadi cambuk yang membantu mereka dalam menghadapi berbagai tantangan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah perlombaan dalam cerita, ketika sekolah sekolah lain mempertontonkan pentas seni berupa pertunjukan pawai, SD Muhammadiyah 1 ini mempersembahkan tarian adat daerah dengan kostum pakaian dari dedaunan seadanya. Meskipun tidak berhasil menjadi juara pertama, namun mereka cukup senang karena menjadi juara ketiga dari perlombaan tersebut.

Karena kisahnya yang inspiratif akhrnya novel laskar pelangi ini diangkat kedalam layar lebar dengan judul yang sama dan cerita yang sama pula. Akhir dari cerita ini bisa dikatakan sangat menyentuh. Ketika anak terpandai didalam kelas yang bernama Lintang yang merupakan sahabat dekat Ikal harus putus sekolah. Lintang harus menghidupi kedua adiknya yang baru saja ditinggal mati oleh ayah mereka. Setelah sekian lama akhirnya kedua sahabat ini bertemu kembali dengan keadaan yang telah berbeda dari sebelumnya. Dituliskan didalam surat yang dikirim dari paris bahwa Andrea Hirata telah berhasil menamatkan jenjang perguruan tinggi. Selain itu ia berhasil ke luar negeri sama seperti impiannya dulu. Sedangkan Lintang yang menerima surat tersebut ikut merasa senang dan akhirnya memberikan motivasi kepada kedua anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Secara garis besar contoh teks ulasan novel dan buku hampir sama dari segi struktur dan kaidah kebahasaan. Tak ada perbedaan signifikan kecuali pada genre dari objeknya. Setelah membaca review cerita di atas saya harap bisa menambah referensi dan membantu kalian menyusun teks ulasan dengan baik dan benar.

Nah itulah contoh teks ulasan tentang film, novel, dan buku singkat beserta strukturnya yang dapat saya sampaikan kali ini. Perlu kita ingat bahwa contoh teks ulasan tidak hanya membahas tentang novel dan film laskar pelangi semata. Namun masih terdapat banyak sekali contoh yang dapat kita temukan lagi.

Next Post Previous Post