Contoh Teks Prosedur Kompleks Lengkap Dengan Strukturnya

Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Lengkap Dengan Strukturnya – Teks prosedur adalah jenis teks yang sangat erat kaitannya dengan urutan langkah dan panduan. Materi tersebut juga sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

Teks prosedur kompleks merupakan satu dari beberapa jenis teks dalam bahasa indonesia yang memiliki tujuan untuk memberikan panduan atau prosedur tata cara untuk melakukan atau membuat sesuatu. Dalam Memahami teks prosedur kompleks tentunya kita juga harus melihat contoh teks tersebut. Barulah kita bisa melakukan analisa dan memahami teks prosedur lebih dalam.

Sebenarnya contoh teks prosedur kompleks singkat dapat dengan mudah kita temui di internet maupun dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan penggunaan prosedur kompleks tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita.

Seperti contoh pada saat kalian membeli komputer baru pasti akan ada buku panduan bagaimana cara mengoprasikannya. Panduan inilah yang menjadi contoh teks prosedur karena bersifat memberikan informasi sekaligus menjelaskan langkah prosedur.

Baca juga : Jenis Jenis Pola Pengembangan Paragraf Lengkap Dengan Contohnya

Contoh prosedur kompleks yang paling sering dijumpai umumnya berasal dari buku panduan resep masakan, yang notabennya memang menyediakan langkah-langkah kerja bagaimana cara membuat masakan, seperti contoh teks prosedur komplek cara membuat nasi goreng, cara membuat jus mentimun, cara membuat nasi liwet, cara membuat nasi uduk dan lain sebagainya.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Lengkap Dengan Strukturnya

Dalam konteks pendidikan materi satu ini mulai diajarkan pada siswa semenjak berada di bangku sekolah menengah. Cakupan pembahasan tentang definisi, kaidah kebahasaan, dan struktur teksnya pun bisa kita baca dari buku pedoman. Di lain sisi, guru pasti juga membahasnya secara mendalam mengingat jenis teks bahasa indonesia ini sering muncul sebagai butir soal ujian.

Sesuai judul diatas maka sekarang kita akan membahas tentang contoh teks prosedur kompleks singkat. Meski sebenarnya materi teks prosedur bisa kita dapatkan dari aktivitas sehari-hari. Tapi tak ada salahnya mencari bacaan baru untuk menambah referensi. Dengan memperhatikan contoh bacaanya kita akan mampu menganalisa dan memahami struktur teks prosedur kompleks tersebut.

contoh teks prosedur kompleks

Jika anda merasa kesulitan mencari contoh teks prosedur kompleks singkat dalam kehidupan sehari-hari maka saya akan memberikan contoh teks prosedur kompleks yang berhasil saya rangkum. Langsung saja kita menuju topik pembahasan tentang contoh teks prosedur kompleks bagaimana cara membuat jus mangga lengkap dengan langkah-langkahnya.

Kita semua pastinya sudah sangat familiar dengan yang namanya prosedur melakukan sesuatu. Bisa dibilang teks prosedur adalah tutorial tertulis yang berisi panduan dengan susunan sistematis.

Namun dalam keseharian kita tidak akan ditemukan struktur teks prosedur kompleks maupun komponen penyusun teks lainnya. Jika anda ingin menganalisa contoh prosedur kompleks beserta strukturnya silahkan simak beberapa teks di bawah.

Baca juga : Pengertian Kalimat Inversi dan Kalimat Versi Lengkap Dengan Contohnya

Prosedur dan Cara Membuat Jus Mangga

Jus adalah minuman yang bahan bakunya menggunakan buah segar. Jus sangat diminati karena dapat menyegarkan tenggorokan orang yang meminumnya. Apalagi di saat musim kemarau atau cuaca sedang panas dan terik maka jus akan menjadi pilihan untuk menyegarkan tenggorokan. Berikut adalah contoh teks prosedur tentang cara membuat jus.

Teks Prosedur Kompleks Membuat Jus

Untuk dapat membuat jus mangga maka anda harus menyiapkan bahan dibawah ini:

  • Buah mangga segar yang memiliki kualitas tinggi. saran saya adalah memilih buah mangga arum manis.
  • Gula pasir sebanyak 2.5 sendok makan. Jika anda penderita diabetes maka atur gula sesuai selera.
  • Air matang 410 ml.
  • Es batu atau es serut secukupnya.

Setelah semua bahan terkumpul kita dapat melanjutkan menuju prosedur pembuatan :

  1. Kupas dan cuci bersih buah mangga, lalu potong daging buah kecil-kecil.
  2. Langkah kedua campurkan daging buah tadi dengan air matang, gula dan es batu atau es serut kedalam blender.
  3. Haluskan bahan-bahan tersebut menggunakan blender.
  4. Setelah bahan tercampur hingga halus dan memiliki tekstur lembut maka tuangkan kedalam gelas dan Tambahkan hiasan atau toping sesuai selera.
  5. Dan jus mangga siap untuk dinikmati.

Teks Prosedur Kompleks Singkat

Pada dasarnya tak ada patokan resmi terkait contoh teks prosedur kompleks beserta strukturnya tak memiliki patokan tetap. Mengapa demikian? karena dari segi aspek alat dan bahan posisinya bisa diacak. Tapi yang jelas teks tersebut harus tetap memiliki judul yang merepresentasikan tujuan utama dan juga langkah prosedur.

Kita dapat membuat jus mangga super lezat dengan memanfaatkan bahan utama yakni mangga segar dan yoghurt. Untuk anda yang belum pernah mencoba maka anda dapat mencobanya dirumah:

  • Daging buah mangga segar seberat 300 gram.
  • Yoghurt plain sebanyak 50ml.
  • Gula pasir rendah kalori sebanyak 2.5 sendok makan.
  • Air dari Perasan Lemon Sebanyak satu sendok makan.
  • Es Serut 14-150 gram.
  • Air bersih sebanyak 100ml.

Setelah semua bahan terkumpul, kita dapat melanjutkan menuju prosedur pembuatan :

  1. Pertama masukkan semua bahan kedalam blender untuk dihaluskan.
  2. Nyalakan blender untuk menghaluskan semua bahan.
  3. Setelah semua bahan tercampur dan berubah tekstur menjadi lembut tuangkan kedalam gelas untuk dinikmati.

Prosedur memang banyak ditemukan dalam buku resep masakan. Namun selain cara membuat jus mangga diatas kita juga akan membaca tentang contoh prosedur kompleks tentang cara membuat makanan. Apakah makanan tersebut? tentu saja nasi goreng yang enak dan lezat. Berikut adalah prosedur dan resepnya.

Teks Prosedur Kompleks Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

Resep masakan menjadi salah satu contoh teks prosedur singkat yang dapat kita jumpai pada berbagai sumber. Baik itu buku masakan yang dijual di toko/mall maupun bersumber dari internet. Panduan cara memasak biasanya akan memberi informasi alat, bahan,dan prosedur. Ketiga aspek tersebut secara garis besar sudah memenuhi kriteria struktur teks prosedur kompleks.

Baca juga : Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya

Untuk dapat membuat nasi goreng jawa yang enak kita harus menyiapkan bumbu dan bahan sebagai berikut ini:

Bahan:

  • 400 – 60 gram nasi putih.
  • 1- 2 Butir Telur.
  • 3 hingga 4 sendok kecap manis.
  • 6 – 7 sendok makan minyak untuk menumis.
  • 2 – 3 sendok makan saus tomat.

Bumbu :

  • 3 hingga 4 siung bawang putih kupas.
  • 5 hingga 7 siung bawang merah kupas.
  • Cabai sesuai selera anda.
  • 1/2 sendok terasi.
  • Garap secukupnya saja.

Prosedur cara membuat:

  1. Setelah emua bumbu siap haluskant erlebih dahulu dengan alu, lalu panaskan minyak goreng dengan menggunakan wajan. Kemudian ceplok 1 butir telur dan jadikan telur orak arik hingga matang. Angkat telur tersebut lalu dinginkan
  2. Selanjutnya tumis bumbu kembali hingga berbau harum.
  3. Masukkan nasi putih dan aduk dengan bumbu secara merata.
  4. Setelah nasi dan bumbu tercampur merata lalu masukkan kecap manis, saus tomat dan telur yang sebelumnya telah kita siapkan tadi kemudian aduk kembali hingga merata.
  5. Angkat dan hidangkan nasi goreng dengan menambahkan mentimun dan tomat.

Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Sebenarnya tanpa mempelajari struktur resminya kita pun pasti bisa mengidentifikasi contoh teks prosedur singkat. Selama ada judul yang merepresentasikan tujuan, alat/bahan, dan urutan langkah maka bacaan tersebut termasuk prosedur.

Sayangnya tak semua siswa paham dan mengerti poin penting ketika diminta menjelaskan oleh guru. Akhirnya banyak yang asal-asalan saat menyusun teks itu sendiri. Apakah kalian salah satunya? tak perlu risau karena saya memiliki bacaan sebagai bahan latihan. Untuk menambah wawasan dan referensi maka simaklah contoh teks prosedur kompleks beserta strukturnya di bawah:

Cara Membuat Nasi Goreng Spesial

Selain cara membuat nasi goreng jawa di atas, anda dapat mmembuat nasi goreng spesial dengan cara di bawah ini.

Baca juga : Pengertian Kata Kerja Relasional Beserta Ciri Ciri, Jenis dan Contohnya

Bahan :

  • 2 hingga 3 piring nasi putih.
  • 3 hingga 4 siung bawang merah kupas.
  • 2 hingga 3 siung bawang putih kupas.
  • 2 hingga 3 buah cabai rawit sesuai selera, potong menyerong.
  • Saos tomat sesuai selera.
  • 1 Helai daun bawang.
  • 1 butir telur ayam.
  • 2 sendok minyak goreng.
  • Merica sesuai selera.
  • Garam dapur.
  • Udang, ayam, bakso sesuai selera.

Prosedur cara membuat:

  1. Tuang minyak goreng tadi ke dalam wajan lalu panaskan dengan api kecil atau sedang. Masukan bawang merah, bawang putih dan cabai yang telah dihaluskan sebelumnya hingga berbau harum.
  2. Masukkan campuran bahan ayam, bakso dan udang ke dalam wajan. aduk secara mmerata hingga matang.
  3. Masukkan telur dan buat menjadi orak arik hingga matang.
  4. Masukkan nasi putih lalu aduk hingga merata.
  5. Tambahkan kecap manis sesuai selera.
  6. Angkat dan hidangkan nasi goreng.

Contoh teks prosedur kompleks singkat pada dasarnya sangat mudah ditemukan. Hal ini disebabkan karena memang kehidupan manusia tidak akan pernah terlepas dari sebuah prosedur atau langkah dan cara. Untuk mengenali prosedur apakah itu tergolong prosedur kompleks atau tidak kita dapat melihat strukturnya yang terdiri dari Judul, alat dan bahan serta langkah kerja.

Itulah Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Tentang Cara Membuat Nasi Goreng dan Jus Mangga. Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa teks prosedur adalah teks yang memberikan pengarahan tentang cara membuat atau cara melakukan sesuatu.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …