10 Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Tercinta Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Tercinta Dalam Bahasa Indonesia – Pada zaman dahulu alat komunikasi jarak jauh antara satu orang ke orang lain tidak secanggih seperti sekarang ini. Media komunikasi jarak jauh tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan merpati ataupun surat. Surat sendiri sangat populer dimasa tersebut karena berisi ekspresi/perasaan penulis untuk orang lain.

Lantas apa yang dimaksud surat itu?

Surat ialah sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi atau ungakapan perasaan seseorang kepada orang lain. Surat tersebut berguna untuk alat bukti tertulis, pemberitahuan, gagasan/pemikiran, permintaan, bukti historis, pedoman kerja, dan alat pengingat.

Baca juga : Bagian Bagian Surat Pribadi Lengkap Dengan Penjelasannya

Surat dapat di bagi menjadi beberapa jenis yaitu surat resmi, surat pribadi, surat lamaran pekerjaan, surat dinas, dan surat niaga. Salah satu jenis surat yang sering digunakan ialah surat pribadi. Misalnya saja contoh surat pribadi untuk ibu tercinta, surat untuk sahabat. dan masih banyak lagi.

surat pribadi untuk ibu tercinta

Surat pribadi ialah jenis surat tertulis yang berisi informasi diri sendiri untuk orang lain dan tidak berkaitan dengan utusan maupun wakil lembaga resmi. Pembuatan surat pribadi berbeda dengan surat resmi. Perbedaannya terletak di bagian bahasa dan pola yang digunakan.

Untuk surat resmi menggunakan pola tertentu dan bahasa yang formal, sedangkan untuk surat pribadi tidak memerlukan pola tertentu dan bahasanya bebas. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh surat pribadi untuk ibu tercinta dalam bahasa Indonesia. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Tercinta Dalam Bahasa Indonesia

Dalam pembuatan surat pribadi harus tetap memperhatikan bahasa dan etika yang sopan. Terlebih lagi jika surat tersebut diberikan kepada orang yang lebih tua. Misalnya saja contoh surat pribadi untuk ibu tercinta ini. Pastinya harus menggunakan tata bahasa yang sopan. Sebelum mengirim surat, anda harus memperhatikan dua hal penting yaitu tujuan pemberian surat dan penerima surat tersebut.

Baca juga : 20 Contoh Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia

Untuk kategori penerima surat juga harus memperhatikan beberapa hal seperti hubungan pengirim dengan penerima surat (baru kenal, akrab atau tidak akrab), usia penerima surat, dan jenis kelamin penerima surat.

Kemudian adapula tujuan pemberian surat yang memiliki hal hal penting di dalamnya seperti merencanakan sesuatu, mengundang, mengajukan permohonan (berupa informasi maupun barang), memohon maaf, mengucapkan simpati dengan adanya musibah, menjawab undangan (baik menerima ataupun menolak), dan menyampaikan ucapan terima kasih.

Dalam menyusun contoh surat pribadi untuk ibu tercinta harus berpedoman pada kaidah yang belaku. Kaidah tersebut meliputi tata bahasa yang sopan dan menggunakan etika yang baik. Berikut beberapa contoh surat pribadi untuk ibu tercinta dalam bahasa Indonesia:

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

Magelang, 20 Maret 2017

Untuk wanita spesial dalam Hidupku,
Ibuku tercinta

Ibu apa kabar? Semoga ibu sehat selalu dan selalu baik baik saja disana. Bagaimana kabar adik adik disana bu? Tentu saja baik baik saja bukan. Aku harap ibu dan adik adik selalu sehat. Kabarku disini juga baik baik saja bu.

Aku kangen sama ibu. Sudah lama aku tidak berkunjung ke kampung halaman. Ibu, maaf aku belum bisa pulang beberapa bulan ini. Hal ini dikarenakan masih ada tanggung jawab dan tugas pekerjaan yang belum aku selesaikan. Aku janji setelah semua pekerjaaan selesai, aku akan segera pulang. Jadi aku harap ibu jangan khawatir ya. Doakan aku ya bu, semoga pekerjaanku disini cepat selesai dengan baik. Aku sangat merindukanmu bu, rasanya sudah tidak sabar lagi untuk memelukmu. Aku bahkan juga kangen dengan masakan ibuku tercinta ini.

Baca juga : Contoh Surat Peringatan (Teguran) Bahasa Indonesia

Sudah dulu ya bu. Jika ibu sempat tolong balas surat dariku ya. Terima kasih ibu. Aku sayang kamu.

Dari anak tersayang,    
Bella Savira        

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Tercinta

Bekasi, 13 Maret 2016

Untuk Ibuku Tercinta,
Assalamualaikum wr. wb.

Ibuku tercinta apa kabar? Kabar ayah dan kakak bagaimana bu? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan dan selalu sehat selalu ya bu. Ibu aku ingin memberikan kabar kalau akhir bulan April, aku akan pulang dan bertemu dengan ibu. Sudah lama sekali aku dan keluarga tidak berkunjung ke kampung halaman. Kebetulan akhir April ini, anak anak libur sekolah jadi semuanya bisa ikut. Mereka sangat merindukan neneknya. Bahkan mereka juga terus bertanya kapan berlibur ke Jogja agar dapat bertemu neneknya. Mereka ingin belajar berkebun dengan ibu katanya. Maka dari itu, ibu harus jaga kesehatan ya. Jangan terlalu lelah bekerja, banyak istirahat dan jaga pola makan ibu. Supaya saat kami tiba disana, kita dapat bersenang senang bersama.

Sudah dulu ya bu surat dariku. Doakan supaya saya sekeluarga tidak mendapatkan halangan apapun dan dapat berkunjung ke rumah ibu. Terima kasih ibu sayang. Wassalamualaikum wr. wb.

Salam Sayang,     
Krisnayanti      

Inilah beberapa contoh surat pribadi untuk ibu tercinta dalam bahasa Indonesia yang dapat saya bagikan. Surat pribadi pada umumnya dapat ditulis dengan menggunakan bahasa sehari hari, namun tetap sopan.

Berbeda dengan surat formal yang penulisannya menggunakan bahasa baku/formal dan disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda dalam membuat surat untuk ibu kalian ya.

Next Post Previous Post