Contoh Resensi Novel Lengkap Dengan Unsur-Unsurnya

Contoh Resensi Novel Lengkap Dengan Unsur-Unsurnya - Ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika menulis ataupun membaca resensi. Resensi biasanya ditulis berdasarkan opini pribadi tentang suatu tema spesifik, dalam kasus ini adalah film dan novel. Pembaca akan menjumpai pembahasan tentang segala hal yang berkaitan dengan buku yang diterbitkan. Sehingga kalian pun bisa memakai seluruh informasi itu sebagai bahan pertimbangan.

Lalu apa itu resensi buku?

Biasanya resensi singkat banyak dipakai untuk mengulas sebuah novel ataupun buku yang bersifat fiksi. Contoh resensi novel ini banyak kita temui ketika novel baru akan diterbitkan. Penulis biasanya memakai resensi untuk mendongkrak penjualan.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

contoh resensi novel

Resensi buku novel bertujuan untuk menarik perhatian pembaca agar mereka membeli dan membacanya. Dalam sebuah resensi novel harus menyertakan beberapa data penting yang meliputi sinopsis novel, kelebihan dan kekurangan novel, identitas buku, maupun latar belakang pengarang (dapat disertakan atau tidak).

Baca juga : Perbedaan Novel dan Cerpen Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Resensi Novel Lengkap Dengan Unsur-Unsurnya

Contoh resensi novel fiksi dengan resensi buku non-fiksi mempunyai perbedaan yang meliputi penggunaan unsur di dalamnya. Untuk buku novel menggunakan unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Sedangkan untuk buku non fiksi hanya berisi tentang ulasan kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut.

Biasanya buku non fiksi diterbitkan oleh penerbit yang berbeda beda tetapi menggunakan tema yang sama. Namun untuk buku fiksi juga memiliki kesaaan dalam hal tema, tetapi untuk isinya tidak mungkin sama dengan karya fiksi lainnya.

Melakukan resensi pada sebuah buku akan memberikan beberapa manfaat seperti mengetahui kelemahan dan kelebihan buku, menambah wawasan, berfikir kritis, memperoleh imbalan dari penerbit, dan meningkatkan kemampuan menulis kita.

Membuat resensi buku merupakan kegiatan untuk menilai hasil karya sastra orang lain. Resensi berasal dari bahasa Belanda yakni “Resentie” yang berarti mengulas kembali. Makna resensi juga terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yang artinya pembicaraan atau pertimbangan tentang ulasan drama, film, atau buku.

Contoh resensi novel merupakan salah satu hasil meresensi sebuah buku. Pada dasarnya sebuah buku yang dapat diresensi dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu resensi buku pengetahuan, resensi buku novel fiksi dan resensi buku non fiksi. 

Pembuatan contoh resensi novel memiliki tujuan tertentu yaitu memberikan penilaian kepada hasil karya buku orang lain, kemudian mengulasnya dengan bahasa yang jelas dan singkat. Selain itu meresensi buku juga memiliki tujuan utama yaitu memberikan informasi kepada masyarakat luas dan pembaca tentang kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Hal ini juga dapat memberikan rekomendasi buku yang patut untuk dibaca atau tidak.

Tujuan dan Fungsi Resensi Novel

Mayoritas orang biasanya memaknai tujuan resensi hanya sebagai bahan referensi yang di dalamnya mememuat suatu informasi secara spesifik. Padahal jika kita amati lebih lanjut fungsi resensi tak hanya sebatas mengulas buku saja. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika memutuskan untuk menulis resensi.

Kalian bisa mengasah kreativitas, mempromosikan hasil karya sendiri, sampai meraup pundi-pundi rupiah. Meski demikian tak semua siswa menyadari betapa bermanfaatnya menulis contoh resensi film, buku, dan novel. Oleh karenanya, pada sesi ini saya ingin menegaskan beberapa fungsi dan tujuan resensi.

Sebagai Ladang Penghasil Uang

Manfaat membuat contoh resensi novel yang pertama ialah sebagai ladang penghasil uang. Hasil resensi buku yang telah anda buat dapat dikirimkan kepenerbitnya agar dimuat ke dalam majalah ataupun koran.

Apabila hasil resensi yang anda buat di terima oleh penerbit serta dimuat dikoran ataupun majalah, maka akan memberikan keuntungan bagi anda. Anda akan memperoleh imbalan uang dari penerbit buku yang diresensi tadi.

Meningkatkan dan Menggali Kreativitas

Manfaat membuat contoh resensi novel selanjutnya ialah media peningkatan kreativitas. Anda dapat menggali kemampuan menulis melalui resensi buku ini. Dengan begitu bakat terpendam anda akan terus terasah.

Media Promosi Buku

Manfaat membuat contoh resensi novel selanjutnya ialah sebagai media promosi buku. Buku yang diresensi biasanya keluaran terbaru karena belum ada hasil resensinya. Maka dari itu resensi buku dapat digunakan sebagai media promosi untuk buku yang baru diterbitkan.

Bahan Rekomendasi

Manfaat membuat contoh resensi singkat selanjutnya ialah bahan rekomendasi. Resensi ini memudahkan pembaca untuk memilih buku yang akan mereka baca. Hal ini karena hasil resensi buku dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi terbaik sebelum memilih buku.

Adanya resensi memang sangatlah penting jika kalian memang gemar membaca buku maupun menonton film. Lewatnya siswa bisa menemukan judul buku dengan isi yang lebih spesifik sehingga tak kebingungan memilihnya.

Unsur Resensi Novel

Dalam membuat contoh resensi singkat, anda juga harus memperhatikan berbagai unsur yang terkandung di dalamnya. Unsur ini diperlukan untuk memudahkan siswa dalam melakukan resensi. Secara garis besar kalian bisa membaginya menjadi dua unsur yakni intrinsik dan ekstrinsik. Berikut penjelasan masing-masing unsurnya.

Unsur Intrinsik Resensi

Apa saja unsur intrinsik resensi novel?

Inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Secara garis besar unsur intrinsik berkaitan langsung dengan setiap elemen yang ada di dalam cerita. Misalnya penokohan, latar dan alur, sampai penggunaan gaya bahasa untuk menyampaikan kalimat.

Jika kalian hendak membuat contoh resensi novel maka ada baiknya simaklah unsur intrinsik di bawah:

  • Tokoh yaitu penggambaran watak dan karakter tokoh dalam sebuah cerita.
  • Tema yaitu pemikiran utama dalam sebuah cerita.
  • Alur yaitu susunan pola karangan dalam sebuah cerita.
  • Latar yaitu suasana, keadaan, budaya, tempat dan waktu dalam cerita.
  • Gaya bahasa yaitu bahasa (majas) yang digunakan dalam cerita.
  • Sudut pandang yaitu impresi pengarang mengenai alur cerita.
  • Amanat yaitu pesan moral yang diberikan oleh pengarang kepada pembacanya.

Unsur Ekstrinsik

Contoh resensi novel juga mencakup unsur ekstrinsik yang terkandung di dalamnya. Unsur ekstrinsik tersebut meliputi hal hal yang terdapat di luar ulasan bukunya seperti:

  • Kondisi Sosial.
  • Nilai yang terdapat di dalamnya seperti nilai sosial, estetika, moral dan budaya.
  • Latar Belakang Pengarang. 

Tata Cara Membuat Resensi Buku

Menulis resensi tidaklah semudah kedengarannya. Ada berbagai aspek dan aturan baku yang tak boleh kalian lewatkan. Akan sangat tidak bijak jika dalam membuat resenti hanya mengadaptasi tulisan orang lain tanpa mngetahui substansi aslinya.

Dalam konteks pendidikan guru biasanya akan meminta siswa membut resensi film, buku, sampai novel. Inlah yang terkadang membuat siswa kewalahan karena tak semua tau bagaimana cara melakukannya. Padahal menurut saya pribadi tata cara penyusunannya cukup mudah. Kalian hanya perlu memperhatikan beberapa spek di bawah:

  • Membaca novel yang akan diresensi.
  • Melakukan pengamatan fisik dan isi dari bukunya.
  • Memaparkan kelebihan dan kekurangan dari buku novel tersebut.
  • Merangkum isi novelnya.
  • Menulis tanggapan pribadi tentang isi bukunya.
  • Melakukan resensi buku.
  • Menyunting hasil resensi. 

Contoh Resensi Buku dan Novel

Setelah membahas hal hal penting yang berkaitan dengan contoh resensi novel. Saya akan membagikan contoh resensinya agar anda lebih paham mengenai resensi buku. Berikut contoh resensi novelnya:

Resensi Novel “Laskar Pelangi

contoh resensi novel

Judul Buku : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Tebal Buku : 529 halaman
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun terbit : 2005

Sinopsis

Andrea Hirata merupakan penulis terkenal yang berhasil merilis novel berjudul Laskar Pelangi. Novel ini bercerita tentang kehidupan seseorang yang kehilangan 10 anaknya dengan latar belakang keluarga miskin. Mereka hidup di pulau Belitung, Bangka Belitung. Keluarga tersebut memiliki 10 anak yang bernama Ikal, Jumadi Ahlan, Lintang, A Kiong, Borek, Mahar Ahlan, Mukharam Kucai Khairani, Syahdan Noor Aziz, Trapani, Harun, dan Sahara yang satu satunya anak perempuan diantara anak lainnya. Orang tua dari anak tersebut berprofesi sebagai penambang timah. 

Dengan profesinya tersebut membuat keluarga ini dilanda kemiskinan. Namun walaupun begitu pendidikan anak anaknya tetap berjalan seperti anak lainnya. Gedung sekolahnya memang tergolong tua dan sederhana, tetapi mereka tetap semangat dan menimba ilmu disekolah tersebut. Mereka mempunyai teman baru yang bernama Flo. Ia merupakan gadis cantik dari anak penambang timah juga. Sekolah yang ditempati mereka memang tergolong memprihatinkan karena gedungnya sudah tua dan tidak layak pakai. Bahkan siswanya saja hanya 10 orang. Karena kondisi ini membuat Pemerintah Daerah Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatra Selatan memperingatkan sekolah tersebut agar ditutup.

Pada saat yang sama datanglah Harun yaitu seorang anak yang mempunyai keterbelakangan mental namun memiliki semangat untuk bersekolah seperti anak pada umumnya. Penerimaan siswa baru di SD Muhammadiyah hanya terkumpul 9 orang siswa. Pak Harvan berbicara kepada seluruh pihak sekolah bahwa sekolah tidak akan ditutup dengan syarat muridnya harus terkumpul 10 orang. Saat itulah Harun datang untuk melengkapi kekurangan siswa disekolah tersebut. Alhasil SD Muhammadiyah tidak akan ditutup oleh pemerintah. Salah satu guru yang mengajar disana ialah Ibu Muslimah. Beliau merupakan sosok wanita yang mempunyai tekad kuat walaupun hanya lulusan SMP saja. Dengan tekad yang dimilikinya membuat beliau menjadi sosok wanita yang berdedikasi tinggi, tegar dan kuat untuk memperjuangkan pendidikan disana.

Kelebihan Novel

Gaya bahasanya menarik untuk dibaca serta memberikan alur cerita yang mudah dipahami pembaca. Kisah ceritanya memberikan amanat yang patut untuk diteladani, baik dari segi sosial dan moralnya. Kemudian alur ceritanya juga memberikan pesan untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

Berbagai pesan moral tentang persahabatan, cita-cita, dan usaha tersampaikan dengan rapi pada setiap event. Hal inilah yang menurut saya menjadi salah satu kelebihan pada cerita laskar pelangi.

Kekurangan Novel

Karena dilatar belakangi oleh daerah terpencil, membuat beberapa kata di dalamnya mengandung bahasa daerah yang sulit dipahami oleh beberapa orang. Alangkah lebih baiknya penulis memberikan referensi berupa perbendaharaan kata daerah menjadi bahasa Indonesia.

Inilah contoh resensi novel beserta penjelasan yang dapat saya bagikan. Tujuan membuat resensi buku novel ialah untuk menarik perhatian pembaca agar mereka membeli dan membaca buku tersebut. 

Next Post Previous Post