Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Singkat, Bermakna, dan Mudah Dihafal

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Singkat, Bermakna, dan Mudah Dihafal – Teks pidato merupakan bentuk pengungkapan pikiran dan gagasan kepada banyak orang sebagai wujud komunikasi satu arah. Orang yang melakukan pidato dinamakan dengan “Orator”. Pidato tersebut sering dilakukan dalam beberapa momen penting. Salah satu cotohnya ialah pidato perpisahan kelas 9. Lalu bagaimana contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah dihafal? Pidato yang baik dapat menciptakan kesan positif kepada orang yang mendengarnya. Pidato tesebut juga disertai dengan kemampuan bicara yang baik dan benar di depan banyak orang atau publik. Kemampuan ini juga berguna dalam proses komunikasi dengan orang lain.

pidato perpisahan

Membawakan pidato pada event perpisahan tidaklah semudah kedengarannya. Banyak siswa yang merasa kurang percaya diri karena tak mampu menghafalkan naskah dan mengatur intonasi pada saat berbicara. Menciptakan naskah pidato singkat yang mudah dihafal menjadi kunci utama agar kalian terhindar dari berbagai masalah di atas.

Seseorang yang melakukan pidato memiliki beberapa tujuan penting seperti untuk memberikan pemahaman kepada orang lain terkait informasi yang kita berikan, untuk mempengaruhi orang lain agar secara sukarela mengikuti apa yang disampaikan dalam pidato tersebut, dan untuk menyampaikan kepada orang lain agar dapat senang mendengar pidato yang diberikan. Tujuan pidato ini juga diterapkan dalam pidato perpisahan sekolah kelas 9. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah dihafal.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Singkat, Bermakna, dan Mudah Dihafal

Pidato menjadi materi dasar bahasa Indonesia yang mulai diajarkan pada siswa bahkan sejak dini. Meski cakupan pembahasannya tak begitu luas tapi ternyata banyak siswa kurang mampu menguasai materi tersebut. Penyebabnya pun beraneka ragam mulai dari kaidah kebahasaan yang rumit, metode penyusunan pidato bersifat kompleks, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa siswa pun juga mengeluhkan sulitnya membacakan ataupun menghafal pidato. Hal ini akhirnya menyebabkan intonasi pada saat berpidato menjadi kacau dan maknanya tak tersampaikan dengan baik.

Baca juga : Ciri Ciri Pidato yang Baik dan Benar Lengkap Dengan Pembahasannya

Dalam konteks pendidikan kita memang bisa menjumpai setiap unsur pidato di buku pedoman bahasa. Pembahasan terkait berbagia jenis pidato, kaidah kebahasaan, serta aturan bakunya pun juga telah dijelaskan oleh guru. Meski demikian tak semua orang mampu membuat pidato singkat untuk acara tertentu. Misalnya pidato perpisahan kelas 9 yang notabenya harus disampaikan ketika siswa hendak menuju event kelulusan.

Ketika kalian memutuskan untuk menulis sendiri contoh pidato perpisahan kelas 9 maka harus sesuai dengan substansinya. Maksud dari substansi disini adalah konteks event yang sedang berlansung. Aspek inilah yang terkadang terlewatkan sehingga siswa pun terkesan hanya membacakan pengalaman semasa sekolah.

Apakah kalian sedang mendapat tugas untuk membuat contoh pidato perpisahan singkat? jika iya maka simaklah artikel di bawah. Karena pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa contoh pidato singkat untuk perpisahan SMP.

Cara Membaca Pidato

Sebelum membagikan beberapa contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah dihafal, saya akan menjelaskan hal hal penting dalam berpidato. Adapun beberapa hal penting tersebut yaitu:

  1. Usahakan mengetahui daftar nama pejabat yang hadir dalam acara tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesalaan dalam penyebutan jabatan dan nama pejabat yang hadir.
  2. Gunakan bahasa yang sesuai dengan pemahaman para pendengar atau audiennya.
  3. Sampaikan pidato dengan jelas dan lugas. Jika anda tidak hafal dengan teks pidatonya maka dapat mengeprint teks tersebut dengan ukuran yang kecil. Selain tu tanda baca teksnya juga harus jelas agar saat membaca tidak salah.
  4. Kita harus membaca ulang mengenai apa yang akan disampaikan agar tidak terkesan baru membuat teksnya.
  5. Sebelum naik kepodium sebaiknya melakukan pemanasan sehingga tidak tegang seperti minum air putih ataupun olahraga ringan.

Contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah dihafal harus mencakup kata kata singkat dan jelas. Kunci kesuksesan dalam pidato tidak hanya terletak pada teksnya saja, melainkan terdapat pada diri kita sendiri dalam menguasai panggung, mengetahui siapa saja yang berada didepan kita, dan tidak gerodi atau tidak minder. Dibawah ini terdapat beberapa contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah dihafal. Berikut beberapa contohnya yaitu:

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Singkat

(Salam Pembuka)
Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah . . . .
Yang saya hormati para guru dan staff di sekolah . . . .
Serta yang saya cintai teman teman dan adik kelas sekalian

Pertama tama marilah kita panjatkkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa karena berkah nikmat yang beliau anugrahkan, kita dapat
berkumpul di tempat ini dalam rangka perpisahan Kelas 9 tahun ajaran . . . 

Berdirinya saya disini merupakan wakil dari kelas 9 tahun ajaran . . . .  untuk menyampaikan beberapa patah kata kepada para hadirin sekalian. Tidak terasa kita sekolah disini selama 3 tahun lamanya. Pastinya tidak terlepas dari kesan kesan yang telah kita lalui bersama, baik kepada para guru dan staff sekolah . . . . , atar teman seangkatan, maupun adik adik kelas semuanya.

Selama kami bersekolah disini, kami tahu bahwa adakalanya melakukan hal hal yang menyenangkan atau menyusahkan hati para guru, teman teman dan adik kelas sekalian. Maka dari itu, berdirinya saya disini sebagai wakil kelas 9 mengucapkan banyak terima kasih dan permohonan maaf sebesar besarnya kepada para guru, teman teman dan adik kelas disini.

Para guru dan pembimbing disini selalu mengajar dan mendidik kami menjadi lebih baik meskipun selama bersekolah disini kami selalu melakukan banyak kesalahan. Para guru dan pembimbing mengajarkan kami berbagai bidang pelajaran dengan sabar sehingga dari yang belum tahu menjadi tahu serta yang belum bisa menjadi bisa. Maka dari itu kami tidak lupa mengucapkan beribu ribu “Terima kasih” kepada para guru dan pembimbing yang ada di sekolah ini.

Selain itu kami tidak lupa berpesan kepada adik adik kelas sekalian karena setelah ini kami akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kami berpesan teruslah maju dan semangat dalam menuntu ilmu. Banggakan nama sekolah dan jadilah ujung tombak sekolah ini agar lebih maju dan berkembang lagi dan lagi. Jangan pernah membuat sekolah ini jelek dengan perbuatan yang tidak baik dan teruslah berprestasi menggapai cita cita kalan. Adik adik sekalian, kami mengetahui bahwa kami bukan lulusan terbaik disekolah ini, maka dari itu jangan meniru kakak kelasmu ini. Teruslah optimis dan jadilah orang yang melebihi kakak kakak kelasmu saat ini. Sampai pada akhirnya kalian bangga berkata “Akulah Murid Terbaik dari Sekolah Ini”.

Para hadirin sekalian, dalam sebuah pertemuan pasti ada perpisahan. Seperti halnya kami saat ini yang pada awalnya masuk kesini untuk menuntut ilmu dan belajar dari para guru dan pembimbing. Sampai pada akhirnya berpisah dan meninggalkan sekolah ini ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kami akan senantiasa mengenang jasa jasa para guru dan pembimbing disekolah ini. Semoga kenangan yang pernah ada disekolah ini selalu teringat dan menjadi kenangan yang indah. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan.
(Salam Penutup)

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Pendek

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Yang terhormat, Bapak Kepala Sekolah . . . .
Yang terhormat, Bapak/Ibu Guru dan Staff . . . .
Yang terhormat, Bapak/Ibu tamu undangan.
Serta teman teman yang saya cintai.

Salam sejahtera untuk kita semua.
Dipagi hari yang cerah ini marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena beliau telah memberikan kesehatan dan kenikmatan kepada kita sehingga dapat berkumpul dalam acara perpisahan kelas 9 tahun ajaran . . . . .  Berkenaan dengan hal itu, berdirinya saya disini selalu wakil kelas 9 mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada para Bapak/Ibu guru yang tercinta.

Selama kami belajar di sekolah ini selama 3 tahun, kami sadar bahwa banyak sekali kesalahan dan tindakan yang kurang berkenan dihati Bapak/Ibu guru. Tindakan dan tingkah laku kami membuat marah dan jengkel Bapak/Ibu guru. Karena perbuatan tersebut sudah sewajarnya jika Bapak/Ibu guru memberikan hukuman kepada kami semata mata untuk mendidik dan membuat kami menjadi anak yang berprestasi dan disiplin. Maka dari itu kami mohon maaf kepada Bapak/Ibu guru karena semua tingkah laku, kesalahan dan ucapan yang kurang berkenan dihati. Sudilah kiranya Bapak dan Ibu guru memaafkan kesalahan kesalahan yang kami perbuat. Kami berharap semua kesalahan yang pernah dilakukan dapat kami ambil pelajarannya.

Kami tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru dan staff disekolah ini. Terima kasih karena telah mengajarkan dan mendidik kami dengan sabar. Terima kasih pula karena telah membimbing kami menjadi anak yang pintar, bertanggung jawab, bertakwa dan sopan dalam berbagai hal akademik ataupun nonakademik. Kami berterima kasih karena telah membimbing sampai kami sukses dan meraih prestasi dalam jenjang pendidikan sekolah menengah pertama ini. Kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh staff sekolah karena telah memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk kami.

Setelah menjalani pendidikan selama bersekolah disini. Ijinkan kami meminta doa dan berpamitan kepada seluruh guru dan staff disekolah ini. Doakan kami agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Doakan kami tetap menjadi siswa yang berprestasi dan terus berbakti. Doakan kami agar dapat membanggakan orang tua dan dapat menggapai ciita cita kami.

Semoga sekolah ini terus menjadi sekolah yang terbaik dan menghasilkan siswa siswi berprestasi dalam berbagai bidang. Semoga sekolah ini tetap menjadi dambaan para siswa dalam menuntut ilmu, baik pendidikan akademik ataupun nonakademik. Semoga sekolah ini terus maju dan berkembang sehingga menciptakan siswa siswi yang berkualitas.

Untuk adik adik kelas sekalian, kami berpesan tingkatkan prestasi dan teruslah berlajar sungguh sungguh dalam menimba ilmu disekolah ini. Tetaplah berbakti kepada orang tua, rajin belajar dan mematuhi serta menghormati para guru disekolah ini. Jadikan cita cita kalian sebagai cambuk untuk tetap semangat dalam menuntut ilmu. Selama kami bersekolah disini, jangan ambil sisi negatif yang kami lakukan, tetapi ambilah sisi positif yang kami berikan.

Sekian pidato perpisahan yang dapat saya sampaikan. Saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf sebesar besarnya jika ada kata kata yang kurang berkenan dihati para hadirin. Semoga apa yang saya sampaikan dapat diambil hikmahnya. Akhirukalam wabilahi taufik walhidayah. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

(Salam Pembuka)
Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah . . . .
Yang saya hormati para guru dan staff di sekolah . . . .
Teman teman semua yang saya cintai.
Serta adik adik kelas yang saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena limpahan kasih sayang dan nikmat-Nya membuat kita dapat berkumpul dalam acara Perpisahan Kelas IX tahun ajaran . . . .

Berdirinya saya disini mewakili teman teman kelas 9 menyadari bahwa banyak tingkah laku yang membuat marah, kesal, kecewa dan sedih para guru ketika kami bersekolah disini. Maka dari itu kami berharap Bapak/Ibu guru berkenan untuk memaafkan kesalahan kesalahan yang kami perbuat baik sengaja ataupun tidak sengaja. 

Kami siswa kelas 9 juga ingin mengucapkan Terima kasih kepada ayah bunda dan Bapak/Ibu guru yang telah mendidik dan membimbing kami sampai menjadi anak yang berprestasi dan disiplin. Ucapan terima kasih yang kami berikan tidaklah cukup untuk membayar jasa jasa Bapak/Ibu guru selama 3 tahun terakhir ini. Karena Bapak/Ibu gurulah kami dapat menjadi insan yang lebih baik dan baik lagi. Tiada balasan yang cukup atas kebaikan Bapak/Ibu guru berikan. Jazakumullah khoiron katsiron.

Untuk teman teman sekalian, banyak suka dan duka selama 3 tahun kita bersama dalam menuntut ilmu disekolah ini. Semua itu akan menjadi kenangan yang indah dan selalu teringat dihari esok. Untuk adik adik kelas yang tercinta, jadilah siswa siswi yang lebih berprestasi daripada kakak kakak kelasmu ini. Gunakan waktu kalian untuk terus berprestasi dan membanggakan orang tua serta para guru dikemudian hari.

Semoga perpisahan ini tetap teringat menjadi kenangan yang indah. Tangis dan tawa kita selama ini merupakan pelangi dalam perjalanan menuntut ilmu disekolah ini. Selamat berpisah dan selamat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
(Salam Penutup)

Sekian penjelasan mengenai contoh pidato perpisahan kelas 9 yang mudah dihafal. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda dalam membuat teks pidato perpisahan. selain mencari referensi di internet, untuk melakukan pidato kita juga bisa berkonsultasi dengan guru juga dan untuk menghafal contoh pidato perpisahan kelas 9 tidaklah terlalu sulit.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …