8 Contoh Percakapan Singkat Dua Orang di Telepon

Contoh Percakapan Singkat Dua Orang di Telepon - Percakapan ialah suatu dialog yang dilakukan oleh dua orang melalui telepon atau secara langsung. Seiring berjalannya waktu banyak orang yang melalukan percakapan melalui telepon. Teks percakapan dapat disebut teks dialog yang biasanya digunakan untuk penulisan naskah atau teks drama.

Bagaimana contoh percakapan di telepon antara dua orang itu?

Contoh percakapan dua orang di telepon hampir sama seperti teks dialog dalam naskah drama. Munculnya percakapan yang terjadi pada dua orang atau lebih dikarenakan adanya topik menarik yang dapat diperbincangkan. Percakapaan tersebut juga dapat bersifat memberi informasi. Percakapan merupakan sebuah komunikasi secara lisan yang dapat terjadi dimana saja.

percakapan singkat di telepon

Percakapan tersebut juga dapat terjadi melalui media lain seperti telepon. Diera modern ini tentunya kita sering melakukan percakapan ditelepon. Hal tersebut dikarenakan lebih efektif dibandingkan harus pergi ketempat orangnya langsung.

Namun dalam percakapan ini juga membutuhkan tatakrama bertelepon yang benar. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh percakapan dua orang di telepon. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

8 Contoh Percakapan Singkat Dua Orang di Telepon

Melakukan percakapan di telepon membutuhkan tata bahasa serta keefektifan berbicara yang baik. Dengan hal hal tersebut percakapan dapat berlangsung dengan menarik dan hemat waktu. Maka dari itu banyak orang yang lebih memilih menggunakan telepon ketika ingin mengobrol dengan orang lain.

Baca juga : Pengertian Nomina Dan Pronomina Beserta Contohnya

Seperti halnya dalam contoh percakapan dua orang di telepon juga membutuhkan sopan santun berbahasa yang baik dan benar. Dibawah ini terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum berbicara di telepon.

1. Untuk mengawali percakapan, terlebih dahulu menanyakan dengan siapa kita bicara. Hal ini bertujuan unutk menghindari kesalahpahaman agar tidak salah orang. Berbicara melalui telepon membuat kita tidak dapat melihat wajah orang yang menerima telepon. Maka dari itu menanyakan kepada siapa kita bicara sangat penting.

2. Selanjutnya kita harus memperhatikan kepada siapa kita berbicara. Hal ini untuk mengetahui kedudukan orang tersebut, apakah umurnya lebih tua atau tidak. Maka dari itu sebaiknya menggunakan bahasa formal serta nada bicara yang tidak buru buru. Dengan begitu kita tidak akan menyinggung perasaan dari lawan bicara.

3. Kemudian hal terakhir yang paling penting ialah mengucapkan salam saat mengawali maupun mengakhiri perbincangan di telepon. Mengucapkan salam ketika mengawali maupun mengakhiri telepon bertujuan untuk memberikan tata bahasa yang sopan kepada lawan bicara.

Hal hal diatas yang harus diterapkan dalam contoh percakapan di telepon antara dua orang, agar percakapan yang dilakukan tidak menyinggung ataupun menyakiti lawan bicara. Berikut beberapa contoh percakapan dua orang di telepon :

Contoh Percakapan Dua Orang di Telepon

Ani  : Halo, Selamat pagi Bu. Saya Ani, bisa berbicara dengan Fitri?
Ibu   : Bisa, tunggu sebentar ya nak.
Fitri : Halo, ada apa Ani menelepon?
Ani  : Maaf ya Fit aku pagi pagi mengganggu kegiatanmu. Aku cuma ingin memberitahu kamu kalau nanti sore ada kegiatan gladi bersih untuk pentas kita besuk.
Fitri : Iya Ani aku pasti datang. Terima kasih memberitahuku ya.
Ani  : Iya sama sama. Sudah ya. Selamat pagi. Terima kasih.
Fitri : Selamat pagi juga.

Ada berbagai hal yang perlu diparhatikan dalam membuat contoh percakapan dua orang melalui telepon atau mepraktikkan percakapan tersebut secara langsung. Hal pertama yang paling penting ialah tidak boleh asal menebak siapa lawan bicara kita.

Maka dari itu penting untuk mengeceknya terlebih dahulu. Melakukan percakapan sebelum mengecek kepada siapa kita berbicara merupakan hal yang kurang sopan. Anda dapat melihat contoh percakapan di telepon diatas dengan tata krama yang benar dan sopan.

Baca juga : Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Lengkap Dengan Contohnya

Contoh Percakapan Singkat Dua Orang di Telepon

Rara : Halo, ini Rani ya?
Ibu   : Maaf ini siapa ya?
Rara : Oh ini Rara, tante. Rani ada?
Ibu   : Rani belum pulang, Ra. Dia masih bimbingan belajar. Ada apa ya? Nanti tante sampaikan.
Rara : Begini tante, saya mau mengingatkan besuk jangan lupa membawa buku paketnya. Soalnya saya belum menyalin tugas tugas dibuku itu. 
Ibu   : Oh, iya nanti tante sampaikan.
Rara : Makasih tante.
Ibu   : Iya, sama sama.

Dalam contoh percakapan di telepon antara dua orang yang kedua terlihat jelas penggunaan tata bahasa yang sopan. Percakapan tersebut sesuai dengan etika kesantunan yang baik.

Contoh Percakapan Dua Orang di Telepon Bahasa Indonesia

Percakapan tersebut terjadi pada pukul 23.00 WIB.

Rani    : Halo, selamat malam Pak.
Bapak : Selamat malam. Ini siapa malam malam telepon? Ada apa ya?
Rani    : Maaf pak, saya Rani. Saya mau bertanya kepada Dina tentang PR yang dikumpulkan besuk. Saya tidak jelas, jadi saya minta Dina untuk menjelaskannya.
Bapak : Maaf nak, Dinanya sudah tidur. Ia sengaja tidur lebih awal karena besuk ada ujian.
Rani    : Ya sudah kalau begitu. Besuk pagi saya telepon kembali. Terima kasih Pak. Selamat malam.
Bapak : Iya sama sama. Selamat malam.

Berdasarkan contoh percakapan di telepon  antara dua orang diatas dapat dilihat tata bahasa yang tidak santun. Ada beberapa hal yang kurang baik dalam etika bertelepon. Pertama, si penelepon tidak mengucapkan permintaan maaf kepada penerima telepon. Kedua, penelepon menelepon dijam 23.00 dengan maksud yang tidak begitu penting dan tidak mendesak.

 Menelepon dimalam hari memang diperbolehkan apabila memiliki keperluan yang penting dan mendesak. Namun untuk mengawali pembicaraannya harus mengucapkan maaf terlebih dahulu. Selain itu juga memanfaatkan waktu dengan seefektif mungkin.

Baca juga : Pengertian Teks Iklan, Contoh, Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Contoh Percakapan Dua Orang di Telepon Bahasa Inggris

Mother  : Hello, Good Afternoon.
Teacher : Hello, Good Afternoon. Is there anything I can help?
Mother  : Can you talk to Mrs. Lusi?
Teacher : Yes I am alone. What is it?
Mother  : Well, Mom. My son, Doni VII B, was unable to attend school because he was hospitalized. I hope you can give me permission.
Teacher : Yes it’s okay. Hopefully Doni can recover quickly and get back to school again.
Mother  : Thank you Mom.
Teacher : You are well come.

Artinya :

Ibu    : Hallo, Selamat siang.
Guru : Hallo, Selamat siang. Ada yang bisa saya bantu?
Ibu    : Bisa bicara dengan Ibu Lusi?
Guru : Iya saya sendiri. Ada apa ya?
Ibu    : Begini Bu. Anak saya yang bernama Doni kelas VII B tidak dapat masuk sekolah, dikarenakan sedang dirawat dirumah sakit. Saya harap anda dapat memberikan ijin.
Guru : Ya tidak apa apa. Semoga Doni lekas sembuh dan dapat masuk sekolah kembali.
Ibu    : Terima kasih Bu.
Guru : Sama sama. 

Contoh Percakapan Singkat Dua Orang di Telepon Bahasa Inggris

Sani  : Hello Rin.
Ririn : Hello San. What is it?
Sani  : This is Rin. My Physical Tasks are still unfinished and I need the package book we borrowed earlier. I ask for help please bring the package book ya.
Ririn : Oh okay, tomorrow I bring it.
Sani  : Thank you Rin.
Ririn : You are well come.

Artinya :

Sani  : Halo Rin.
Ririn : Halo San. Ada apa ya?
Sani  : Begini Rin. Tugas Fisikaku ada yang masih belum selesai dan aku membutuhkan buku paket yang kita pinjam tadi. Aku minta tolong besuk bawakan buku paketnya ya.
Ririn : Oh oke, besuk aku bawakan.
Sani  : Terima kasih Rin.
Ririn : Sama sama.

Itulah beberapa contoh percakapan dua orang di telepon yang dapat saya bagikan. Sebelum melakukan percakapan dua orang di telepon, terlebih dahulu anda harus memahami etika bertelepon yang baik.

Next Post Previous Post