Contoh Kata Sandang Dalam Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia - Apa yang dimaksud dengan kata sandang? Apa saja contoh kata sandang Bahasa Indonesia? Apa saja macam-macam kata sandang? Kata sandang dapat didefinisikan sebagai salah satu variasi kata Bahasa Indonesia yang tidak mempunyai makna khusus.

Karena itulah pengertian dari kata sandang itu sendiri tidak dapat dijelaskan secara rinci dan konkret. Tapi menurut KBBI (Kamus Besar Besar Indonesia) kata sandang merujuk pada sebuah preposisi.  Setelah saya telusuri kembali, preposisi disini adalah kata pengiring yang bisa dipakai untuk mengikuti frasa tertentu. Contohnya seperti sang pemimpi, hang tuah, sri hamengku buwono, dan lain sebagainya.

kata sandang dalam bahasa indonesia

Kata sandang mempunyai makna yang senada dengan kata benda yang diikutinya. Oleh karena itu, batas dan ketentuan kata benda tersebut didasarkan pada penggunaan kata sandangnya.  Macam-macam kata sandang memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan penggunaan dalam proses komunikasinya.

Kata sandang juga dapat disebut sebagai "Artikula" yang berisi penjelasan tentang nomina karena kata ini tidak memiliki makna yang khusus. Masalahnya mayoritas siswa masih kewalahan ketika guru meminta menyebutkan contoh kata sandan secara spesifik.

Baca juga : Perbedaan Makna Tersirat dan Tersurat Beserta Pengertiannya

Nah, karena itulah, dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh kata sandang Bahasa Indonesia beserta pengertian kata sandang dan macamnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Tak semua orang familiar ketika ditanya tentang apa itu kata sandang dalam bahasa Indonesia. Ketika masih duduk di bangku sekolah SMP tentu kita pernah mempelajari mengenai materi yang satu ini.

Seiring dengan berjalannya waktu guru pun akan memberikan penjelasan mengenai pengertian serta jenis kata sandang. Pasalnya, materi tersebut terkadang muncul sebagai soal ujian yang mampu mengecoh siswa.

Contoh kata sandang sendiri sering kita jumpai dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tanpa sadar jenis kata tersebut sering terlontar ketika sedang berbincang-bincang dengan teman, keluarga ataupun kerabat. Terlebih jika anda tinggal di daerah atau kota yang masih menjunjung tinggi adat.

Secara garis besar kata sandang memang dipakai untuk merepresentasikan suatu kelompok. Kita juga bisa mengartikannya sebagai kata ganti orang maupun benda. Tapi di beberapa daerah, kata sandang dianggap begitu penting karena sifatnya meninggikan derajat seseorang.

Kata sandang memiliki keistimewaan dalam mendampingin kata benda dasar yang pembetukannya dari kata kerja pasif, pronomina dan kata kerja.

Apa Itu Kata Sandang?

Kata sandang merupakan sebuah kata yang tidak memiliki makna atau arti khusus di dalamnya. Hal ini dikarenakan contoh kata sandang berguna untuk menjelaskan kata yang berada di depannya saja. Jadi, kata sandang hanya memiliki arti yang didasarkan pada kata yang berada didepannya saja.

Baca juga : Macam Macam Imbuhan Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Contohnya

selain itu ada beberapa fungsi dari kata sandang yang perlu anda ketahui, diantaranya :

  • Pembeda antar frase atau kata. Misalnya seperti yang tekun belajar pasti lolos ujian (artinya ditujukan untuk orang yang memiliki sifat tekun belajar)
  • Sebagai pembentuk kata ganti orang atau kata benda. Misalnya seperti para audience mendengarkan pidato dengan khitmad (artinya ditujukan untuk orang yang mendengarkan pidato)

Sebenarnya definisi dari kata sandang itu sendiri sangatlah sederhana jika kita mengetahui konsepnya. Sebab penggunaan kata sandang sering kita jumpai hampir di setiap kegiatan manusia. Hanya saja mungkin kita tidak memahaminya karena memang kurang paham mengenai apa itu kata sandang.

Jenis dan Contoh Kata Sandang

Selanjutnya kita akan membahas mengenai macam-macam kata sandang beserta contonya. Kata sandang dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan penggunaannya untuk menunjukkan jumlah tunggal, kelompok, dan kata ganti orang atau kata benda.

Kata Sandang Untuk Menunjukkan Jumlah Tunggal

Jenis kata sandang yang pertama yaitu kata sandang untuk menunjukkan jumlah tunggal. Contoh kata sandang jenis ini adalah sang, sri, hang, dang, hyang, dan yang.

Kata Sandang Sang
Sang merupakan jenis kata sandang yang digunakan sebagai nama panggilan seseorang, makhluk hidup ataupun benda mati. Tujuan dari penggunaan kata sandang sang biasanya digunakan untuk menyindir atau meninggikan martabat. Berikut contoh penggunaan kata sandang sang.

  • Sang raja sangatlah bijaksana (meninggikan martabat)
  • Sang buaya darat kehilangan kata-katanya (Menyindir)
  • Sang pahlawan harus dijunjung tinggi (meninggikan martabat)

Kata Sandang Sri
Sri merupakan kata sandang yang berguna sebagai sebutan nama manusia dengan kedudukan tinggi. Berikut contoh penggunaan kata sandang sri.

  • Sri Baginda Raja sedang mengelola kerajaannya
  • Sri Sultan Hamengkubuwono IX sedang mengikuti upacara kebudayaan

Kata Sandang Hang
Hang merupakan kata sandang yang berguna untuk menghormati seseorang dalam bentuk sastra lama. Berikut penggunaan kata sandang hang.

  • Hang bae adalah orang yang cukup dikenal dalam sukunya
  • Hang Dihi telah menemukan putrinya

Kata Sandang Dang
Dang merupakan kata sandang yang penggunaannya hampir sama dengan kata Hang, tetapi khusus untuk perempuan saja. Adapun contohnya berikut ini :

  • Dang Kunti menikah dengan Hang Tono
  • Dang Lastri sedang memasak di dapur

Kata Sandang Hyang
Hyang merupakan kata sandang yang digunakan sebagai sebutan khusus pada dewi dan dewa. Berikut contoh penggunaan kata Hyang :

  • Pada hari ini terdapat upacara persembahan Hyang Widhi bagi umat beragama Hindu
  • Sang Hyang Manon dapat disebut sebagai Matahari atau Batara Guru

Kata Sandang Yang
Yang merupakan kata sandang yang digunakan untuk mengganti dan membentuk nama Tuhan, berikut contohnya.

  • Puji Syukur kehadirat Yang Maha Kuasa
  • Ketuhanan Yang Maha Esa

Kata Sandang Untuk Menunjukkan Kelompok

Jenis kata sandang yang selanjutnya yaitu kata sandang yang digunakan untuk menunjukkan jumlah kelompok, contohnya seperti para, umat dan kaum.

Para
Para merupakan kata sandang yang digunakan untuk menekankan persamaan tertentu dalam sekelompok manusia, berikut contohnya :

  • Para hadirin sekalian dimohon untuk berdiri
  • Para tamu undangan dipersilahkan untuk duduk

Umat
Umat merupakan kata sandang yang digunakan untuk menjelaskan persamaan milik dalam ideologi atau bidang agama. Berikut contoh penggunaan kata sandang umat :

  • Umat Kristiani sedang merayakan natal
  • Umat islam berpedoman pada Al Qur'an

Kaum
Kaum merupakan kata sandang yang digunakan untuk menyatakan persamaan ideologi atau pandangan seseorang. Adapun contoh penggunaan kata sandang kaum sebagai berikut :

  • Kaum wanita sedang meminta hak emansipasinya
  • Kaum suami hendaknya memberikan haknya kepada istrinya

Kata Sandang Untuk Menunjukkan Kata Benda atau Kata Ganti Orang

Jenis kata sandang yang selanjutnya yaitu kata sandang yang digunakan untuk menunjukkan kata benda atau kata ganti orang, contohnya seperti si dan yang.

Baca juga : Contoh Verba Material dan Verba Tingkah Laku Beserta Pengertiannya

Si
Si merupakan kata sandang yang digunakan sebagai pembentuk kata sifat menjadi kata benda atau kata pengiring dari hewan maupun seseorang, adapun contoh penggunaanya sebagai berikut.

  • Si Nia sedang di rawat di Rumah Sakit
  • Si kakak sedang menunggu adiknya
  • Si kerbau sedang digigit buaya
Yang
Yang merupakan kata sandang yang digunakan untuk membentuk ata ganti orang menjadi kata benda secara khusus. Berikut contoh penggunaan kata sandang Yang.

  • Yang menangis seharian adalah keponakanku
  • Seperti ada yang mengikutiku dari belakang

Sekian dulu penjelasan mengenai contoh kata sandang dalam bahasa indonesia beserta pengertian dan macam-macam kata sandang. Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post