4 Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus di Hp Android

TEKNOBAE.COM - Smartphone kini sudah menjadi barang yang amat penting, karena memang hampir semua kegiatan bisa dilakukan dan dipermudah dengan benda ini. Contohnya saja dalam hal komunikasi, belajar sampai dengan menyimpan berbagai file, baik foto, video dan dokumen.

Cara Menghapus File yang Tidak Biasa Dihapus di Android

Pasti ada banyak file yang telah kamu simpan di hp android kamu. Nah, saat ada file sampah atau file yang sudah tidak penting lagi, biasanya kita akan langsung menghapus file tersebut. Dengan menghapus file-file tersebut akan membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega.

Namun, terkadang proses menghapus file sampah tersebut tidak bisa sampai selesai, karena terdapat file yang tidak bisa dihapus dari memory card. Hal ini tentu menjengkelkan bukan, apa lagi jumlah file yang tidak bisa dihapus cukup banyak dengan ukuran ratusan Mb tiap file.

Nah, jika sudah sampai seperti itu, Teknobae akan membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut. Simaklah ulasannya di bawah ini.

Penyebab File Tidak Bisa Dihapus

Kenapa file tidak bisa dihapus? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan kamu. Sebenarnya kita tidak bisa memandang dari satu sisi saja yaitu file corrupt, karena terdapat beberapa alasan lainnya seperti :

1. Android tidak mengizinkan, hal ini karena file dianggap sangat penting, sehingga jika dihapus akan menghambat kinerja ponsel.

2. File sedang aktif, jika ada file baik foto atau video serta folder yang masih berjalan, maka file tersebut tidak bisa di delete.

3. File tidak jelas, mungkin kamu pernah melihat file dengan name yang tidak jelas seperti kombinasi antara huruf dan angka. Nah, file ini tidak bisa dihapus. Sebenarnya ada kaitannya dengan poin pertama dimana tidak diizinkan oleh ponsel karena dianggap file penting.

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Kalau kamu punya file foto atau video yang tidak bisa dihapus di galeri atau SD card, tidak ada salahnya untuk coba beberapa solusi yang ada di bawah ini. Dengan harapan agar file tersebut dapat hilang dari penyimpanan ponsel.

1. Hapus File Melalui PC atau Laptop

Solusi pertama adalah dengan bantuan PC untuk mengatasi file yang tidak bisa dihapus di Android. Cara ini bisa dikatakan sangat ampuh, karena bisa menghapus file yang berada pada SD card dan juga memori internal.

Hal ini bisa dilakukan karena biasanya komputer atau laptop mendapatkan akses yang berbeda ketimbang ponsel itu sendiri.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, nyalakan komputer atau laptop kamu.
  • Setelah itu hubungkan hp android ke komputer dengan kabel USB.
  • Biarkan komputer mendeteksi perangkat kamu.
  • Jika sudah, buka driver penyimpanan android, cari file yang akan di hapus.
  • Klik kanan pada file, lalu pilih Delete.
  • Jika ada peringatan, pilih saja Yes.

Nah, biasanya file akan langsung terhapus.

2. Hentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan

Nah, ini mungkin masalah yang sangat jarang disadari oleh pengguna smartphone Android. Dimana menghapus file, foto atau video yang sedang berjalan, tidak akan berhasil dan dipastikan smartphone akan membatalkan proses tersebut.

Jadi kalau kamu ingin menghapus file, pastikan data tidak sedang berjalan atau digunakan. Contohnya kamu sedang membuka foto A melalui galeri, kemudian kamu pergi ke File manager dan mencoba menghapus foto A.

Maka foto tidak akan bisa dihapus. Untuk itu silahkan kamu tutup dulu foto yang sedang dibuka, kemudian ulangi proses delete.

3. Gunakan Aplikasi SDcard Cleaner

Jika kedua cara diatas masih belum berhasil, maka coba solusi yang ketiga ini yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama SDcard Cleaner.

File-file yang sulit dihapus ini, biasanya merupakan file corrupt atau file error. Nah, aplikasi ini akan membantu kamu mengatasinya.

  • Pertama, unduh dan install aplikasi SDcard Cleaner di Playstore.
  • Kemudian buka aplikasinya, pada tampilan awal langsung saja tekan tombol Start maka aplikasi akan melakukan proses scanning terhadap file yang ada di hp.
  • Jika sudah, pilih file-file yang dirasa tidak penting kemudian klik icon tong sampah untuk menghapusnya.
  • Apabila ada notifikasi, pilih saja OK.
  • Selesai.

Kamu bisa mengulangi beberapa kali cara tersebut agar file sampah benar-benar hilang.

4. Backup & Lakukan Format

Jika masih tidak berhasil juga, maka jalan terakhir adalah dengan melakukan format kartu SD atau reset hp. Memang sangat ekstrim, namun hal tersebut tidak menjadi masalah jika sebelum melakukan format SD card, kamu sudah membackup semua data yang ada di hp.

Kamu bisa cadangkan file ke laptop, cloud atau Google Drive yang mana file tidak akan hilang walaupun diformat. Jika sudah, kamu bisa memulai proses format memory card dengan cara masuk ke Setting ponsel, pilih penyimpanan kemudian reset SD card.

Setelah berhasil, sekarang kamu bisa pindahkan kembali file-file yang sudah di backup.

Akhir Kata

Nah, itulah cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android beserta penyebabnya. Semoga bisa menambah informasi dan pengetahuan baru. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post