5 Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang & Tidak Muncul Paling Ampuh

TEKNOBAE.COM - Dari dulu smartphone sudah dilengkapi dengan yang namanya keyboard. Namun, keyboard pada hp jaman dulu masih berada di luar di bagian depan Hp. Nah, di era yang sekarang ini rata-rata sudah menggunakan sistem touchscreen.

Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang dan Tidak Muncul

Bentuk keyboard pun sudah diubah menjadi keyboard virtual yang akan secara otomatis muncul ketika terjadi aktivitas mengetik di smartphone. Keyboard atau papan ketik punya peran penting pada sebuah hp android maupun iPhone.

Misalnya kamu ingin membuat status di FB, Twitter atau ingin mengirim chat di WA ata LINE, tentu butuh yang namanya keyboard untuk menuliskan huruf-hurufnya. Karena bentuknya yang virtual, terkadang ketika hp error atau lag membuat keyboard android tidak muncul saat akan digunakan.

Nah, kalau kamu mengalami hal tersebut, tenang Teknobae sudah punya solusinya untuk mengatasi hal tersebut. Simaklah ulasannya di bawah ini sampai selesai.

Penyebab Keyboard Android Tidak Muncul

Masalah tidak mungkin muncul begitu saja, tentu ada beberapa penyebab kenapa keyboard bisa tidak muncul atau hilang. Kita tidak bisa mengklaim satu masalah saja, karena biasanya ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Namun, kebanyakan disebabkan oleh keyboard yang error atau bug. Hampir semua merk Hp juga pernah mengalami hal yang sama. Yang pasti masalah tersebut tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan sangat mengganggu proses pengetikan.

Cara Mengatasi Keyboard Android yang Tidak Muncul / Hilang

Ada beberapa solusi yang bisa kamu coba agar keyboard bisa kembali seperti semula dan bekerja normal. Langsung saja simak caranya di bawah ini.

1. Restart Hp Android

Cara yang paling gampang dan simpel ketika hp mengalami bug atau error adalah dengan merestart ulang hp.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan error yang terjadi dan smartphone bisa kembali berjalan normal. Dengan begitu keyboard yang sebelumnya hilang atau macet bisa muncul lagi.

Berdasarkan pengalaman sendiri sih cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi jika masih belum berhasil, kamu bisa coba cara selanjutnya.

2. Hapus Data Cache Keyboard

Setiap program atau aplikasi tentu memiliki data cache. Ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara agar nantinya program dapat menjalankan perintah lebih cepat.

Nah, bisa jadi data error ata bug tersimpan di dalam data cache sehingga keyboard jadi hilang atau tidak muncul. Untuk mengembalikan keyboard yang hilang, coba hapus cache dan data keyboard, dengan begitu keyboard akan berjalan dari awal.

Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti:

  • Silahkan buka pengaturan Hp kalian.
  • Setelah itu masuk ke bagian Manager Aplikasi.
  • Kalau tidak ada, coba masuk ke menu More Settings lalu pilih Aplications.
  • Cari aplikasi keyboard yang kalian gunakan.
  • Kemudian masuk ke opsi Storage.
  • Selanjutnya akan ada dua pilihan yakni Clear data dan Clear cache.
  • Silahkan kalian hapus saja keduanya.
  • Selesai.

3. Berhentikan Aplikasi Secara Paksa

Apabila kalian tidak ingin sampai menghapus data dan cache keyboard, karena hal tersebut dapat membuat keyboard kembali ke pengaturan default, maka coba lakukan force stop atau menghentikan aplikasi secara paksa.

Karena bukan hanya pada keyboard, bisa saja error terjadi padi sistem Hp kalian. Di bawah ini sara melakukannya.

  • Sama seperti sebelumnya, buka menu Settings Hp.
  • Kemudian pilih More Settings dan pilih Aplications.
  • Setelah itu cari aplikasi keyboard yang digunakan.
  • Terakhir tap tombol force stop.

Silahkah kalian tunggu dulu beberapa menit jangan langsung mengaktifkan perintah mengetik.

4. Update Keyboard Yang Dipakai

Setelah menggunakan cara di atas dan keyboard belum kembali normal, coba lakukan pembaharuan keyboard. Ada kemungkinan kalau aplikasi yang dipakai sudah terlalu jadul, sehingga data tidak bisa digunakan lagi.

Dengan mengupdate keyboard tentu tidak hanya akan mendapat kinerja yang normal, namun juga mendapatkan fitur-fitur baru, perfoma yang meningkat dan stabilitas.

Jika kalian menggunakan keyboard yang berasal dari Play Store, dapat mengupdate aplikasi dengan cara berikut:

  • Langkah pertama masuk ke aplikasi Google Playstore.
  • Selanjutnya tekan ikon akun Google di atas. 
  • Kemudian tap menu Manage apps & device.
  • Berikutnya pilih opsi Updates available.
  • Nah cari aplikasi keyboard yang kalain pakai.
  • Setelah itu tekan tombol Update di samping.
  • Biarkan proses berjalan hingga selesai.

5. Pakai Aplikasi Keyboard Lain

Pengguna android diberikan kebebasan untuk menggunakan aplikasi yang berhubungan dengan sistem. Termasuk dalam hal keyboard,

Dimana kalian bisa menukar-nukar jenis keyboard yang dipakai di Hp jika terjadi error di keyboard bawaan atau versi sebelumnya

Bahkan beberapa keyboard menawarkan fitur-fitur keren, seperti dapat mengetik tulisan arab, emoji iphone, tema menarik dan sebagainya.

Berbagai aplikasi keyboard yang bisa kalian coba diantaranya,  Gboard dari Google, Go keyboard, Touchpal Keyboard, Kika Keyboard dan sebagainya. Kalian bisa download gratis di Playstore.

Akhir Kata

Dengan melakukan cara cara di atas, mimin yakin keyboard hp kamu bisa berjalan dengan normal kembali. Jika masih bermasalah, tulis saja di kolom komentar.

Itulah cara mengatasi keyboard yang hilang dan tidak muncul di android. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post