Bacaan Shalawat Nariyah Lengkap dengan Latin dan Terjemahnya

Bacaan Shalawat Nariyah – Shalawat Nariyah merupakan salah satu shalawat yang cukup populer di kalangan umat muslim di Indonesia. Banyak orang yang meyakini bahwa Shalawat Nariyah memiliki banyak keutamaan atau manfaat. Membaca shalawat nariyah adalah salah satu amalan yang disenangi orang umat muslim.

Selain shalawat nariyah tentunya masih banyak shalawat-shalawat yang lainnya seperti shalawat Badar, shalawat Munjiyat (shalawat tunjina) dan lain sebagainya. Semua itu mendorong semangat keagamaan dan cinta kepada Rasulullah Saw sekaligus beribadah.

Salah satu hadits yang sangat populer yang membuat kita rajin untuk membaca shalawat ialah bahwa Rasulullah Saw bersabda: Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya. Oleh karena itu, bagi banyak orang, setiap ada kegiatan keagamaan biasa disisipkan bacaan shalawat yang beragam.

Baca juga : Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua

Berikut ini adalah bacaan Shalawat Nariyah beserta latin dan terjemahannya :

Shalawat Nariyah

Bacaan Shalawat Nariyah Lengkap

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَآمًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَآئِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَآئِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَّكَ

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina Muhammadinilladzii tanhallu bihil-‘uqadu wa tanfariju bihil-kurobu wa tuqdhoo bihil-hawaa’iju wa tunaalu bihir-raghooibu wa khusnul-khawaatimi wa yustasqal-gamaamu bi wajhihil-kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii fii kulli lamhatiw wa nafasim bi ‘adadi kulli ma’luumil lak.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang melaluinya semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia awan menurunkan hujannya, dan semoga pula terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Keutamaan Shalawat Nariyah

Shalawat Tafrijiyyah (Nariyyah) disebutkan oleh Al-Arif Muhammad Haqqi Afandi An-Nazili di dalam kitabnya yang berjudul Khaziinatul Asraar. dan telah dinukil dari Imam Al-Qurthubi, bahwa barang siapa yang menetapinya sebagai wirid setiap harinya sebanyak 141 kali atau lebih, maka akan memperoleh keutamaan sebagai berikut:

  1. Allah akan melenyapkan kesedihan dan kedukaannya serta menghapus kesulitan dan bahaya yang menimpa.
  2. Allah akan memudahkan segala urusannya, memberikan cahaya kepada hatinya sehingga hatinya menjadi terang dan meninggikan martabatnya.
  3. Allah akan membuat baik keadaannya, meluaskan rezekinya, dan membukakan baginya semua pintu kebaikan dan kebajikan secara berlimpah.
  4. Suaranya didengar oleh para pemimpin (penguasa)
  5. Allah mengamankannya dari bencana yang menimpa di masanya dan menyelamatkannya dari malapetaka kelaparan dan kemiskinan.
  6. Allah menjadikan dirinya dicintai oleh semua orang.
  7. Dan tidak sekali-kali ia memohon sesuatu kepada Allah melainkan Allah Swt akan memberinya.

Demikianlah mengenai bacaan Shalawat Nariyah lengkap beserta terjemahnya. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas mengenai shalawat nariyah bisa bermanfaat.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …