Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Latin – Ramadhan merupakan salah satu bulan di mana seluruh umat muslim yang baligh serta cerdik di wajibkan untuk melakukan puasa sebulan penuh , barang siap yang melanggarnya maka termasuk dosa besar terkecuali terjadi sebuah halangan yang mengharuskan untuk berbuka misalnya wanita yang sedang haid , orang sakit , sedang dalam perjalanan jauh dan yang lainnya , namun di perbolehkan buka jikalau hal tersebut memenuhi aturan syara.

Meskipun orang islam yang tidak bisa menerima kemurahan untuk tidak berpuasa pada bulan ramadhan , tetap pada bulan-bulan yang lainnya di fardlu kan untuk mengganti puasa tersebut dan ini menjadi kewajiban setiap muslim , dan jikalau tidak maka dosa. Puasa ganti atau qadha ini berbeda dengan yang lainnya misalnya puasa senin kamis , bulan rajab , puasa syawal serta arafah/haji/dzulhijjah , yang mana kesemuanya memiliki kedudukan sebagai puasa sunnah , sedangkan qadha yaitu wajib.

Baca juga : Niat sholat rawatib (Qabliyah dan Ba’diyah)

Karena termasuk suatu kewajiban untuk di laksanakan maka puasa ganti ini harus di segerakan tidak boleh di tunda-tunda apalagi di laksanakan ketika ramadhan akan datang kembali. Sebaiknya puasa qadha ini di lakukan ketika semasih bulan syawal alasannya yaitu akan lebih mengagumkan lagi , meski boleh juga di cicil misalnya ahad sekarang 2 hari dan ahad yang akan datang di kerjakan lagi.

Bacaan Niat Puasa Ganti Qadha Ramadhan Latin

Dalam bacaan doa niat puasa qadha ini berbeda dengan ramadhan atau niat puasa senin kamis , hal ini sudah pasti alasannya yaitu niat ini menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya , maka alasannya yaitu itulah di sini kami akan menyajikannya secara lengkap , alasannya yaitu tidak menutup kemungkinan ada di antara saudara yang lupa bacaannya.

Niat Qadha Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma godin a’n qhadaa ,i fardo roomadhona lillahi ta’aala

Artinya : Aku niat puasa esok hari alasannya yaitu mengganti fardhu Ramadhan alasannya yaitu Tuhan Ta’ala

Baca juga : Lafadz niat puasa senin kamis lengkap dengan artinya

Tidak jauh berbeda dengan yang lainnya niat puasa qadha ini di baca sebelum datangnya waktu shubuh atau di waktu malam jangan hingga lupa membacanya , serta jangan lupa sebelum makan membaca dulu doa niat buka dan sahur puasa tujuannya biar lebih mendapat keberkahan.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …