Bacaan Niat Mandi Hari Jum’at Beserta Latin Dan Artinya

Doa Niat Mandi Hari Jum’at – Hari Jum’at merupakan hari yang paling baik diantara hari yang lainnya. Hari Jum’at juga mempunyai keistimewaan tersendiri. Namun pada kesempatan kali ini tidak akan membahas keistimewaan yang terdapat pada hari Jum’at. Melainkan akan berbagi bacaan niat mandi ketika hendak melaksanakan sholat Jum’at beserta latin dan artinya.

Seperti halnya dengan mandi wajib, mandi pada hari Jum’at juga sama yaitu mengalirkan air keseluruh tubuh (badan) untuk menghilangkan kotoran atau najis yang ada pada tubuh, yang berbeda hanya niatnya.

Untuk hukum melaksanakan mandi pada hari jum’at adalah sunah. kemudian waktu pelaksanaannya yaitu dari terbit fajar hingga menjelang akan melaksanakan sholat jum’at. Untuk orang yang mandi sebelum terbit fajar tidak terhitung telah melaksanakan mandi sunnah hari jum’at. Begitu juga orang yang melaksanakan setelah sholat jum’at.

Baca juga : Bacaan doa niat mandi wajib beserta hal yang mewajibkannya

Dibawah ini merupakan bunyi hadist yang menganjurkan untuk mengerjakan mandi sebelum melaksanakan sholat Jum’at. berikut adalah bunyi hadistnya.

إِذَا اَرَادَ اَحَدُكُمْ أَنْ يَأتِىَ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya: Dari Ibnu Umar, Rasulullah Saw bersabda ” Apabila salah seorang dari kamu hendak sembahyang (sholat) Jum’at, hendaklah ia mandi”. (H.R Muslim)

Dan untuk lafadz niat mandi sunah pada hari Jum’at beserta latin dan terjemahannya adalah sebagai berikut.

Niat Mandi Hari Jum’at

niat mandi hari jumat beserta latin dan artinya

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ

Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa

Artinya : “Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala”

Baca juga : Lafadz niat mandi biasa (bukan mandi wajib) lengkap dengan artinya

Demikianlah bacaan niat mandi sunah pada hari Jum’at yang di lakukan sebelum melaksanakan sholat Jum’at beserta latin dan artinya. Alangkah baiknya lafadz niat tersebut dihafalkan dan mengamalkannya, selain itu juga bisa menambah pahala. Semoga lafadz niat mandi pada hari Jum’at diatas bisa bermanfaat.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …