Bacaan Kalimat Tammah (Kalimat Sempurna) Lengkap dengan Artinya

Bacaan Kalimat Tammah (Kalimat Sempurna)

Bacaan Kalimat Tammah (Kalimat Sempurna) – kebanyakan dari kita selaku umat islam masih jarang yang mengetahuinya. Kalimat Tammah atau kalimat sempurna adalah untaian doa memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala bentuk kejahatan dan marabahaya. Tidak hanya perbuatan yang dilakukan oleh manusia namun juga mara bahaya dari yang lainnya seperti setan, binatang buas, dan sebagainya. Doa ini diperoleh rasulullah dari malaikat jibril ketika sedang dalam perjalanan isra mi’raj.

Riwayat Tentang Kalimat Tammah

Ketika Rasulullah SAW sedang dalam perjalanan Isra sebelum sampai  ketempat tujuan tercium olehnya bau yang harum, bau masithah penyisir anak fir’aun. Disitulah Nabi melihat ifrit yang mengikuti dari belakang dengan obor api pembakar kebenaran hendak membinasakan Rasulullah SAW. Malaikat mengajarkan kelimat Tammah untuk menolak dan menghancurkan ifrit tersebut.

Baca juga : Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap dengan Artinya

Kalimat itu dibaca oleh Rasulullah SAW maka ifrit tersungkur jatuh diatas tanah terbakar menjadi abu oleh api obornya sendiri. Dengan demikian kallimat diatas dapat digunakan untuk mengusir ifrit dan setan yang hendak melemahkan keimanan kita dan untuk menghindarkan diri dari kejahatan manusia yang mengikuti nafsu setan dan dari segala kejahatan apa saja.

Bacaan Kalimat Tammah

اَعُوْذُبِوَجْهِ اللهِ الْكَرِيْمِ وَبِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ الَّتِى لَايُجَاوِزُ هُنَّ بَرٌّ وَلَافَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَايَنْزِلُ مِنَ السَّمَآءِ وَمِنْ شَرِّمَا يَخْرُجُ فِيْهَا وَمِنْ شَرِّمَا ذَرَأَ فِى الْأَرْضِ وَمِنْ شَرِّمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمِنْ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَرِ وَمِنْ طَوَارِقِ اللَّيْلِ وَالنَّهَرِ إِلَّاطَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرِ يٰارَحْمٰنُ

A’uudzu biwaj’hillaahil kariim wa bikalimaatil laahit taammaatil latii laa yujaawizuhunna barrun wa laa faajirun min syarri maa yanzilu minas-samai wa min syarri maaya’ ruju fiiha wa min syarri maa dzaro-a fiil ardhi wa min syarri ma yakhruju minhaa wa min fitanil laili wan nahaari Wa min thawaariqil laili wannahaari illa thooriqan yathruqu bikhairin ya rahman.

Artinya:”Dengan nama Allah yang pengasih dan penyayang. Aku berlindung kepada Allah yang maha pemurah dan berpegang teguh pada kalimat-kalimatn-Nya yang sempurna yang tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun juga, baik orang taat maupun orang fisik, dari kejahatan yang turun dari langit dan kejahatan yang naik ke langit, kejahatan yang ada dimuka bumi dan kejahatan yang dari bumi. Kejahatan fitnah-fitnah dan peristiwa yang membawa akibat buruk yang terjadi siang dan malam, kecuali peristiwa yang membawa kebaikan. Wahai Tuhan kami yang maha Rahman (Pengasih).”

Baca juga : Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap dengan Artinya

Demikian Bacaan Kalimat Tammah, semoga apa yang  yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …