Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih, Doa Kamilin Lengkap Beserta Artinya

doa setelah sholat tarawih

Doa Setelah Sholat Tarawih, Doa Kamilin – Seperti yang kita ketahuhi sholat Tarawih adalah sholat sunah yang dikerjakan di bulan Ramadhan selama 30 hari, pada waktu malam hari yang dilakukan setelah sholat Isya sampai terbit fajar, sholat tarawih merupakan sholat sunah muakkad yaitu sholat sunah yang sangat di anjurkan.

Jumlah rakaat sholat Tarawih yang biasa dikerjakan oleh rasulullah Saw, adalah delapan rakaat, akan tetapi Umar bin Khattab mengerjakan sholat Tarawih hingga dua puluh rakaat. amalan sahabat Umar bin Khattab ini di sepakati para ulama. Jumlah rakaat sholat tarawih itu memang banyak perbedaanya diantara ada yang mengatakan 8 rakaat ditambah sholat witir 3 rakaat jadi jumlahnya 11 rakaat, ada pula yang mengatakan 20 rakaat ditambah dengan 3 rakaat sholat witir jadi 23 (dua puluh tiga) rakaat.

Baca juga : Niat sholat tarawih lengkap dengan latin dan terjemahnya

Sama seperti sholat wajib ataupun sholat sunnah lainnya, setelah selesai mengerjakan sholat tarawih kita dianjurkan untuk membaca wirid dan berdoa. Berikut ini adalah bacaan doa setelah sholat tarawih atau doa kamilin berserta latin dan artinya.

Doa Setelah Sholat Tarawih

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبِاالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ. وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلٰى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ, بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَّعِيْنَ

مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُوْلٰئِكَ رَفِيْقًا ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا

اَللّٰهُمَّ اَجْعَلْنَا فِى هٰذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْن

وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahummaj’alnaa bil-iimaani kaamiliin, wa lil-faraa ‘idimu’addiin, wa lis-salaati haafiziin, wa liz-zakaatii faa’iliin, wa limaa ‘indaka taalibiin, wa li’afwika raajiin, wa bil-hudaa mutamassikiin, wa ‘anil-lagwi mu’ridiin, wa fid-dun-yaa zaahidiin, wa fil-aakhirati raagibiin, wa bil-qadaa’i raadiin, wa lin-na ‘maa’i syaakiriin, wa ‘alal-balaa’i saabiriin, wa tahta liwaa’i sayyidinaa Muhammadin sallallahu ‘alaihi wa sallama yaumal-qiyaamati saa’iriin, wa ilal-haudi waaridiin, wa ilal-jannati daakhiliin, wa minan-naari naajin, wa ‘alaa sariiril-karaamati qaa’idiin wa min huurin ‘iinim mutazaw-wijiin, wa min sundusiw wa istabraqiw wa diibaajim mutalabbisiin, wa min ta’aamil-jannati aakiliin, wa mil labaniw wa ‘asalim musaffan syaaribiin, bi akwaabiw wa abaariiqa wa ka’sim mim ma’iin.

Ma’allaziina an’amta ‘alaihim minan-nabiyyiina was-siddiiqiina wasy-syuhadaa’i was-saalihiinna wa hasuna ulaa’ika rafiiqaa, zaalikal-fadlu minallaahi wa kafaa billaahi ‘aliimaa

Allaahummaj’alnaa fii lailati haazasy-syahrisy-syariifatil-mubaarakati minas-su’adaa’il-maqbuuliina wa laa taj’alnaa minal-asyqiyaa’il-marduudiin.

Wa sallallaahu ‘alaa Muhammadiw wa ‘alihii wa sahbihii ajmaa’in, bi rahmatika yaa arhamar-raahimiin, wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

Artinya:

“Ya Allah, Jadikanlah kami berkat iman orang-orang yang sempurna, orang-orang yang mengerjakan hal-hal yang fardu, orang-orang yang memelihara sholat, orang-orang yang menunaikan zakat, orang-orang yang mengharapkan pahala yang ada di sisi-Mu, orang-orang yang mengharapkan ampunan-Mu, orang-orang yang berpegang teguh kepada hidayah, orang-orang yang berpaling dari perbuatan yang sia-sia, orang-orang yang berzuhud terhadap duniawi, orang-orang yang mengharapkan pahala akhirat, orang-orang yang ridha dengan qada, orang-orang yang mensyukuri nikmat, orang-orang yang sabar menghadapi cobaan dan musibah, dan orang-orang yang berjalan di bawah panji Nabi Muhammad Saw, kelak di hari kiamat, orang-orang yang digiring munuju telaga (Kausar) untuk meminum airnya, orang-orang yang masuk kedalam surga, orang-orang yang diselamatkan dari neraka, orang-orang yang didudukkan di atas dipan-dipan kemuliaan, orang yang mengawini bidadari-bidadari yang bermata jeli, orang-orang yang mengenakan pakaian dari sutra tipis dan tebal, orang-orang yang memakan makanan surga, dan minum dari air susu dan madu dengan memakai gelas-gelas dan cerek-cerek serta sloki (piala) yang langsung dari sumber-sumbernya.”

“Yaitu dengan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat kepada mereka dari kalangan para nabi, kaum siddiqin, para syuhada dan orang-orang yang saleh, mereka adalah sebaik-baik teman, yang demikian  itu adalah karunia dari Allah, dan cukuplah Allah Yang Maha Mengetahui”

“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang berbahagia yang diterima amal perbuatannya dalam bulan yang mulia dan diberkati ini, dan janganlah Engkau jadikan kami orang-orang celaka yang ditolak amal perbuatannya”

“Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih di antara pengaasih, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Baca juga : Doa setelah sholat hajat beserta artinya

Itulah bacaan doa setelah sholat tarawih atau doa kamilin beserta latin dan artinya, doa diatas biasanya di baca oleh imam, kita sebagai makmum hanya mengamininya saja, doa ini juga bisa di baca jika kita mengerjakan sholat tarawih sendiri karena ada halangan jadi tidak bisa sholat tarawih secara berjamaah.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …