Bacaan Doa Ketika Mengalami Mimpi Buruk dan Mimpi Baik Beserta Artinya

doa ketika mimpi buruk

Bacaan Doa Ketika Mengalami Mimpi Buruk dan Mimpi Baik – Mimpi adalah hal alami yang tentunya setiap orang pasti pernah mengalaminya. Mimpi juga sering disebut sebagai bunga tidur.

Definisi Mimpi

Apakah mimpi itu?

Dalam Sabdanya, Rasulullah pernah menjelaskan:

“Mimpi itu ada tiga macam, yaitu mimpi yang baik sebagai berita gembira dari Allah, mimpi seorang muslim yang dialami oleh dirinya sendiri, dan mimpi sedih yang berasah dari setan. Jika salah seorang di antara kalian mengalami mimpi yang tidak disukai, janganlah menceritakannya kepada orang lain, bagunlah, kemudian shalatlah.”(HR.Bukhari dan Muslim).

Dari keterangan hadits di atas, terdapat tiga macam mimpi :

  1. Mimpi dari diri sendiri
  2. Mimpi yang baik dan benar dari Allah
  3. Mimpi yang buruk atau batil dari setan

Mimpi Dari Diri Sendiri

Mimpi yang berasal dari diri sendiri, biasanya disebut sebagai bunga tidur atau kembang tidur. Mimpi jenis ini tidak mempunyai makna apapun, karena berasal dari sesuatu hal yang dipikirkan kemudian hal tersebut mengendap dalam pikiran sehingga dapat terbawa ke dalam mimpi. Mimpi yang demikian tidak dapat ditakwilkan.

Misalnya, seorang anak yang sedang menginginkan sebuah sepatu dan keinginannya itu belum terpenuhi, maka sangat mungkin baginya untuk memimpikan sepatu yang diinginkannya. Mimpi ini bersifat fitriah atau alamaiah.

Baca juga : Doa Agar Mendapat Mimpi Baik dan Indah

Mimpi Baik

Adapun mimpi yang baik yang berasal dari Allah sebagai kabar gembira dari-nya. Mimpi yang baik ini bersumber dari berbagai macam amal yang benar dan baik, juga mengingatkan akan berbagai macam akibat dari berbagai urusan. Dari mimpi itulah, muncul berbagai perintah, larangan, berita gembira dan peringatan.

Dapat dikatakan seperti itu karena pada dasarnya mimpi yang baik merupakan sisa dan bagian dari kenabian, sebab ada nabi yang wahyunya berupa mimpi.

Dalam sebuah hadits diterangkan:

Mimpi seorang mukmin merupakan satu bagian dari empat puluh enem bagian kenabian.”(HR.Bukhari dan Muslim).

Mimpi yang baik ini dialami manusia disaat kondisi psikologisnya seimbang dan keadaan cuacanya sedang, seperti ditandai oleh bergoyangnya pepohonan hingga berjatuhannya dedaunan.

Terjadinya mimpi yang baik ini tidak didahului oleh adanya pikiran dan keinginan akan sesuatu sehingga kemudian muncul dalam mimpi. Mimpi yang benar ini juga tidak ternodai oleh peristiwa junub dan haid.

Disaat bermimpi baik kita wajib mensyukurinya dan dianjurkan untuk menceritakannya kepada orang lain sebagai wujud syukur.

Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi yang ia sukai, maka sesungguhnya ia datangnya dari Allah Swt. maka bertahmidlah (ucapkan Alhamdulillah) dan kabarkanlah mimpi baik tersebut (kepada orang lain).”(HR.Bukhari dan Muslim)

Mimpi Buruk

Selain mimpi baik, ada juga mimpi buruk yang bersumber dari setan. Mimpi ini berasal dari setan dan dibuat dengan sengaja untuk menampakan hal-hal yang buruk agar seseorang dapat terkejut, sedih, atau bisa jadi hingga membuatnya sakit.

Hal itu dilakukan karena setan adalah musuh manusia, mereka senang terhadap apa yang dibenci oleh manusia.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Mujaadilah ayat 10:

اِنَّمَا النَّجۡوٰی مِنَ الشَّیۡطٰنِ لِیَحۡزُنَ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا وَ لَیۡسَ بِضَآرِّہِمۡ شَیۡئًا اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰہِ ؕ وَ عَلَی اللّٰہِ فَلۡیَتَوَکَّلِ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ

Artinya:“Sesungguhnya, pembicaraan rahasia itu adalah setan, supaya orang-orang yang beriman itu berduka cita, sedang pembicaraan itu tiadalah memberi mudharat sedikit pun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah dan kepada Allah-lah hendaknya orang-orang yang beriman bertawakkal.” (QS. Al-Mujaadilah ayat 10).

Mimpi buruk yang terjadi pada seseorang ini merupakan permainan setan, sebagaimana dalam hadits bahwa seorang laki-laki pernah berkata kepada Rasulullah, “Sesungguhnya, saya telah bermimpi (melihat) kepalaku telah terputus (dari badanku), lalu saya mengikutinya dari belakang.”

Maka Rasulullah mencelanya dan besabda:

“Janganlah kamu ceritakan (kepada orang lain) permainan setan terhadapmu dalam mimpi(mu).”(HR.Muslim).

Maka dari itu kita dianjurkan untuk senantiasa membaca doa sebelum tidur agar kita dilindungi oleh Allah saat tidur dan dijauhkan dari mimpi buruk.

Yang Harus Dilakukan Ketika Mimpi Buruk

Apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan mimpi buruk di dalam tidur kita?

Yang harus kita lakukan adalah memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al A’raaf ayat 200:

وَ اِمَّا یَنۡزَغَنَّکَ مِنَ الشَّیۡطٰنِ نَزۡغٌ فَاسۡتَعِذۡ بِاللّٰہِ ؕ اِنَّہٗ سَمِیۡعٌ عَلِیۡمٌ

Artinya: “Dan, jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan maka berlindunglah kepada Allah…”(QS.Al-A’raaf ayat 200).

Rasulullah bersabda:

“Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi yang ia benci, maka hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan ubahlah posisi tidurnya dari posisi sebelumnya ke posisi lainnya.”(HR.Muslim).

Dari hadits diatas, ada tiga hal yang harus kita lakukan ketika mengalami mimpi buruk.

1. Meludah kearah kiri sebanyak tiga kali

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika mengalami mimpi buruk adalah meludah kearah kiri sebanyak tiga kali. Hal ini dimaksudkan untuk mencela setan dan menghinakannya.

2. Memohon perlindungan kepada Allah dengan membaca Doa

hal kedua yang harus dilakukan adalah membaca doa atau ber-ta’awwudz untuk meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatan setan dan keburukan yang dimimpikan sebanyak tiga kali.

Adapun doa ketika mimpi buruk yang diajarkan Nabi Muhammad adalah sebagai berikut.

Doa ketika mimpi buruk

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

“Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A’udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni”

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, keburukan hukuman-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan setan serta kehadiran mereka.”

3. Mengubah posisi tidurnya ke sisi lain

Apabila mengalami mimpi buruk ketika sedang tidur, kita dianjurkan untuk mengubah posisi tidur kita.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuang jauh-jauh mimpi buruknya dan untuk bisa digantikan dengan mimpi yang baik ketika merubah posisi tidurnya.

Jangan Menceritakan Mimpi Buruk yang dialaminya Kepada Orang Lain

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan:

“Hendaklah ber-isti’adzah dengan sepenuh keinginan, kehadiran hati, keheningan batin, dan kebenaran tawajjuh. Maka, tidak cukup hanya menggerakkan lisan saja.”

Ketika orang yang bermimpi buruk melakukan tiga hal diatas, maka mimpi yang dialaminya tidak akan membahayakannya.

Imam Nawawi berkata:

“Maknanya, Allah Swt akan menjadikan ini sebagai sebab keselamatannya dari hal yang dibenci dari mimpinya, sebagaimana Dia menjadikan shadaqah sebagai penjaga harta dan sebab tertolaknya bencana.”

Apabila semua hal diatas sudah dilakukan, namun mimpi buruk masih juga datang, maka hendaknya ia bangun, lalu berwudhu dan kemudian mengerjakan sholat sunnah.

Dan, jangan ceritakan mimpi buruk kepada orang lain dengan mengatakan:

“Saya telah bermimpi begini dan begitu.”

Sebaiknya sembunyikanlah mimpi buruk tersebut, seakan-akan tidak pernah memimpikannya.

Rasulullah bersabda:

“Dan, apabila ia melihat (dalam mimpinya) sesuatu yang ia benci, maka janganlah ia menceritakannya kepada seorang pun, dan hendaknya ia bangun kemudian shalat.”(HR.Ahmad).

Perlu diingat juga bahwa terkadang mimpi buruk yang dialami bisa jadi merupakan pertanda akan terjadinya peristiwa yang akan datang.

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk berdoa dengan doa berikut:

“Aku berlindung dengan apa yang para malaikat Allah dan rasu-rasul-Nya berlindung dengannya, dari apa yang aku lihat dalam mimpiku ini, dari bencana yang akan menimpaku di dunia dan akhirat.” (HR.Dailami, Abdurrazzaq, Ibnu Abi Syaibah dan Baihaqi).

Doa Ketika Mimpi Buruk Dan Mimpi Baik

Berikut adalah bacaan doa ketika mendapat mimi buruk dan baik beserta latin dan terjemahannya,

Doa Ketika Mimpi Buruk

اَللَّهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlami

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk”

Bacaan doa ketika mimpi buruk diatas di baca pada saat kita terbangun karena mendapatkan mimpi buruk supaya kita terhindar dari godaan setan pada saat kita tidur dan dibebaskan dari mimpi buruk pada saat tidur kembali.

Tidak hanya ketika mendapat mimpi buruk saja kita berdoa, Jika kita mendapat mimpi baik juga di anjurkan untuk berdoa dibawah ini adalah bacaan doa ketika mendapat mimpi baik beserta latin dan artinya.

Doa Ketika mimpi Baik

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara alam semesta”

Bisa juga membaca doa di bawah ini

Baca juga : Doa Hendak Tidur dan Ketika Bangun Tidur

Doa Ketika Mendapat Mimpi Baik

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”

Demikianlah ulasan mengenai doa ketika mimpi buruk.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …