Auto Transformator dan Transformator Isolasi untuk Profesional Listrik

Auto Transformator dan Transformator Isolasi untuk Profesional Listrik

Auto Transformator dan Transformator Isolasi untuk Profesional Listrik – Transformator adalah perangkat yang mentransfer daya listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lain tanpa mengubah frekuensi. Ini berisi gulungan primer dan sekunder di mana gulungan primer terhubung ke rangkaian utama dan gulungan sekunder ke rangkaian beban yang diperlukan. Sebuah trafo isolasi didefinisikan sebagai gulungan primer dan sekunder dari transformator yang terpisah satu sama lain.

Transformator isolasi

Kekuatan input dan output dalam transformator secara magnetis digabungkan karena desain transformator dibuat dengan menggunakan penghalang isolasi dielektrik. Sebuah trafo isolasi mengisolasi beban dalam sistem kelistrikan untuk mencegah peralatan dari mendapatkan lonjakan dan harmonik dari listrik seperti yang ditunjukkan pada gambar. Transformator seperti itu juga dikenal sebagai trafo isolasi.

Baca juga : Konstruksi Transformator dan Prinsip Kerja Transformator (trafo)

Trafo isolasi dengan pelindung elektro statis digunakan untuk peralatan sensitif seperti komputer dan instrumen laboratorium. Rasio putaran menentukan apakah transformator digunakan: untuk naik atau turun atau untuk tegangan yang tidak berubah. Transformator ini dapat digunakan dalam aplikasi yang berbeda seperti alat listrik portabel dan traksi listrik, dan sebagainya. 

Auto Transformator dan Transformator Isolasi untuk Profesional Listrik

Klasifikasi Berdasarkan Pengaturan Belitan

  • Beberapa transformator yang mampu menghasilkan tegangan output yang identik dengan inputnya dikenal sebagai trafo isolasi 1:1.
  • Trafo Step-up menghasilkan tegangan output yang lebih besar dari tegangan inputnya.
  • Trafo step-down menghasilkan output yang lebih kecil dibandingkan inputnya.

Transformator Step-up

Transformator step up

Jenis transformator ini memiliki lebih banyak jumlah belitan di belitan sekunder dan lebih sedikit di primer sehingga tegangan lebih di sekunder jika dibandingkan dengan primer seperti yang ditunjukkan pada gambar. Jumlah putaran di kedua belitan ditentukan oleh persyaratan peringkat aplikasi. Trafo Step-up digunakan sebagai penguat saluran transmisi daya.

Baca juga : Perbedaan Trafo Step Up dan Trafo Step Down

Transformator Step-down

Transformator step down

Jenis transformator ini mengurangi tegangan supply listrik ke nilai yang rendah tergantung pada kebutuhan beban. Dalam transformator step-down, belitan primer terdiri dari jumlah belitan yang lebih banyak dibandingkan dengan belitan sekunder.

Hubungan antara arus, tegangan dan putaran dalam persamaan rasio transformasi yang diberikan di bawah ini.

Rasio transformasi tegangan = Putaran Sekunder / Putaran Primer
Rasio transformasi saat ini = Putaran Primer / Putaran Sekunder

Klasifikasi Berdasarkan Sifat Catu Daya (power supply)

Trafo isolasi dapat dihasilkan untuk beroperasi pada supply AC 1 phase dan 3 phase.

Transformator 1 Phase

Trafo 1 phase Ini dihasilkan untuk beroperasi pada supply AC 1 phase dan sebagian besar digunakan untuk aplikasi berdaya rendah seperti penerangan perumahan, pendingin udara dan pemanas, dll. Transformator 1 phase dapat dihubungkan kembali secara seri atau paralel berdasarkan kebutuhan dari beban.

Transformator 1 phase

Transformator 1 phase terdiri dari dua belitan pada inti besi yang sama. Jika salah satu belitan terhubung ke tegangan AC, medan magnet alternatif diatur pada inti besi. Bidang ini ditambah dengan belitan sekunder menghasilkan GGL di dalamnya. Akibatnya, GGL ini menggerakkan arus untuk mengalir ke rangkaian beban.

Transformator 3 Phase

Transformator 3 phase ini dirancang dan dibangun untuk tegangan spesifik khususnya untuk tegangan lebih tinggi. Transformator 3 phase memiliki tiga jenis gulungan karena gulungan primer dan sekunder dimasukkan sebagai 3 phase .

Transformator 3 phase

Belitan ini dapat dihubungkan dalam bentuk wye (star) atau delta. Kombinasi belitan primer dan sekunder dapat berupa delta-delta, wye-delta, wye-wye dan delta-wye. Jenis konfigurasi ini tergantung pada aplikasi – seperti, di sisi distribusi, delta ke koneksi star transformator digunakan.

Baca juga : Cara Kerja Transformator – Jenis, Persamaan & Fungsinya

Auto Transformator

Suatu Auto Transformator hanya terdiri dari satu belitan, dan sebagian darinya bertindak sebagai belitan sekunder. Ini lebih kecil, lebih ringan dan lebih murah daripada transformator belitan ganda dan juga memiliki reaktansi kebocoran yang lebih rendah, efisiensi yang lebih tinggi, kualitas daya yang baik, dan kebutuhan tembaga yang lebih sedikit.

Meskipun lebih menguntungkan daripada yang konvensional, namun tidak memberikan isolasi listrik untuk memuat dari listrik, dan lebih rentan terhadap kesalahan. Jenis transformator ini dapat digunakan untuk meningkatkan atau menurunkan tegangan dengan menghubungkan gulungan di berbagai konfigurasi.

Auto transformator

Auto Transformator digunakan dalam transmisi daya, distribusi, kereta api dan aplikasi audio. Rasio belitan trafo step down kurang dari ‘1’, dan rasio putaran trafo step up selalu lebih besar dari ‘1’.

Baca juga : Pengertian Transformator Beserta Fungsi dan Jenis Transformator

Auto Transformator Step-up

Jenis auto transformator di mana tegangan sumber terhubung ke belitan utama dan beban dihubungkan melintasi bagian belitan utama disebut sebagai auto transformator step-up.

Auto Transformator Step-down

Jenis auto transformator tempat tegangan sumber diterapkan ke bagian belitan utama, dan beban dihubungkan ke seluruh belitan utama, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Variabel Auto Transformator

Variabel auto transformator

Sebuah variabel auto transformator juga dikenal sebagai variac di mana koneksi sekunder melalui sikat geser memungkinkan tegangan untuk bervariasi pada rentang yang diberikan. Jenis transformator ini adalah kontrol tegangan AC yang menyediakan tegangan AC variabel ke berbagai rangkaian. Transformator variac dapat meningkatkan tegangan output, yang kelebihan dan dua kali lipat dari tegangan input.

Auto Transformator ini dilengkapi dengan banyak tap dan gir sakelar otomatis yang memungkinkannya bertindak sebagai pengatur tegangan otomatis. Fitur utama dari variabel auto transformator adalah efisiensi tinggi, kenaikan suhu rendah dan kapasitas kelebihan waktu yang singkat.

Setelah melalui informasi di atas, orang dapat dengan mudah membandingkan kedua transformator ini. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang muncul setelah membandingkannya.

Transformator isolasi vs transformator otomatis

1. Dalam trafo isolasi, input diisolasi dari output, sedangkan dalam auto transformator, tidak ada isolasi listrik antara input dan output.

2. Trafo isolasi terdiri dari gulungan primer dan sekunder yang terluka pada inti besi, sedangkan auto transformator terdiri dari satu coil yang bertindak sebagai gulungan primer dan sekunder.

3. Karena belitan lebih banyak, trafo isolasi membutuhkan lebih banyak tembaga, sehingga beratnya sangat tinggi, sedangkan auto transformator memerlukan gulungan lebih sedikit dan inti kecil sehingga ini lebih ringan dan lebih murah untuk peringkat trafo isolasi yang sama.

4. Jika ada lonjakan yang terjadi pada belitan primer trafo isolasi, lamanya memuat tetapi auto transformator mempertahankan output ke tingkat yang ditentukan, terlepas dari fluktuasi input.

5. Regulasi tegangan rendah terjadi pada trafo isolasi karena ayunan tegangan besar, sedangkan regulasi tegangan tinggi terjadi pada auto transformator karena ayunan tegangan lebih kecil.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …