Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya

Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya – Dalam berbagai kesempatan terdapat pengertian komprehensif yang sering kita dengar, tetapi beberapa orang belum memahami dan mengerti definisi komprehensif beserta contoh komprehensifnya. Istilah ini dapat ditemukan dalam ujian komprehensif yang ditemukan dalam perkuliahan sarjana sebagai bentuk ujian skripsi.

Pelaksanaan ujian ini ditujukan untuk para sarjana agar melakukan ujian tersebut sebelum lulus. Maka dari itulah ujian komprehensif wajib dilakukan oleh para lulusan sarjana. Ujian secara komprehensif dilakukan untuk melihat pemahaman seseorang terkait materi pembelajaran yang diperoleh dan telah ditempuh selama kuliah.

Arti komprehensif sendiri ialah segala sesuatu yang memiliki sifat lengkap dan luas seperti berupa ruang lingkup cukup luas serta meliputi semua aspek. Selain itu adapula pengertian komprehensif lainnya yaitu segala sesuatu yang mempunyai wawasan dan terlihat lebih jelas sehingga pemahamannya dapat lebih baik dan dari berbagai sisi dapat dilihat serta lebih menyeluruh.

Maka dari itu segala bentuk permasalahan dapat diselesaikan dengan bijaksana dan baik. Pada dasarnya contoh komprehensif tersebut digunakan untuk menjelaskan sebuah keadaan secara luas dan lengkap mengenai keterangan wawasan yang dilahirkan lebih dibandingkan sebelumnya.

komprehensif

Pengaplikasian istilah komprehensif sendiri dapat dilakukan di berbagai bidang seperti bidang akuntansi, kebidanan, filsafat dan sebagainya. Sebagian orang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun penggunaan komprehensif tersebut untuk menggambarkan suatu kondisi secara menyeluruh dan lengkap mengenai keterangan tertentu serta lebih memberikan wawasan tertentu.

Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Kalimat Tanya Beserta Contohnya

Apa sebenarnya maksud komprehensif tersebut? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang arti komprehensif beserta pengertian komprehensif dan contoh komprehensif terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menemukan berbagai jenis kata kerja, sifat, maupun benda yang sangat asing di telinga. Misalnya saja komprehensif yang notabennya sedang kita bahas saat ini.

Sedikit dari masyarakat awam yang mengetahui makna kata komprehensif karena biasanya diucapkan oleh orang-orang dengan pengetahuan diatas rata-rata. Namun dalam dunia pendidikan penggunaan kata ini sudah tidak asing lagi dan banyak sekali digunakan di berbagai kesempatan.

Pengertian komprehensif ialah segala hal yang sifatnya lengkap dan luas di berbagai ruang lingkup serta aspek yang luas pula. Selain itu adapula yang mengartikan komprehensif sebagai sesuatu yang mempunyai ruang lingkup cukup luas dan dari berbagai aspek dapat melihatnya sehingga secara menyeluruh dapat melihatnya serta dengan benar dan baik  dapat menyelesaikannya. Selain itu adapula definisi komprehensif menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu:

  • Memiliki kemampuan untuk menerima dan menangkap yang sifatnya baik.
  • Lengkap dan luas tentang hal yang mencakup isi atau ruang lingkupnya.
  • Dapat melihat dan memiliki wawasan lebih luas.

Menurut bahasa Inggris, arti komprehensif berarti “comprehensive” yang maknanya luas, teliti, lengkap, meliputi banyak hal dan menyeluruh. Pada dasarnya contoh komprehensif tersebut digunakan dalam menggambarkan sebuah keadaan sesuatu secara luas dan lengkap keterangannya serta wawasan yang diberikan juga lebih luas.

Penggunaan Istilah Komprehensif dan Contohnya

Setelah menjelaskan tentang pengertian koprehensif, selanjutnya saya akan membahas tentang penggunaan istilah komprehensif. Penggunaan istilah komprehensif memang terdapat di berbagai bidang kehidupan seperti bidang kebidanan, filsafat, akuntansi dan sebagainya. Adapun penjelasan mengenai penggunaan komprehensif diberbagai bidang yaitu sebagai berikut:

Baca juga : 28 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya

  • Komprehensif dalam bidang filsafat dapat diartikan sebagai cara para filsafat untuk berpikir mengenai segala sesuatu yang dikaji secara menyeluruh sehingga tidak ada bagian yang letaknya di luar atau tidak memiliki bagian yang tersisa lagi.
  • Komprehensif dalam bidang kebidanan dapat diartikan sebagai bentuk pelaksanaan penanganan kepada bayi dan ibu sejak di dalam kandungan secara berkesinambungan hingga telah melahirkan bayi tersebut.
  • Komprehensif dalam bidang akuntansi dapat diartikan sebagai prinsip dalam membuat laporan kerugian dan keuntungan, dimana tingkat keberhasilan kinerjanya diukur dalam periode tertentu di sebuah perusahaan.

Agar anda lebih memahami mengenai arti komprehensif tersebut, maka saya akan membagikan beberapa contoh komprehensif dalam kalimat yaitu sebagai berikut:

  • TVPakar menyajikan berita komprehensif yang membuat masyarakat pada akhirnya memahami secara menyeluruh terkait permasalahan tertentu.

Dalam kalimat tersebut terdapat pengertian komprehensif yaitu laporan berita mengenai penyajian sebuah fakta secara menyeluruh di berbagai aspek sehingga pengkajian tersebut dapat memperoleh kesimpulan.

  • Di akhir semester terdapat pelaksanaan ujian komprehensif di setiap sekolah untuk seluruh siswa siswinya.

Dalam contoh komprehensif tersebut terdapat arti komprehensif sebagai ujian yang mencakup berbagai bidang dalam aspek keilmuan. Maka dari itu seorang siswa dapat dilihat apakah dapat lulus ataupun tidak.

  • Keuntungan komprehensif yang diperoleh Perusahaan PT. Sekar Makmur pada tahun 2017 akan dilaporkan.

Dalam kalimat tersebut terdapat pengertian komprehensif yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi keuntungan perusahaan di luar operasional normal dalam perusahaan tersebut. Contohnya keuntungan nilai tukar mata uang yang terdapat dalam perusahaan.

  • Para pasien rumah sakit Sukamaju memberikan pelayanan komprehensif.

Dalam kalimat tersebut terdapat makna komprehensif yaitu pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit Sukamaju diberikan secara menyeluruh kepada pasiennya, mulai dari upaya rehabilitatif, preventif sampai kuratif.

Sekian penjelasan mengenai arti komprehensif beserta pengertian komprehensif dan contoh komprehensif terlengkap. Komprehensif merupakan segala hal yang sifatnya lengkap dan luas di berbagai ruang lingkup serta aspek yang luas pula.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …