5 Cara Mudah Menghilangkan Bug Pada Android Paling Ampuh!

TEKNOBAE.COM - Cara menghilangkan bug di Hp Android merupakan trik yang perlu diketahui oleh pengguna smartphone agar sistem Hp tidak rusak. Android merupakan salah satu sistem operasi (OS) yang banyak digunakan pada perangkat smartphone.

cara menghilangkan bug pada android

Pengoperasiannya yang terbilang mudah karena tampilannya yang sederhana sehingga menjadi kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya. Apalagi Android terus memperbaharui fitur dan performa sistem. Meskipun begitu, Hp Android juga tidak lepas dari masalah, misalnya seperti bug.

Ketika terdapat bug pada perangkat smartphone, otomatis akan mempengaruhi performa perangkat itu sendiri. Mulai dari Hp yang ngelag, lemot, aplikasi keluar sendiri dan masih banyak lagi error lainnya yang tentu sangat mengganggu bagi pengguna. Tapi jangan khawatir karena TEKNOBAE akan membagikan sebuah trik cara menghilangkan bug pada Android.

Apa Itu Bug?

Sebelum masuk kepembahasannya, mimin akan berikan sedikit informasi mengenai apa itu bug android. Agar nantinya kamu bisa memahami dan terhindar dari kejadian yang sama.

Bug merupakan sebuah kesalahan atau error pada perangkat lunak atau keras sehingga program tidak berfungsi secara normal. Bug ini bisa terjadi pada semua tipe maupun merk Hp.

Baca juga : Cara Mengecek Versi OS Android Semua Merk dengan Mudah

Bukan hanya di perangkat smartphone saja, bug juga bisa terjadi pada perangkat keras seperti komputer.

Munculnya bug di Hp tentu tidak begitu saja. Pastinya ada penyebab kenapa error ini bisa muncul pada Hp Android kamu, diantaranya :

Penyebab Munculnya Bug di Android

1. Menginstall Aplikasi atau Mendownload File Berbahaya

Penyebab bug android yang pertama yang sering terjadi adalah karena kamu mendownload atau menginstall aplikasi dan file sembarangan.

Tidak semua file yang akan kamu download di internet itu aman, bahkan ada beberapa yang mengandung virus yang bisa merusak sistem perangkat kamu. Jadi pastikan terlebih dahulu situs tempat kamu mengunduh file merupakan website yang aman.

2. Mengklik Sembarang Link

Ketika kamu menerima pesan yang dikirim oleh orang lain terlebih lagi orang yang tidak dikenal, sebaiknya berhati-hati dan jangan sembarangan mengklik link yang di kirim tersebut. Bisa saja link tersebut sudah ditanamkan virus yang akan merusak Hp kamu.

Agar nantinya tidak pusing untuk mencari cara menghilangkan bug di Android, silahkan tanya terlebih dahulu kejelasan link yang kamu terima atau hindari saja untuk tidak mengklik link tersebut.

3. Terjadi Kerusakan Sistem

Bug tidak hanya berasal dari faktor eksternal saja, tetapi juga bisa berasal dari smartphone itu sendiri. Lebih tepatnya jika terjadi kerusakan sistem. Kalau hp kamu sudah berusia cukup lama, maka hal ini bisa saja terjadi.

Baca juga : 3 Cara Paling Mudah untuk Keluar dari Fastboot Xiaomi

Cara Menghilangkan Bug Pada Android Paling Efektif

Nah, kalau hp kamu mulai berjalan tidak normal atau bahkan sering ngehang, langsung saja coba beberapa solusi di bawah ini untuk mengatasi masalah error tersebut.

ada beberapa metode untuk menghapus bug pada Android, diantaranya :

1. Restart Hp Android

Cara yang satu ini merupakan yang paling simpel dan mudah dilakukan, yaitu dengan merestart Hp Android. Proses restart biasanya akan menghapus semua bug atau error yang terjadi pada sistem smartphone tersebut.

Sehingga ketika dinyalakan ulang, Hp kembali fresh seperti semula. Kamu hanya perlu menekan tombol power, kemudian pilih Restart atau Reboot. Biarkan Hp mati dan hidup lagi secara otomatis.

Setelah itu bisa kamu lihat perbedaannya. Apabila masih belum berhasil, bisa jadi bug yang muncul sangat bandel. Untuk itu kamu bisa mencoba solusi lainnya yang ada di bawah ini.

2. Install Aplikasi Antivirus

Cara yang selanjutnya adalah dengan menginstall aplikasi antivirus. Kalau hp android kamu sudah terlanjur terkena bug, silahkan segera unduh dan install aplikasi antivirus kemudian lakukan scaning untuk menghapus bug.

Jika sudah hilang, biarkan aplikasi antivirus tersebut tetap ada di hp kamu, karena bisa menjadi pelindung hp. Namun pastikan kalau kamu mengunduh aplikasi antivirus yang mempunyai fitur yang lengkap dan mampu melindungi smartphone secara menyeluruh.

3. Update atau Uninstall Aplikasi di Android

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau penyebab bug bukan hanya dari faktor eksternal. Bug juga bisa muncul dari aplikasi yang terinstall di hp kamu. Jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbahaya atau tidak dikenal, sebaiknya kamu  hapus saja.

Namun jika semua aplikasi dirasa aman, coba kamu update aplikasi-aplikasi tersebut. Biasanya aplikasi yang dengan versi lama akan terdapat sistem yang tidak berfungsi lagi karena tidak diperbaharui sehingga menyebabkan bug.

Nah dengan menggunakan versi yang baru tentu sistem akan lebih fresh. Setelah melakukan pembaharuan, jangan lupa untuk merestart hp terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Teks di Belakang Objek Video dengan Capcut Hanya 1 klik

4. Update Versi Android

Cara menghilangkan bug pada android adalah dengan mengupdate versi Android. Sama seperti aplikasi, kalau kamu menggunakan OS Android versi jadul, besar kemungkinan munculnya bug di hp kamu.

Untuk mengatasinya, ya dengan update versi android terbaru. Versi yang baru akan memberikan kemampuan yang lebih kuat untuk melawan bug. Selain itu kamu juga akan mendapatkan fitur-fitur yang terbaru.

5. Lakukan Factor Reset

Jika semua cara di atas tidak berhasil juga, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini akan menghapus semua bug dan error serta mereset pengaturan yang sudah dibuat, sehingga hp kembali menjadi setelah pabrik.

Perlu kamu ingat, sebelum melakukan factory reset sebaiknya backup terlebih dahulu semua file dan data yang ada di hp kamu. Caranya, masuk ke menu setelan Hp kemudian cari menu reset.

Metode ini cukup efektif dalam mengatasi bug di Hp android yang sudah parah.

Akhir Kata

Sebelum membawa hp kamu yang bermasalah ke tempat servis, tidak ada salahnya kan kamu coba dulu semua solusi di atas. Karena jika cara tersebut berhasil tentu bisa menghemat biaya pengeluaran bukan.

Itulah tutorial cara menghilangkan bug pada Hp Android. Jika ada keterangan yang kurang jelas, silahkan tanyakan saja pada kolom komentar. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Next Post Previous Post