3 Cara Mudah Menghapus Cache di Hp Android Agar tidak Lemot

TEKNOBAE.COM - Pengguna smartphone tidak akan lepas dari yang namanya cache. Apa itu? Cache adalah sebuah file untuk menyimpan data sementara dari sebuah aplikasi ataupun website yang dijalankan.

menghapus chace

Sehingga proses menjalankan aplikasi atau halaman web jadi lebih cepat. Dengan adanya cache, kamu bisa mengunjungi website atau aplikasi dengan cepat bahkan terkadang tanpa data seluler sama sekali (secara offline).

Hal ini karena aplikasi tidak perlu mencari data yang dimaksud karena sudah tersimpan dalam cache. Walaupun sangat membantu, adanya cache ini juga bisa membuat performa pada smartphone menurun. Performa hp yang menurun biasanya disebabkan cache yang terlalu menumpuk.

Alih-alih membantu kinerja hp, hal ini malah akan membuat memori hp semakin menipis. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menghapus cache di android.

Baca juga : 40 Kode Rahasia HP Samsung yang Jarang Diketahui

Mungkin ada beberapa aplikasi atau browser yang dapat melakukan penghapusan cache secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Namun ada juga yang mengharuskan kita untuk menghapusnya secara manual.

Keuntungan Menghapus Cache Hp Android

Apakah dengan menghapus cache data kita akan ikut menghilang? jawabannya tentu tidak. Malah akan membuat performa jadi kembali normal dan tidak lemot.

Nah, membersihkan cache yang menumpuk di Android tidaklah berbahaya, ada beragam keuntungan yang bisa kamu rasakan jika clear cache Hp, diantaranya:

  • Ruang penyimpanan di memori jadi lebih lega.
  • Meningkatkan performa Android yang lemot/lambat.
  • Dapat memperbaiki aplikasi jika terdapat masalah.
  • Menampilkan tampilan dari halaman web terbaru.

Cara Menghapus Cache di Hp Android Agar Tidak Lemot

Setelah mengetahui keuntungan yang di dapat setelah clear cache, selanjutnya kamu bisa langsung eksekusi menghilangkan cache Hp.

1. Menghapus Cache Satu Aplikasi

Pertama, kamu bisa menghapus satu atau beberapa aplikasi yang data cachenya sudah menumpuk. Atau bisa juga pada aplikasi yang jarang digunakan.

Metode ini bisa langsung dilakukan tanpa aplikasi. Adapun langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka menu Settings di Hp Android kamu.
  • Setelah itu gulir ke bawah dan pilih pengaturan App Management. Jika tidak ada, kamu bisa masuk ke menu More Settings terlebih dahulu.
  • Berikutnya, cari dan pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  • Selanjutnya pilih opsi Storage yang muncul.
  • Jika sudah, selanjutnya scroll ke bawah dan pilih Clear Cache.
  • Silahkan, kamu ulangi lagi cara di atas pada aplikasi lainnya.

2. Cara Menghapus Cache dari Semua Aplikasi Sekaligus

Jika hpa kamu sudah terasa lemot dan cepat panas juga kamu malas untuk menghapus cache aplikasi satu persatu, maka cara ini sangat cocok untuk anda coba.

Dimana kamu bisa membersihkan semua cache hanya dengan sekali klik. Tetapi cara ini hanya bisa digunakan untuk Android versi 4.2 ke atas. Berikut langkah-langkahnya yang bisa anda ikuti.

Baca juga : Cara Mudah Kalibrasi Baterai HP Android Semua Merk

  • Pertama, masuk ke menu Settings Hp.
  • Berikutnya, scroll ke bawah Additional Settings.
  • Kemudian masuk ke menu Storage lalu klik Clean Storage.
  • Di sini kamu akan melihat aplikasi dan jumlah cache yang tersimpan. Silahkan pilih Safe to Clean.
  • Terakhir, tekan tombol Clear di bagian bawah.
  • Secara otomatis, cache dari semua aplikasi akan terhapus.
  • Selesai.

Mungkin akan ada perbedaan nama menu dari setiap merk Hp. Namun intinya tetap sama.

3. Menghapus Cache Hp Android dengan Aplikasi

Trik yang selanjutnya, ktia akan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus cache yang ada di Android. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu gunakan, tetapi disini Teknobae akan merekomendasikan aplikasi bernama CCleaner.

Aplikasi ini sudah banyak dikenal sebagai aplikasi pembersih cache atau bahkan file sampah yang tersembunyi. Dengan satu kali klik saja, kamu bisa mengosongkan ruang penyimpanan hp.

Selain itu, CCleaner menawarkan berbagai fitur lain seperti pengunci aplikasi, mendeteksi aplikasi penguras baterai, pendingin Hp dan masih banyak lagi. Kamu bisa download aplikasi CCleaner di Playstore secara gratis.

Untuk menggunakanna cukup mudah, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstall aplikasi CCleaner. Kemudian buka aplikasinya dan klik Scan untuk mulai membersihkan cache Android.

Akhir Kata

Itulah tutorial cara menghapus cache HP Android sampai bersih. Dengan begitu bisa mengurangi benban ponsel sehingga lebih lancar dan tidak lamban. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post