6 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari Speaker Hp Paling Ampuh

TEKNOBAE.COM - Speaker merupakan salah satu komponen penting pada sebuah smartphone. Karena dengan adanya speaker ini, smartphone bisa mengeluarkan suara seperti ketika sedang mendengarkan musik, melakukan panggilan telepon dan sebagainya.

6 Cara Mudah Mengeluarkan Air dari Speaker Hp Paling Ampuh

Maka dari itu, akan sangat merepotkan ketika terjadi kerusakan pada speaker. Karena bisa membuat suara jadi tidak bagus atau bahkan tidak ada suara sama sekali. Misalnya kerusakan yang diakibatkan karena kemasukan air. Meskipun terdengar sepele, namun hal tersebut bisa jadi fatal karena sebagai barang elektronik, tentu sangat rawan rusak apabila terkena air.

Biasanya ketika speaker terkena air, maka suara yang dihasilkan cenderung kecil meskipun volume sudah dikencangkan sampai full. Agar tidak semakin parah kerusakannya, sebaiknya kamu segera mengeluarkan air dari speaker hp.

Nah, bagaimana caranya?

Berikut solusi yang dapat kamu terapkan pada Hp kamu yang kemasukan air pada bagian speakernya.

Baca juga : 7 Cara Mudah Mengatasi Layar Hp Android Bergaris Paling Ampuh Semua Merk

Dampak Speaker Hp Kemasukan Air

Sebelum masuk ke tutorialnya, mimin akan bagikan dulu sedikit penjelasan mengenai dampak dan ciri-ciri Hp yang kemasukan air. Ini sangat penting untuk diketahui, karena jika speaker Hp kamu mengalami hp berikut, maka harus dilakukan tindakan. Agar nantinya tidak semakin parah dan bisa diatasi dengan cepat.

Berikut dampak speaker Hp yang kemasukan air :

  • Suara speaker menjadi kecil
  • Suara yang dihasilkan terdengan cempreng
  • Bunyi atau suara yang keluar tidak jelas
  • Suara terdengar pecah
  • Speaker tidak mengeluarkan suara

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker Hp

Setelah mengetahui dampak dan ciri-ciri dari HP yang kemasukan air, selanjutnya akan mimin bagikan solusi dari masalah tersebut, sehingga diharapkan speaker dapat berfungsi lagi secara maksimal.

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi speaker Hp yang kemasukan air terlebih lagi untuk hp yang bertipe baterai tanam. Berikut Caranya.

1. Lakukan Pengecekan Speaker Hp

Pertama, coba lakukan beberapa pengecekan dan tes terhadap speaker Hp. Apakah bermasalah atau masih bisa berfungsi dengan baik sebelum nantinya komponen HP dibongkar.

Karena terkadang masalah terjadi pada pengaturan volume Hp sehingga memengaruhi speaker akibat terkena air. Caranya kamu bisa gunakan kode pengecekan ata dengan kode informasi hardware.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Talkback di Hp Android

2. Bersihkan Dengan Lap

Cara selanjutnya yaitu kamu bisa membersihkannya dengan lap. Kamu bisa membersihkan sisa-sisa air yang masih menetes dan yang masih ada dipermukaan speaker. Sebisa mungkin bersihkan secara perlahan agar tidak ada air yang kembali masuk.

Kalau ada komponen yang bisa dilepas, silahkan kamu lepas saja komponen tersebut. Apabila ada bagian speaker yang sulit dijangkau, kamu bisa mendiamkannya selama beberapa jam atau hari. Agar lebih aman, bersihkan dalam kondisi Hp mati.

Jika Hp sudah benar-benar kering, barulah kamu dapat menyalakan dan menggunakan hp kamu lagi.

3. Keringkan dengan Kipas Angin

Cara yang ketiga ini sebenarnya kelanjutan dari cara yang kedua. Setelah selesai dilap, maka diamkan sampai air yang masuk di dalam speaker benar-benar keluar dan kering.

Nah agar prosesnya jadi lebih cepat, kamu bisa keringkan dengan menggunakan kipas angin. Makin bagus jika kamu melepas komponen yang dapat diepas.

Letakkan kipas angin fokus ke speaker Hp agar semakin maksimal. Biarkan Hp dikeringkan dengan kipas angin kurang lebih 3-5 jam. Kalau bisa juga Hp dalam kondisi off atau tidak menyala.

4. Keringkan Menggunakan Hair Dryer

Apabila kamu memilihi hair dryer, proses pengiringan akan jauh lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kipas angin. Hal ini karena hairdryer mengeluarkan angin panas sehingga membuat embun dan air pada speaker akan mengering.

Namun harus diperhatikan agar proses mengeluarkan air dari speaker Hp berjalan baik dan tidak ada kerusakan, coba setel hairdryer dengan level paling rendah. Selain itu jangan terlalu dekat meletakkan Hp dengan hair dryer.

Jika kesing Hp bisa dilepas, silahkan lepaskan saja agar air yang ada dikomponen lain ikut kering. Sialahkan kamu coba.

5. Keringkan Hp di Media Beras

Mungkin kamu pernah mendengar orang tua kita bilang ketika Hp kemasukan air, maka cara mengeluarkan air dari Hp adalah dengan meletakkannya di dalam beras. Nyatanya hal tersebut tidak sepenuhnya salah.

Karena beras memiliki sifat menyerap air yang cukup bagus. Sehingga bisa mengeringkan komponen Hp yang terkena air termasuk juga speaker.

Metode penggunaanya cukup sederhana, kamu siapkan saja beras di dalam mangkuk kemudian kubur ponsel di dalamnya. Agar tidak kotor, pakai beras yang tidak mudah rontok atau pecah. Biarkan Hp selama 1 atau 2 hari.

Baca juga : Cara Mengubah Tema Berbayar Jadi Gratis di Hp Oppo

6. Service Ponsel

Setelah melakukan cara di atas namun masih belum juga berhasil, maka langkah terakhir adalah membawa ponsel ke tempat service.

Jika setelah dicek kerusakan sudah sangat parah, maka tukang service akan mengganti komponen speaker dengan yang baru.

Nah untuk menggantinya tentu tidak sembarangan. Untuk itu jika kamu tidak paham, bawa saja ke tempat service Hp.

Untuk biayanya sendiri bervariasi tergantung kualitas yang komponen. Range harga antara Rp100 ribu sampai Rp300 ribu.

Akhir Kata

Nah seperti itu tadi penjelasannya. kamu bisa menerapkan cara mengeluarkan air dari speaker Hp di semua merk, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Huawei dan sebagainya.

Namun sebelum cara terakhir, sebaginya kamu coba beberapa solusi sebelumnya. Jika berhasil, maka kamu bisa menghemat biaya pengeluaran

Next Post Previous Post