6 Cara Mudah Mengatasi Volume Hp Naik Turun Sendiri, Ampuh untuk Semua Merk

TEKNOBAE.COM - Volume hp naik turun sendiri merupakan salah satu kerusakan yang sering terjadi oleh para pengguna smartphone. Kerusakan ini bisa sangat mengganggu aktifitas penggunaan ponsel. Misalnya ketika kerusakan ini terjadi pada saat sedang menonton video, browsing, chat atau mendengarkan musik, hal ini tentu akan sangat mengganggu.

cara mengatasi volume hp naik turun sendiri

Bahkan masalah ini juga sering muncul ketika sedang memakai headset. Kalau dilihat-lihat, masalah ini hampir bisa terjadi pasa semua merk hp baik itu Samsung, Oppo, Vivo, Asus atau Xiaomi.

Nah, mungkin hp xiaomi lah yang paling sering mengalami hal tersebut, seperti pada tipe Redmi 7, Redmi 8 dan Redmi Note 8. Jika hp kamu mengalami masalah seperti ini, tenang saja kamu tidak perlu khawatir karena TEKNOBAE punya cara untuk mengatasi volume hp yang naik turun sendiri tanpa harus bongkar ataupun ganti komponen.

Penyeban Volume HP Naik Turun Sendiri

Mungkin banyak yang bertanya mengapa volume hp naik turun sendiri? Ada beberapa penyebab kenapa masalah tersebut bisa terjadi, baik itu dari faktor internal maupun eksternal.

Baca juga : 9 Cara Mudah Mengatasi Tuchscreen Error di Android Paling Ampuh

Nah, sebelum masuk kepembahasan cara memperbaiki volume hp yang naik turun sendiri, simak beberapa penyebabnya berikut ini :

  • Sering menekan tombol volume terlalu keras.
  • Adanya debu dan kotoran yang menumpuk pada tombol sehingga tidak berfungsi dengan baik.
  • Sering menekan tombol volume di satu titik, misalnya dengan kuku.
  • Hp kamu kemungkinan pernah terjatuh atau terbentur sehingga komponen di dalamnya ada yang goyang bahkan lepas.
  • Usia Hp yang sudah lama sehingga terdapat tombol volume yang tenggelam.

Cara mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri Paling Ampuh

Jika kamu sudah tau penyebabnya, langsung saja coba gunakan beberapa solusi yang akan mimin bagikan berikut ini.

1. Restart Smartphone Android

Melakukan restart hp biasanya dilakukan oleh para pengguna smartphone untuk menghilangkan atau menyelesaikan masalah dan eror ringan di dalam ponsel. Misalnya adanya bug yang muncul akibat aktivitas penggunaan Hp yang cukup berat.

Nah, munculnya masalah naik turunnya volume Hp bisa saja disebabkan karena adanya bug pada ponsel. Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba untuk melakukan restart pada Hp.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bug Pada Android

Caranya tekan dan tahan tombol power kemudian pilih opsi Restart atau Reboot. Tunggu beberapa saat sampai Hp hidup kembali. Jika tidak ada kerusakan pada hardware, maka smartphone akan kembali berjalan dengan normal.

Jika masih belum berhasil, bisa coba pakai solusi lainnya.

2. Bersihkan Hp dari Kotoran atau Debu

Seperti yang telah disebutkan di atas kalau salah satu penyebab masalah ini adalah karena ada kotoran atau debu yang menumpuk di tombol volume.

Maka dari itu cara untuk mengatasi volume hp yang naik turun sendiri adalah dengan membersihkan debu yang menumpuk pada tombol volume.

Agar bisa menjangkau lubang-lubang kecil, kamu bisa pakai bantuan kuas atau sikat gigi atau bisa juga vacum jika punya.

Kalau kamu tidak bisa, coba minta bantuan ke tukang servis Hp.

3. Install Aplikasi Kontrol Volume

Apabila eror ini diakibatkan karena kamu menekan atau memencet tombol volume terlalu keras, maka mimin sarankan untuk tidak menekannya kembali. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengontrol volume. Jadi kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memperbesar atau mengecilkan volume Hp.

Dengan begitu masalah volume naik turun sendiri dapat dihindari karena kamu tidak menekan tombol. Selain itu, aplikasi ini juga berguna buat hp kamu yang tombol volumenya sudah hilang.

Silahkan pergi ke Play Store lalu cari Kontrol Volume. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis. Silahkan install dan unduh di hp kamu, setelah itu jalankan aplikasinya.

4. Reset Smartphone

Cara mengatasi volume Hp naik turun sendiri yaitu dengan melakukan reset hp atau kembali ke pengaturan pabrik. Nah, ini juga masih ada hubungannya dengan masalah sebelumnya, dimana hp kamu mengalami eror berat.

Dengan melakukan reset, maka semua eror dan bug akan dihapus sehingga kondisi internal hp akan kembali fresh atau seperti baru lagi. Tapi perlu diingat juga, agar data dan file tidak hilang, silahkan terlebih dahulu kamu lakukan backup data sebelum memulai proses reset.

5. Update Operasi Sistem

Penggunaan OS atau sistem operasi versi lama cenderung memunculkan banyak masalah terutama bug dan eror. Hal ini karena sistem yang sudah kadaluarsa sehingga tidak dapat menjalankan perintah dengan baik dan benar.

Baca juga : Cara Mengecek Versi OS Android Semua Merk dengan Mudah

Itulah mengapa bisa timbul masalah naik turun sendiri volume hp. Nah, dengan melakukan update android ke versi terbaru, tentu akan meningkatkan performa Hp. Selain itu kamu juga akan mendapatkan fitur-fitur baru lainnya.

6. Ganti Hardware

Apabila semua cara yang telah dibagikan di atas tidak berhasil juga, maka solusi terakhir adalah dengan mengganti hardware. Bisa dipastikan bahwa hp kamu mengalami kerusakan yang cukup parah.

Biasanya ada bagian hardware yang rusak dari dalam sehingga tidak terlihat pada tombol fisik volume. Nah, kalau kamu tidak kompeten di sana, kamu bisa membawanya ke tempat servis hp.

Biar nanti tukang servis hp yang akan mengecek kerusakan apa yang terjadi. Pastikan juga untuk memilih tukang servis yang profesional agar kerusakan yang dialami tidak bertambah parah.

Penutup

Itulah beberapa solusi yang bisa mimin bagikan. jadi sebelum kamu membawa hp ke tempat servis, tidak ada salahnya untuk mencoba trik di atas terlebih dahulu.

Seandainya berhasil, tentu akan menghemat biaya pengeluaran kamu. Demikianlah cara mengatasi volume HP naik turun sendiri tanpa bongkar hp android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !!

Next Post Previous Post