9 Cara Mudah Mengatasi Tuchscreen Error di Android Paling Ampuh

TEKNOBAE.COM - Smartphone keluaran sekarang mayoritas sudah menggunakan sistem touchscreen atau layar sentuh untuk mengoperasikannya, baik itu Android ataupun iPhone. Hal ini sebuah kemajuan dan keuntungan.

cara mengatasi touchscreen error

Dimana layar hp jadi lebih luas tanpa adanya tombol keyboard. Meskipun sudah tidak menggunakan tombol keyboard, touchscreen juga tidak luput dari masalah dimana layar sentuh mengalami error dan tidak berfungsi.

Misalnya tidak merespon ketika disentuh, layar bergerak sendiri dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas mobile kita karena sulit atau bahkan tidak bisa untuk mengoperasikan ponsel.

Kalau kamu mengalami masalah tersebut, jangan khawatir karena Teknobae akan membagikan solusi untuk mengatasi layar sentuk Hp Android yang error.

Cara Mengatasi Touchscreen Error di Android

Apabila layar sentuh hp kamu error, jangan panik dan terburu-buru dibawa ketempat service. Coba lakukan beberapa metode di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun beberapa solusinya sebagai berikut:

Baca juga : Cara Screenshot Hp OPPO Paling Mudah dan Praktis

1. Restart Hp Android

Cara yang pertama untuk mengatasi touchscreen Hp Android yang error adalah dengan melakukan restart pada Hp Android. Cara ini merupakan yang paling simpel dan mudah namun juga cukup efektif. Karena bisa jadi masalah layar sentuh yang error terjadi akibat penggunaan ponsel yang terlalu berlebihan.

Sehingga menyebabkan munculnya bug dan error. Sehingga touchscreen tidak bisa disentuh ataupun digerakan. Nah, dengan melakukan restart paling tidak kita bisa menghapus bug yang tadinya muncul pada perangkat lunak. Sehingga hp kamu akan kembali berjalan normal.

2. Kalibrasi Layar Android

Solusi yang selanjutnya yaitu dengan melakukan kalibrasi pada layar hp. Cara ini mampu mengetahui sensitifitas layar Hp, apakah peka terhadap sentuhan atau tidak.

Untuk melakukan kalibrasi, kita membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang bernama "Kalibrasi Layar Sentuh" Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store secara gratis. Jika sudah terinstall, coba jalankan aplikasi dan mulai lakukan proses kalibrasi.

Berikutnya, restart hp android terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya lagi.

3. Bersihkan Layar Smartphone

Cara ini mungkin terdengar sederhana, akan tetapi banyak yang mengabaikannya. Touchscreen yang error bisa saja disebabkan karena kamu tidak rutin dalam melakukan perawatan perangkat Android.

Silahkan coba mulai bersihkan layar Hp secara berkala menggunakan tisu atau kain halus. Kalu bisa tambahkan sedikit alkohol isopil agar nantinya layar kembali sensitif.

Pastikan juga saat membersihkan perangkat android harus dalam keadaan mati atau sudah dinonaktifkan terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mengganti Tema Hp Xiaomi

4. Hapus File-File Sampah

Buat kamu yang sudah menggunakan hp android sejak lama, tentu banyak file-file sampah yang tersimpan dan hal inilah yang bisa menyebabkan munculnya bug dan error.

Terlebih lagi jika file-file sampah tersebut mengandung virus, tentu akan sangat mengganggu performa Hp termasuk layar sentuh. Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu hanya perlu menghapus semua file sampah tersebut.

Kamu bisa melakukannya secara manual melalu pengaturan, atau kalau mau yang lebih praktis, kamu bisa coba gunakan aplikasi penghapus file sampah.

5. Lakukan Proses Uji Layar

Tidak hanya melakukan kalibrasi saja, kamu juga perlu untuk melakukan uji layar hp android. Sesuai dengan namanya, tujuan dari proses ini adalah untuk mengetahui apakah layar Hp Android kamu masih dalam kondisi yang bagus atau malah rusak dan error.

untuk melakukan proses tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi test layar Hp seperti Screen Test Pro, Touch Screen Test, MultiTouch Tester dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua aplikasi yang disebutkan di atas bisa kamu unduh melalui Google Play Store secara gratis.

6. Lepas SIM Card dan MicroSD

Selanjutnya adalah degna melepaskan beberapa komponen Hp seperti SIM Card dan Micro SD dalam jangka waktu beberapa menit saja.

Kalau bisa, lakukan restart sekalian. Jika sudah, coba kembali pasang komponen tadi dan silahkan gunakan lagi layar sentuh apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum.

7. Aktifkan GPU 2D Rendering

Transisi hp yang rusak atau kurang bagus, bisa memicu munculnya error pada layar sentuh hp. Nah, kalau begitu solusinya adalah dengan menggunakan fitur GPU 2D Rendering. Fitur ini biasanya sudah ada pada Hp Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dan lainnya.

Untuk bisa mengunakannya, aktifkan terlebih dahulu menu pengembang. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Silahkan masuk ke menu Setting di Hp kamu.
  • Setelah itu pergi ke bagian About Phone.
  • Nah,  di sini silahkan tekan Build Number sebanyak 7 kali.
  • Jika sudah, berikutnya, kembali ke menu setting awal tadi kemudian cari dan pilih Developer Option.
  • Selanjutnya, Aktifkan opsi Force GPU Rendering dengan memberi centang.

8. Masuk ke Safe Mode

Masih ada lagi cara mengatasi touchscreen Hp yang error yaitu dengan masuk ke Safe Mode. Nantinya Hp dapat berjalan dengan lebih ringan.

Hal ini dikarenakan dalam mode ini smartphone akan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga dan hanya bisa memakai aplikasi bawaan. Untuk masuk ke Safe Mode, setiap ponsel punya caranya sendiri-sendiri yang berbeda antar ponsel.

Baca juga : Cara Mempercepat Download File di Android

9. Copot Pelindung Layar

Agar layar tidak mudah retak atau pecah akibat terbentur, kita harus menambahkan pelindung layar, baik itu berupa anti gores ataupun tempered glass.

Nah hal tersebut cukup ampuh untuk melindungi layar dari benturan. Akan tetapi percaya atau tidak, pemasangan anti gores atau screen protector in dapat mengurangi sensitifitas layar. Itulah kenapa touchscreen android tidak berfungsi dengan normal, bergerak sendiri atau bahkan tidak merespon.

Jika masalah tersebut terjadi pada hp kamu, coba lepas terlebih dahulu pelindung layar dan lihat  apakah nantinya touchscreen akan berjalan dengan normal kembali atau tidak.

Penutup

Itulah tutorial mengenai cara mengatasi touchscreen error di Hp android semua tipe. Silahkan coba satu persatu cara mana yang paling efektif.

Jika kondisi kerusakan sudah sangat parah, lebih baik bawa saja Hp kamu ke tempat service agar bisa diperbaiki lagi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!

Next Post Previous Post